PELATIHAN DIGITALISASI PEMBELAJARAN BUDAYA INTERKULTURAL BAHASA JERMAN UNTUK GURU SMA
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran budaya dalam pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Jerman tidak mungkin dielakkan, salah satu pendekatan pembelajaran budaya adalah interkultural, yang terfokus pada keberhasilan dalam berkomunikasi dibarengi dengan pemahaman fenomena budaya sehari-hari Jerman dan budaya Indonesia. Tujuan pengabdian ini adalah agar guru bahasa Jerman di SMA tidak hanya mengajarkan budaya dengan menghafal tentang fakta dan data tentang negara Jerman akan tetapi juga dapat mengajarkan muatan budaya interkultural melalui media digital. Sasaran kegiatan ini adalah para ketua dan sekretaris MGMP Bahasa Jerman di Jawa Timur. Metode pelaksanaan dirancang dengan empat pokok kegiatan yaitu penyamaan konsep, pemilihan materi, penyusunan media dan presentasi dan evaluasi kegiatan. Pelatihan dilakukan secara daring dan luring selama bulan Juni – Oktober 2021 dan hasil dari pelatihan ini adalah lima produk video pembelajaran untuk kelas X- XII dengan menggunakan aplikasi PPT, Canva, Tiktok, Quizziz, dan Quizwhizzer. Akan tetapi hasil penelitian ini masih perlu diperkenalkan dan diujicobakan luas penerapannya di kelas sehingga ada masukan yang berarti untuk perbaikan hasil produk ini.
Kata kunci: pembelajaran bahasa asing; budaya; interkultural; digital
ABSTRACT
Cultural learning in foreign language learning especially German is inevitable, one approach to cultural learning is intercultural, whose focus is on success in communicating coupled with an understanding of the daily cultural phenomena of Germany and Indonesian culture.The aim of this activities is the german teacher at high school able to teach culture with intercultural approach with a digital apps. The targets of this activity are the chairmen and secretaries of MGMP German in East Java. The implementation method is planned with four main activities, namely the equalization of concepts, the selection of materials, the preparation of media and presentation and evaluation of activities. The training is conducted online and offline during June – October 2021 and the result of this training is five learning video products for class X-XII using PPT, Canva, Tiktok, Quizziz, and Quizwhizzer applications. However, the results of this devotion still need to be introduced and piloted widely in the classroom so that there is meaningful input for the improvement of the results of this product.
Keywords: foreign language learning; cultur; intercultural; digital
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Boekman, Klaus-Börge. (11:3 2006). Dimensionen von Interkulturalität im Kontext des Fremd-und Zweitsprachenunterrichts. Zeitschrift fürInterkulturellenn Fremdsprachenunterrichts, S. 19.
Byram, M., Gribkova, B., & Starkez, H. (2002). Developing the intercultural dimension in language teaching: a practical introduction for teachers. Strasbourg: Council of Europa.
Byram, Michael / Hu, Adelheid. (2009). Interkulturelle Kompetenz und fremdsprachliches Lernen. Tübingen: Gunter Narr Verlag.
Garret-Rucks, P. (2014). Measuring Instructed Language Learnes IC development: Discrepancies between Assessment Models by Byram and Bennet. International Journal of Intercultural Relations 41, 181-191.
Goulao, M. (2014). 2014. Athens Journal of Education 1 (3), 237-246.
Köhler, T. (Wednesday. Januari 2021). E-Lernen in Pandemiezeiten: Trends und Perspektiven für die Didaktik. Makalah Online Seminar Internasional . Medan, Sumatera Utara, Indonesia: Technische Universität Dresden.
Rösler, Dietmar & Würfel, Nicola. (2014). Deutsch Lehren Lernen; Lernmaterialien und Medien. München: Langenscheidt & Goethe Institut & Klett.
Sercu, L. (2014). Foreign Language Teachers and Intercultural Competence an International Investigation. In M.B. Philips, Language for Interculturacl Communication and Education 10. Clevedon: Multilingual-matters Ltd.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.7082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: