PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN RESUME MEDIS PADA FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN

Arief Setiyoargo, Nanta Sigit, Richard One Maxelly

Abstract


ABSTRAK

Mutu pelayanan kesehatan ditentukan dari peningkatan mutu klinis dan pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan. Hal tersebut dapat diketahui dari kelengkapan pengisian rekam medis. Pada berkas rekam medis terdapat nilai hukum rahasia medis pasien. Nilai hukum kerahasiaan medis sering kali terabaikan terutama bagi masyarakat dengan pendidikan yang rendah dan secara letak geografis sangat sulit untuk mendapatkan akses fasilitas kesehatan yang memadai. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui pemahaman penggunaan resume medis. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Sukosari Desa Pandansari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, sebanyak 3 kali pertemuan dengan memberikan penyuluhan dan pendampingan yang dikemas dalam bentuk materi presentasi dan pembagian brosur kepada 25 peserta. Dari hasil evaluasi, terdapat peningkatan pemahaman warga dengan kategori baik dari nilai pre test sebesar 8% dan post test sebesar 52%. Selanjutnya, secara berkesinambungan agar kader kesehatan yang ada di lingkungan warga dapat memberikan contoh dalam menggunakan resume medis untuk keperluan pasien secara baik dan benar agar ikut meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang berkelanjutan.

 

Kata kunci: pelayanan kesehatan; pasien; resume medis.

 

ABSTRACT

The quality of health services is determined by improving clinical quality and customer satisfaction-oriented services. This can be seen from the completeness of filling in the medical record. In the medical record file there is a patient's medical secret legal value. The legal value of medical confidentiality is often neglected, especially for people with low education and geographically it is very difficult to get access to adequate health facilities. This community service activity aims to improve the quality of health services through understanding the use of medical resumes. This activity was carried out in Sukosari Hamlet, Pandansari Village, Poncokusumo District, Malang Regency, for 3 meetings by providing counseling and assistance packaged in the form of presentation materials and distribution of brochures to 25 participants. From the results of the evaluation, there was an increase in the understanding of residents in the good category of the pre-test score of 8% and post-test of 52%. Furthermore, on an ongoing basis so that health cadres in the community can provide examples in using medical resumes for patient needs properly and correctly in order to participate in improving the quality of sustainable health services.

 

Keywords: health services; patient; medical resume.


Keywords


health services; patient; medical resume.

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. (2006). Pedoman Penyelenggaraan & Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Dirjen YanMed.

Depkes RI. (2008). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 269/MEN.KES/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis.

DPR RI. (2004). Undang-Undang No. 29 tentang Praktik Kedokteran.

Faida, E. W. (2016). Evaluasi Prosedur Pelepasan Informasi Medis Dalam Menjamin Aspek Hukum Kerahasiaan Rekam Medis Di Rumah Sakit Onkologi Surabaya. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 4(1), 46–51. https://doi.org/10.33560/.v4i2.131

Hatta, G. (2013). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Penerbit Universitas Indonesia.

Herlambang, Susatyo, dkk. (2012). Cara Mudah Memahami Manajemen Kesehatan dan Rumah Sakit. Gosyen Publishing.

Ide, A. (2012). Etika & Hukum dalam Pelayanan Kesehatan. Grasia Book Publisher.

Murtiningrum, R., & Kusnanto, H. (2019). Kualitas Resume Medis (Discharge Summary) Pada Pasien Rawat Inap JKN di RSUD Dokter Soedarso Propinsi Kalimantan Barat. Journal of Information Systems for Public Health, 4(1), 68–79. https://journal.ugm.ac.id/jisph/article/view/45198/30084

Sudra, R. I. (2015). Dasar Hukum Penyelenggaraan Rekam Medis: Pelepasan Informasi Data Rekam Medis.

Yuniati, E., & Rifa, A. (2020). Analisis Kuantitatif Lembar Resume Medis Rawat Inap Pasien Penyakit dalam Periode Tahun 2018 di Rumah Sakit Islam Gondanglegi Malang. Health Care Media, 4, 25–31. https://stikeswch-malang.e-journal.id/Health/article/view/134




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: