DIGITALISASI DUSUN GEDONG: SOLUSI PUBLIKASI POTENSI DUSUN DI LERENG MERBABU
Abstract
ABSTRAK
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melakukan digitalisasi di Dusun Gedong, Desa Tajuk dengan cara menerapkan website untuk mempublikasikan dan memasarkan potensi Dusun Gedong. Metode pelaksanaan kegiatan ini, ada dua. Pertama, penerapan website Dusun Gedong. Kedua, pelatihan dan pendampingan pada pengurus Karang Taruna Kridha Arum untuk mengelola dan memelihara website dusun ini. Penerapan website dan pelatihan pengelolaan website dilakukan dari tanggal 18-20 Desember 2021. Setiap hari ada dua sesi, yaitu sesi pemaparan materi tentang pengenalan website, cara untuk mengoperasikan serta mengelola website dan sesi praktik menggunakan website, sedangkan kegiatan pendampingan pengelolaan website dilakukan sampai tanggal 26 Desember 2021. Peserta kegiatan ini berjumlah sembilan orang. Hasil kegiatan ini, adalah tersedianya website Dusun Gedong yang dapat diakses di http://dusun-gedong.com. Website dusun ini digunakan sebagai media untuk mempublikasikan dan memasarkan seluruh potensi dusun yang memiliki nilai ekonomis untuk dijual. Informasi tentang dusun, produk, dan paket wisata tersedia disana. Pengunjung website juga dapat melakukan transaksi pemesanan disana. Setelah mengikuti pelatihan, peserta pelatihan sudah dapat mengelola, memelihara dan memperbaharui informasi terkait produk, paket wisata dan berita terkini yang ada di Dusun Gedong.
Kata kunci: digitalisasi dusun; publikasi; lereng Gunung Merbabu
ABSTRACT
The purpose of this community service activity is to digitize in Gedong Hamlet, Tajuk Village by implementing a website to publish and market the potential of Gedong Hamlet. The method of carrying out this activity, there are two. First, the implementation of the Gedong Hamlet website. Second, training and mentoring to the administrator of Karang Taruna Kridha Arum to manage and maintain the village's website. Website implementation and website management training is carried out from December 18-20, 2021. Every day, there are two sessions, namely material exposure sessions about website recognition, how to operate and manage websites and practice sessions using websites, while website management assistance activities are carried out until December 26, 2021. The participants of this activity were nine people. The result of this activity, is the availability of the Gedong Hamlet website that can be accessed in http://dusun-gedong.com. This hamlet website is used as a medium to publish and market all potential hamlets that have economic value for sale. Information about hamlets, products, and tour packages is available there. Website visitors can also make booking transactions there. After participating in the training, trainees can already manage, maintain and update information related to products, tour packages and the latest news in Gedong Hamlet.
Keywords: digitization of the hamlet; publication; slopes of Mount Merbabu
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamzah, Y. I. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), 1–9. http://www.kemenpar.go.id/userfiles/JKI Vol_8 No_3 2013 - Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia.pdf
Kurniawati, W. D. N. (2015). Pemanfaatan Instagram oleh Komunitas Wisata Grobogan dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(2), 127–143. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2943
Kuryanti, S. J., & Indriani, N. (2018). Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Pariwisata (Studi Kasus: Pantai Jatimalang, Purworejo). SinkrOn: Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 2(2), 37–46.
Maria, E., Setyawan, M., & Suharyadi, S. (2021). Peningkatan Kreativitas Karang Taruna melalui Pelatihan Fotografi untuk Destinasi Wisata Gedong Pass (G-Pass). Selaparang: Jurnal Pengabdoan Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 520–525.
Pramudya, D., Zaidiah, A., & Triwahyono, B. (2020). Aplikasi Promosi Pariwisata Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Senamika: Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya, 360–372.
Qualman, E. (2013). Socialnomics: How social media transforms the way we live and do business. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Saputra, K. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website Sebagai Media Promosi Di Singkawang- Kalimantan Barat. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.37673/jebi.v2i1.48
Trihayuningtyas, E., Wulandari, W., Adriani, Y., & Sarasvati, S. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Pariwisata Bagi Generasi Z Di Kabupaten Garut. Tourism Scientific Journal, 4(1), 1. https://doi.org/10.32659/tsj.v4i1.46
Umami, Z. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 195–201. https://doi.org/10.14710/interaksi,4,2,195-201
Yanti, D. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Digital Tourism sebagai Promosi Pariwisata di Toba Samosir. Jurnal Darma Agung, XXVII(April), 814–821. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/137
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.6893
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: