PELATIHAN PENGOLAHAN LIMBAH DAN PENANAMAN HIDROPONIK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN PEDULI LINGKUNGAN DI SMAN 6 KARAWANG

Endah Purwanti, Ibrahim Ibrahim, Asep Maulana, Reni Rahmadewi, Vita Efelina, Sarah Dampang

Abstract


ABSTRAK

Telah dilakukan pengabdian kepada masyarakat untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran dari civitas akademik di SMAN 6 Karawang dalam rangka pelestarian lingkungan hidup. Salah satu yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah adalah dengan meningkatkan kesadaran siswa atau warga sekolah akan pentingnya penanganan limbah terutama limbah yang dihasilkan dari laboratorium sekolah serta pentingnya melakukan penghijauan atau melestarikan lingkungan hidup salah satunya penanaman tanaman menggunakan sistem hidroponik. Banyak cara yang dilakukan untuk mengajak siswa peduli terhadap lingkungan, yaitu dengan mengajak siswa berpartisipasi dalam kegiatan pengelolaan lingkungan hidup, cara meningkatkan kualitas lingkungan hidup, serta mempunyai kesadaran mencegah kerusakan lingkungan. Kegiatan penanganan limbah dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada siswa SMAN 6 Karawang tentang pembuatan karbon aktif dan aplikasinya sebagai adsorben limbah logam berat. Selain itu juga diberikan sosisalisasi pentingnya penanaman tanaman dalam peningkatan kualitas lingkungan hidup salah satunya penanaman menggunakan sistem hidroponik. Pada kegiatan tersebut dijelaskan tentang proses perakitan kit hidroponik dan penyerahan sistem hidroponik yang telah selesai dibuat. Serangkaian kegiatan pelatihan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

 

Kata kunci: karbon aktif; limbah; hidroponik; peduli lingkungan

 

ABSTRACT

Community service activities have been carried out to encourage the creation of knowledge and awareness of the academic community at SMAN 6 Karawang in the context of environmental preservation. One of the things that can be done by the school is to increase the awareness of students or school residents about the importance of handling waste, especially waste generated from school laboratories and the importance of doing reforestation or environmental preservation, one of which is by planting plants using a hydroponic system. There are many ways to encourage students to care about the environment, namely by inviting students to participate in environmental management activities, how to improve environmental quality, and have awareness to prevent environmental damage. Waste handling activities are carried out by providing training to students of SMAN 6 Karawang about the manufacture of activated carbon and its application as an adsorbent for heavy metal waste. In addition, socialization was also given about the importance of planting plants in improving the quality of the environment, one of which is by planting with a hydroponic system. This activity explains the process of assembling the hydroponic kit and the submission of the completed hydroponic system. A series of training activities can increase students' awareness and concern in preserving the environment.

 Keywords: activated carbon; waste; hydroponics; environment

Keywords


activated carbon; waste; hydroponics; environment

Full Text:

PDF

References


Azad, AK., Ishikawa, K., Diaz-Perez, CJ., Eaton, TE., Takeda, N. (2013). Growth and development of komatsuna (Brassica rapa L. Nothovar) in NFT (nutrient film technique) system, as influenced by natural mineral. Agricultural Sciences Vol 4, No. 7A, p 1-7.

Chand, Bansal, Roop, Meenakshi Goyal. 2005. Activated Carbon Adsorption. United States of America (USA) : Lewis Publisher.

Czepirski, L., Szczurowski, J., Balys, M., Ciesinska, W., Makomaski, G., Zielinski, J.. 2013. Highly Porous Carbon Adsorbents from Coal Tar Pitch and Waste Polymers. [Polish Symposium]. Freiberg: AGH University of Science and Technology.

Deni, N. A. (2018). Pembinaan Kepedulian Peserta Didik Pada Lingkungan Sekolah Dengan Memberikan Pelatihan Menanam Hidroponik Teknik Vertikal. J. Pijar MIPA, Vol XIII, No1, pp 76-78.

Denna, D. C., Arnelia, D. Y. (2021) Program Green Zone Melatih Siswa Sekolah Dasar Peduli Lingkungan. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, Vol 2, No.2, pp 70-76. https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i2.226.

Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2737.

Kementrian Kehutana dan Lingkungan Hidup dan Kemdikbud. (2012). Panduan Adiwiyata, Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup.

Lestari, Y., Khusumadewi, A., Fathurrohman, A., Fitroni, H., Ubaidilah. (2019). Pemanfaatan Lahan Sempit Dengan Hidroponik DutchBucket System Untuk Mewujudkan Ecogreen-Pesantren Melalui Program Santripreneur Di Pondok Pesantren K.H.A. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan. Jurnal Soeropati. 2(1):72-86.

Marlina, I., Triyono, S., Tusi, A. (2015). Pengaruh Media Tanam Granul dari Tanah Liat Terhadap Pertumbuhan Sayuran Hidroponik Sistem Sumbu. Jurnal Teknik Pertanian Lampung Vol. 4 No.2.

Muhamad, F. N., Ino, A. P., Fitri, U., Muhamad, B. T. (2021). Peningkatan Keterampilan Siswa MTS Melalui Pelatihan Hidroponik. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan, dan Pengabdian Masyarakat, Vol 4, No1, pp 72-81. https://pemas.unisla.ac.id/index.php/JAB/index.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Sesanti, R.N. & Sismanto. (2016). Pertumbuhan dan Hasi Pakchoi (Brassica rapa L.) Pada Dua Sistem Hidroponik dan Empat Jenis Nutrisi, Jurnal Inovasi dan Pembangunan – Kelitbangan Vol 4 No. 1.

Sylvia, M., Dwi, A., Ahmad, S., Aline, S. H. (2020). Inisiasi Teknologi Hidroponik Guna Mewujudkan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesantren. JPMT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, Vol 2, No 2, pp 45-51. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/jpmt.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.6701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: