PENINGKATAN JIWA ENTREPRNEURSHIP SAAT PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DESA HUANGOBOTU

Ardiansyah Ardiansyah, Hapsawati Taan

Abstract


ABSTRAK

Kondisi pandemi covid-19 berdampak luas pada perekonomian masyarakat. Upaya mengatasi dampak meluasnya efek pandemi covid-19 yaitu dengan memberikan edukasi  entreprenuership pada masyarakat di desa Huangobotu. Sosialisasi kepada masyarakat di desa Huangobotu diharapkan bisa membangkitkan kreativitas dari masyarakat agar bisa  menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tenaga kerja dan menghidupkan kembali roda perekonomian masyarakat. Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di desa Huangobotu bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap peningkatan wawasan tentang pentingnya pendidikan kewirausahaan. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat mendorong masyarakat agar bisa berwirausaha dengan pemanfaatan sumber daya yang terdapat di Desa Huangobotu. Masa pandemi covid-19 memberikan dampak  terhadap masyarakat di berbagai sektor kehidupan termasuk pada sektor ekonomi. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara memberikan sosialisasi berupa pemaparan materi tentang  kewirausahaan pada masyarakat Huangobotu untuk mengubah mindset pola pikir mereka sehingga tertarik berwirausaha dengan melakakan inovasi kewirausahaan. Materi yang disampaikan terkait tentang stategi Pengembangan kewirausahaan pada masa pandemi Covid-19, Stategi pemasaran, dan jenis jenis kewirausahaan yang cocok di masa pandemi Covid-19. Hasil dari sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan hasrat yang kuat dari masyarakat sehingga tergerak untuk merintis usaha secara mandiri dengan ketersediaan sumber daya yang dimiliki di Desa Huangobotu. Sosialisasi ini juga akan berlanjut pada kegiatan pendampingan dan pelatihan inovasi kewirausahaan untuk lebih menggali potensi diri yang dimiliki oleh masyarakat di desa Huangobotu.

 

Kata kunci: inovasi; kewirausahaan; pandemi

 

ABSTRACT

The COVID-19 pandemic has had a wide impact on the community's economy. Efforts to overcome the impact of the widespread effects of the COVID-19 pandemic are by providing entrepreneurship education to the community in Huangobutu village. Socialization to the community in Huangobutu village is expected to generate creativity from the community so that they can create jobs that can absorb labor and revive the community's economy. The community service carried out in Huangobutu village aims to provide an understanding of increasing insight about the importance of entrepreneurship education. This service activity is expected to encourage the community to be entrepreneurial by utilizing the resources available in Huangobotu Village. The COVID-19 pandemic has an impact on society in various sectors of life, including the economic sector. Service activities are carried out by providing socialization in the form of presentation of material about entrepreneurship to the Huangobotu community to change their mindset so that they are interested in entrepreneurship by carrying out entrepreneurial innovations. The material presented was related to entrepreneurship development strategies during the Covid-19 pandemic, marketing strategies, and types of entrepreneurship that are suitable during the Covid-19 pandemic. The results of this socialization are expected to foster a strong desire from the community so that they are moved to start a business independently with the availability of resources in Huangobotu Village. This socialization will also continue with mentoring activities and entrepreneurship innovation training to further explore the potential of the people in Huangobotu village.

 

Keywords: innovation; entrepreneurship; pandemic


Keywords


innovation; entrepreneurship; pandemic

Full Text:

PDF

References


Bagus, I. G., Satrya, H., & Suwandana, I. G. M. (2015). POTENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(12), 4559–4594.

Hasan, Ishak. 2015. “PSIKOMOTORIK TERHADAP KEPUTUSAN PILIHAN BERWIRAUSAHA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN-2015 ( Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala )” 4 (7): 19–26.

Latifa, Nurul, Rosmala Dewi, and Fitriana. 2018. “Peran Wirausaha Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus Usaha Penjahit Perempuan Di Mukim Lhoknga).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 3 (2): 65–72.

Mutiarasari, Aisyah. 2018. “Peran Entrepreneur Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Dan Mengurangi Tingkat Pengangguran.” Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah 1 (2): 1–114. http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/dinar/article/download/83/90. Rahim, Abdul

Rahman, and Basri Basir. 2019. “Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Bangsa.” Jurnal Economic Resource 1 (2): 130–35. https://doi.org/10.33096/jer.v1i2.160.

Suharyono. 2017. “Sikap Dan Perilaku Wirausahawan.” Jurnal Ekonomi MODERNISASI 10 (1): 38.

Sukirman. (2017). Jiwa kewirausahaan dan nilai kewirausahaan meningkatkan kemandirian usaha melalui perilaku kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 113–132.

Suryadi, Dedy. 2018. “Peran Dan Strategi Perkembangan Kewirausahaan Dan Tantangannya Dalam Menghadapi Perekonomian Di Masa Yang Akan Datang,” 1–13. https://doi.org/10.31227/osf.io/8dkru.

Tejo Nurseto. 2010. “PENTINGNYA PROFESI

WIRAUSAHA DI INDONESIA.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan 7 (April): 58–81.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: