PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI BOOKLET SEBAGAI SARANA PROMOSI KEDAI NYOSOE CAK NANANG DI DESA KEMUNING LOR KABUPATEN JEMBER

Titik Ismailia, Alfi Hidayatu Miqawati, Fitri Wijayanti, Septian Hadi Pratama Sasmita, Ulfa Denadia

Abstract


ABSTRAK

Pengabdian kepada  masyarakat merupakan salah satu Tridharma perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen. Kegiatan  Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan di salah satu UMKM, Kedai Nyosoe Cak Nanang, yang terletak di Desa Kemuning Lor Jember. Kedai ini memiliki  produk andalan susu murni segar dan olahannya seperti susu rasa-rasa, milkshake, dan yogurt Letak kedai ini sangat strategis karena berada di wilayah rekreasi Rembangan. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui produk kedai tersebut karena minimnya media promosi dan pengelola memiliki pengetahuan terbatas terkait promosi produk. Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah untuk memberikan sosialisasi tentang media promosi dan mengembangkan booklet sebagai media promosi Kedai Nyosose Cak Nanang. Metode yang dilakukan untuk mengatasi masalah adalah sosialisasi dan penyusunan media promosi untuk kedai tersebut.  Berdasarkan hasil yang dilakukan selama pelaksanaan pengabdian diperoleh hasil yaitu satu produk booklet bilingual dengan informasi lokasi kedai, produk susu beserta foto, dan nomor narahubung serta meningkatnya pemahaman pengelola tentang pentingnya promosi menggunakan booklet bilingual untuk meningkatkan omset penjualan.

 

Kata kunci: media promosi; booklet; produk susu.

 

ABSTRACT

Community service is one of the Tridharma of higher education that must be carried out by lecturers. This Community Service (PkM) activity was carried out in Kedai Nyosoe Cak Nanang, which is located in Kemuning Lor Village, Jember. This shop has main products of fresh milk and its processed products such as flavored milk, milkshakes, and yogurt. Its location is very strategic because it is located in the Rembangan recreation area. However, there are still many people who do not know about its products because of the lack of promotional media and the owners have limited knowledge about product promotion. The purpose of this activity was to socialize about promotional media and develop a booklet as a medium of promotion for Kedai Nyosoe Cak Nanang. The method used to overcome the problem is socialization and making promotional media for the shop. Based on the results carried out during the implementation of the service, the results obtained were one bilingual booklet product completed with information about the location of the shop, dairy products along with photos, and contact numbers as well as the staffs’ understanding about the importance of promotion using bilingual booklets to increase sales.

 

Keywords: promotional media; booklet; dairy products.


Keywords


promotional media; booklet; dairy products.

Full Text:

PDF

References


Aulia, A. N., Nalawati, A. N., Asadam, A., Yuristianti, A., & Rismawati, R. (2021). Pemberdayaan Kelompok PKK Melalui Keterampilan Olah Pangan Yoghurt Sinbiotik Untuk Mendukung Gaya Hidup Sehat dan Mendorong Perekonomian di Masa Pandemi Covid-10. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 74–82. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5263

Ismailia, T., Dzulkifli, M., Miqawati, A. H., Bahasa, J., Pariwisata, K., & Jember, P. N. (2019). KUNJUNGAN WISATAWAN DI POKDARWIS DAMARWULAN. 273–278.

Ismaillia, T., Miqawati, A. H., & Wijayanti, F. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI DAN NYOESOE CAK NANANG REMBANGAN JEMBER PENDAHULUAN Pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi , selain pendidikan dan penelitian . Ke. 7(3), 278–286.

Nikmah Rahmatih, A., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2018). Pengembangan Booklet. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek III, 474–481.

Nugraha, B. K., Salman, L. B., & Hernawan, E. (2016). Bakti Kusuma Nugraha*, Lia Budimulyati Salman**, Elvia Hernawan ** Universitas Padjadjaran *. Jurnal Unpad, 5.

Yunita, B., Nugraha, A. T., & Muhib, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Susu Sapi Pasteurisasi Di Koperasi Produksi Susu (Kps) Bogor. Agribusiness Journal, 12(1), 52–60. https://doi.org/10.15408/aj.v12i1.11851




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: