PELATIHAN PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 1 WIDYA WACANA KECAMATAN SERIRIT

Putu Widiarini, I Gede Arjana, Ni Ketut Rapi

Abstract


ABSTRAK

Kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru-guru SDN gugus I Widya Wacana kecamatan Seririt dalam menyusun penelitian Tindakan kelas (PTK) melatarbelakangi kegiatan pengabdian ini. Padahal PTK menjadi salah satu syarat saat pengajuan kenaikan pangkat guru. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SDN gugus I Widya Wacana dalam menyusun PTK. Sasaran kegiatan ini adalah 10 orang guru SDN gugus I Widya Wacana yang masih dalam golongan III. Metode kegiatan dilakukan dengan memberikan ceramah, tanya jawab, pelatihan penyusunan proposal PTK, dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dilakukan pada tanggal 28 sampai dengan 29 Juni 2021 di SDN 3 Kalianget. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan hingga penerapan PTK. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta tentang penyusunan PTK. Ketercapaian pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini ditunjukkan dengan hasil penilaian pada proposal yang telah disusun peserta selama mengikuti pelatihan dengan rerata sebesar 80,2 dengan kategori baik. Dampak kegiatan ini sangat dirasakan oleh peserta dengan munculnya semangat untuk memulai menulis PTK terutama bagi guru yang akan mengajukan kenaikan pangkat tahun ini. Respon peserta sangat positif dan sangat antusias selama mengikuti pelatihan. Para peserta menyarankan agar kegiatan seperti ini terus dilakukan secara berkelanjutan.

 

Kata Kunci: pelatihan; penelitian tindakan kelas; profesionalisme.

 

ABSTRACT

The lack of knowledge and skills of elementary school’s teachers of cluster I Widya Wacana, Seririt sub-district in compiling classroom action research (CAR) motivated this community service activity. Whereas CAR is one of the requirements when applying for a teacher promotion. The purpose of this activity that had been carried out was to improve the knowledge and skills of elementary school’s teachers of cluster I Widya Wacana in preparing CAR. The target of this activity was 10 elementary school’s teachers of cluster I Widya Wacana, who are still in grade III. The activity method was carried out by giving lectures, discussions, training in the preparation of CAR proposals, and mentoring. The training activities were carried out on 28 to 29 June 2021 at SDN 3 Kalianget. Then continued with mentoring activities about the implementation of CAR. The results of the training showed that the training activities can increase the knowledge and skills of the participants regarding the preparation of CAR. The achievement of this community service implementation is shown by the results of the assessment on the proposals that had been prepared by the participants during the training with an average 80.2 in the good category. The impact of this activity was felt by the participants with the emergence of enthusiasm to start writing CAR, especially for teachers who will submit of promotions this year. The response of the participants was very positive and very enthusiastic during the training. The participants suggested that activities like this should be carried out on an ongoing basis.

 

Keywords: training; classroom action research; professionalism.


Keywords


training; classroom action research; professionalism.

Full Text:

PDF

References


Agetania, N. L. P., Marlinda, N. L. P. M., Setiawan, I M. D., Fortuna, I K. A. D., Thalib, E. F., Permana, I P. H., Suryana, I P. G. E., Widiyaningsih, N. N., dan Maswari, K. L. (2020). Pelatihan Penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Sd Negeri 5 Padangsambian. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 4(1): 378-385.

DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2331

Arikunto, S., dan Suhardjono, S. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arta, K. S., Purnawati, D. M. O., dan Sunu, I G. K. A. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan proposal, implementasi dan pelaporan penelitian Tindakan kelas pada guru-guru SMP Negeri Satu Atap 3 Sukasada. Proceeding Senadimas Undiksha 2020, 290-300.

Astutik, S., Subiki, dan Bektiarso, S. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 54-62 DOI: https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, dan Khuluqo, I. E.. (2020). Pemberdayaan guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Jurnal PKM : Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), pp. 22-30.

DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.5180

Darmadi, H. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Dharmayasa, I P. A., dan Vijaya, D. P. (2020). Penulisan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan profesionalisme guru SD. Proceeding Senadimas Undiksha 2020, pp. 990-997.

Dihamri, Haimah, dan Srifitriani, A. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru SD Negeri di kecamatan Sukaraja kabupaten Seluma. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(1), pp. 60-66. DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v2i1.431

Elisa, Mardiyah A., dan Irwan, N. (2021). Pelatihan PTK) Penelitian Tindakan Kelas bagi guru SMA Negeri 2 Plus Sipirok. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 22-26. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i1.22-26

Hamidsyukrie Z. M., Sukardi, dan Suryanti, N. M. N. (2019). Penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru-guru MTs dan MA di kecamatan Woja kabupaten Dompu. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1), pp. 55-57. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.220

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Miswar, D., Widodo, S., Zulkarnain, dan Suwarni, N. (2021). Pelatihan pembuatan proposal penelitian PTK bagi guru-guru di kabupaten Way Kanan. Sakai Sambayan: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), pp. 26-31. DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v5i1.235

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pendidikan Nasional dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2007). Pedoman Sertifikasi Guru dalam Jabatan Guru.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.6634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: