DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DAN STRATEGI PENINGKATAN PEREKONOMIAN PEMILIK UMKM (STUDI KASUS DI DESA SURUHAN KABUPATEN SUKOHARJO)
Abstract
ABSTRAK
Pengabdian ini merupakan bentuk hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang memiliki tujuan untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian masyarakat di desa Suruhan khususnya pada pelaku UMKM, serta untuk mengetahui strategi yang tepat bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan perekonomian. Jenis pengabdian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan menggunakan data primer. Responden dalam pengabdian ini adalah 11 pemilik UMKM di desa Suruhan, kabupaten Sukoharjo. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 berdampak negatif terhadap perekonomian masyarakat di desa Suruhan seperti kesusahan dalam mencari pekerjaan, maraknya PHK terhadap karyawan, kesusahan dalam berjualan, dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Adapun strategi peningkatan perekonomian yang sangat efektif dalam meningkatkan penjualan produk UMKM di masa pandemi Covid-19 yaitu dengan melakukan jual beli secara Online.
Kata kunci: ekonomi; dampak covid-19; umkm; bisnis online.
ABSTRACT
This service is a form of community service activity which has the aim of knowing the impact of the Covid-19 pandemic on the economy of the community in Suruhan village, especially for MSME actors, and to find out the right strategy for MSME actors in improving the economy. This type of service is qualitative research. Data collection techniques through interviews using primary data. Respondents in this service are 11 MSME owners in Suruhan village, Sukoharjo district. The results of this service show that the Covid-19 pandemic has a negative impact on the economy of the community in Suruhan village such as difficulty in finding work, rampant layoffs for employees, difficulties in selling, and difficulties in meeting the necessities of life. The strategy for increasing the economy is very effective in increasing sales of MSME products during the Covid-19 pandemic, namely by buying and selling online.
Keywords: economy; the impact of covid-19; smes; online business.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliyani Firdaus, S., Fadilah Ilham, I., Putri Aqidah, L., Aliyani Firdaus, S., Agung Dwi Astuti, S., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.15642/oje.2020.5.1.46-62
Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114. https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100
Hanoatubun, S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), 147. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313
Hardilawati, W. L., Sandri, S. H., & Binangkit, I. D. (2019). The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business. January. https://doi.org/10.2991/iccelst-ss-19.2019.18
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182
Juanita, S. (2017). Analisa Strategi Bisnis Penjualan Online. Konferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom, 254–260. http://journals.telkomuniversity.ac.id/knip/article/view/557
Koperasi, K. (2020). Peraturan Menteri Koperasi Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM).
Lili Marlinah. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118–124.
Muliati, N. K. (2020). Pengaruh Perekonomian Indonesia di Berbagai Sektor Akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Widya Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 78–86. https://doi.org/10.32795/widyaakuntansi.v2i2.874
Permata Sari, S. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291–300. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930698
Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketingterhadap Organizational Performance Denganintellectual Capital Dan Perceived Qualitysebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n1.6
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryani, E. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap UMKM (Studi Kasus: Home Industri Klepon di Kota Baru Driyorejo). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1591–1596.
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179
Yenti Sumarni. (2020). Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis. Al Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 46–58.
Yuli Rahmini Suci. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 1–31. https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/627
Zubaidah, T., Yenriani, Putri, F. H., & Pangastuti, N. (2021). Krisis Ekonomi Bangsa Indonesia Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Nasional Indonesia, 1(2), 103–110.
Zulkipli, & Muharir. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah, 1(1), 7–12.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: