PENDAMPINGAN PEMBUATAN MINYAK SUMBAWA PADA KARANG TARUNA DESA REMPE SETELUK SUMBAWA BARAT

Ibrahim Ibrahim, Mas’ad Mas’ad, Junaidi A.M, Kamaluddin Kamaluddin, Siti Hasanah, Sri Rejeki, Muhammad Ali, Anwar Efendy, Mintasrihardi Mintasrihardi, Asma Azizah, Burhanuddin Burhanuddin, Muhammad Saleh, M. Sobry, Akhmad Syafruddin, Muhammad Salahuddin

Abstract


ABSTRAK                                                               

Tujuan dilakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya Pembuatan Minyak Sumbawa (Melala) dalam rangka siar budaya dan pengenalan pada Karang Taruna Desa Rempe Seteluk Sumbawa Barat.  Pengenalan pembuatan minyak Sumbawa pada generasi muda saat ini sebagai langkah memperkenalkan minyak Sumbawa sebagai  Obat tradisional sebagai obat-obatan yang diolah secara tadisional, turun-temurun berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan dan kebiasaan setempat, sehingga merupakan pengetahuan tradisional. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan di Desa Rempe Kecamatan Seteluk Kabuapten Sumbawa Barat. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan praktek langsung. Hasil Pengabdian kepada masyarakat ini diketahui bahwa antusias dari karang taruna dalam ikut terlibat dalam pembutan minyak Sumbawa cukup tinggi karena memberikan pengetahuan baru dalam mengembangkan budaya local di masa akan datang.

 

Kata Kunci: pendampingan; minyak sumbawa dan karang taruna.

 

ABSTRACT

The purpose of doing community service, especially Sumbawa Oil Production (Malala) in the context of cultural broadcasting and introduction to the Youth Organization of Rempe Seteluk Village, West Sumbawa. The introduction of Sumbawa oil manufacture to the younger generation today is a step to introduce Sumbawa oil as traditional medicine as medicines that are processed traditionally, from generation to generation. from generation to generation based on ancestral recipes, customs, beliefs and local customs, so that it is traditional knowledge. Community service is carried out in Rempe Village, Seteluk District, West Sumbawa Regency. The method used is socialization and direct practice. The results of this community service show that the enthusiasm of youth organizations in being involved in the production of Sumbawa oil is quite high because it provides new knowledge in developing local culture in the future.

 

Keywords: mentoring; sumbawa oil and youth organizations.


Keywords


mentoring; sumbawa oil and youth organizations.

Full Text:

PDF

References


Ali, I. I., Sutarna, I. T., Abdullah, I., Kamaluddin, K., & Mas’ad, M. (2019). Faktor Penghambat Dan Pendukung Badan Usaha Milik Desa Pada Kawasan Pertambangan Emas Di Sumbawa Barat. Sosiohumaniora. Https://Doi.Org/10.24198/Sosiohumaniora.V21i3.23464

Funay, Y. E. N. (2020). Sabalong Samalewa Sebagai Etika Moral Orang Sumbawa. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 7(2), 103. Https://Doi.Org/10.22146/Jps.V7i2.62526

Halawiya, A., Tatontos, E. Y., & Agrijanti. (2017). Efektivitas Sediaan Minyak Sumbawa Terhadap Kadarkolesterol Total Pada Tikus Putih (Rattusnorvegicus) Strain Wistar Yang Diberi Diet Hiperkolesterolemia. Jurnal Analis Medika Bio Sains, 4(2), 6.

Ibrahim, Baiquni, M., Ritohardoyo, S., & Setiadi. (2016). Characteristics Of Poverty In Rural Communities Of Gold Mining District Area West Sumbawa. Mimbar, 32(1), 163–174.

Ibrahim, I., Mas,Ad, M., Kamaluddin, K., & Djunaidi, A. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Badan Usaha Milik Desa Melalui Pelatihan Administrasi Program Simpan Pinjam Di Selebung Batukliang Lombok Tengah. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V1i2.457

Ibrahim, I., & Sutarna, I. T. (2018). Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perdesaan Kawasan Pertambangan Emas Di Kabupaten Sumbawa Barat. Tataloka. Https://Doi.Org/10.14710/Tataloka.20.3.309-316

Ibrahim, Mintasrihardi, Kamaluddin, Mas’ad, & Syukuriadi. (2020). Community Empowerment Pattern Through Village-Owned Enterprise Strategy In The Gold Mine Area Of West Sumbawa, Indonesia. Iop Conference Series: Earth And Environmental Science. Https://Doi.Org/10.1088/1755-1315/413/1/012036

Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34. Https://Doi.Org/10.24036/Invotek.V18i2.261

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media , Brand Awareness , Purchase. Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52.

Septian, D., & Saputra, A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kepri Mall. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 43–53. Https://Doi.Org/10.37403/Mjm.V6i1.151

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan Umkm Di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. Https://Doi.Org/10.32493/Jpkpk.V4i1.7087

Suspitasari, Mas’ad, I. A. (2018). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Kegiatan Tambak Udang Di Desa Tambak Sari Kecematan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. Geography : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan.

Zebua, Y. (2020). Pengaruh Budaya Kerja Dan Promosi Jabatan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Pt. Perkebunan Nusantara Iii Labuhan Haji Labuhanbatu Utara. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 109–124. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V7i2.1758




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: