URGENSI, HAMBATAN, DAN SOLUSI DALAM PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUNTINGAN KALIMAT
Abstract
ABSTRAK
Tujuan umum kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan penyuntingan kalimat pada artikel ilmiah bagi mahasiswa PGSD semester akhir. Tujuan khususnya adalah mendeskripsikan (1) urgensi dilaksanakannya pelatihan dan pendampingan penyuntingan kalimat, (2) hambatan-hambatan yang ditemukan, dan (3) solusi terhadap hambatan pelatihan dan pendampingan penyuntingan. Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini adalah presentasi, penugasan, dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini menunjukkan hasil yang gemilang. Peserta pelatihan mampu menyunting kalimat dengan baik. Selain itu, hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan penyuntingan kalimat sangatlah urgen untuk dilaksanakan. Hambatan yang ditemukan adalah pelatihan dan pendampingan daring dan kurangnya motivasi peserta. Solusi untuk mengatasi hambatan adalah pendampingan individual dan prioritas aspek penyuntingan.
Kata kunci: urgensi; hambatan; solusi; pelatihan dan pendampingan; penyuntingan kalimat.
ABSTRACT
The general purpose of this service activity is provide training and mentoring in editing sentences in scientific articles for final semester PGSD students. The specific objectives are to describe (1) the urgency of implementing training and mentoring in sentence editing, (2) the obstaclas found, and (3) solutions to the obstacles to training and mentoring in editing. The methods applied in this service are presentations, assignments, and mentoring. These training and mentoring activities have shown brilliant result. The trainees are able to edit sentences well. In addition, the result of the activity show that sentence editing training and assistance is very urgent to be carried out. The obstacles found were online training and mentoring are the lack of motivation of participants. The solution to overcome obstacles is individual mentoring and priority of editing aspects.
Keywords: urgency; obstacles; solutions; training and mentoring; sentence editing
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, S., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Erlangga.
Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2019). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Chaer, A. (1994). Linguistik umum. Rineka Cipta Jakarta,, Indonesia.
Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Fuad, Z. Al. (2020). Efektivitas Belajar Daring Siswa Sd Banda Aceh-Aceh Besar Pada Masa Pandemi Covid 19. Pionir: Jurnal Pendidikan, 63–77. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/8993
Ghufron, S. (2014). Artikel Ilmiah: Anatomi, Bahasa, dan Kesalahannya. EDU-KATA, 1(1), 1–10.
Ghufron, S. (2015). Kesalahan Berbahasa: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Ghufron, S., Kasiyun, S., & Hidayat, M. T. (2020a). Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Skripsi Mahasiswa. Belajar Bahasa, 5(1), 51–62.
Ghufron, S., Kasiyun, S., & Hidayat, M. T. (2020b). Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Skripsi Mahasiswa. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 51–62.
Harahap, N. (2014). Hubungan antara motivasi dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division pada konsep ekosistem. Visipena Journal, 5(1), 35–46.
Lestari, W. (2015). Efektivitas Startegi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematik. Jurnal Formatif, 2(3), 170–181. http://id.answers.yahoo.com
Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Raja Grafindo.
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Remadja Karya.
Mularsih, H. (2007). Pembelajaran Individual dengan Menggunakan Modul. Akademika, 3(September), 119–122.
Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis Keefektifan Penggunaan Kalimat Dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 102–114.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95.
Razak, A. (1992). Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Sumardi. (2000). Panduan Penelitian, Pemilihan, dan Penyusunan: Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD sebagai Sarana Pengembangan Kepribadian, Penalaran, Kreativitas, dan Keterampilan Berkomunikasi Anak. PT Grasindo.
Syafi’ie, I. (1984). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Menulis Mahasiswa Tiga IKIP di Jawa. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: IKIP Malang.
Wibowo, W. (2007). Menjadi Penulis & Penyunting Sukses: Langkah Jitu Merangkai Kata agar Komunikatif, Hidup, dan Memikat. Bumi Aksara.
Yolandasari, M. B. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. IAIN Salatiga.
Yulianto, B. (2008). Aspek Kebahasaan dan Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7299
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: