PELATIHAN SMART TEKNOLOGI BAGI PEMUDA MUHAMMADIYAH DESA WARU
Abstract
ABSTRAK
Pertumbuhan sektor ekonomi indonesia mengalami guncangan besar akibat pandemi Covid-19. Penurunan ekonomi nasional turut mempengaruhi sektor ketenagakerjaan, dimana terjadi peningkatan angka pengangguran sebagai akibat dari pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terjadi selama masa pandemi. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tinggi perlu memberikan kontribusi dalam upaya penyelesaian permasalahan tersebut. Salah satunya dengan program-program peningkatan keterampilan berbasis pelatihan dan pemberdayaan pemuda sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia. Program pelatihan yang akan dilakukan mengusung tema smart technology dengan sasaran kelompok organisasi pemuda Muhammadiyah desa Kureksari, kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo. Program ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi pemuda dibidang teknologi dan digitalisasi media. Pemilihan tema didasarkan pada kesempatan dan potensi pasar yang lebih menguntungkan serta disesuaikan dengan perkembangan zaman. Metode pelaksanaan dimulai dari (1) sosialisasi literasi produk teknologi sederhana dan digitalisasi media, (2) pelatihan aplikasi smart technology sederhana, (3) pendampingan pemasaran dan peluang bisnis. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, pedoman wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan dilakukan di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan organisasi pemuda Muhammadiyah Waru. Hasil dari pelaksanaan program yang telah dilaksanakan menunjukkann adanya peningkatan minat yang didasarkan dari hasil wawancara dan angket. Program yang telah dilaksanakan diharapkan dapat terus berkelanjutan dan menjadi stimulus dalam menciptakan bisnis kreatif serta mengembangkan usaha secara mandiri.
.
Kata kunci: ketrampilan; pemberdayaan; pemuda; teknologi pintar
ABSTRACT
The growth of Indonesia's economic sector experienced a major shock due to the Covid-19 pandemic. The decline in the national economy also affected the employment sector, where there was an increase in the unemployment rate as a result of layoffs that occurred during the pandemic. The universities as higher education institutions need to contribute in solving these problems. One of them is through skills improvement programs based on training and youth empowerment as an effort to develop human resources. The training program that will be carried out carries the theme of smart technology with the target group of Muhammadiyah youth organizations in Kureksari village, Waru sub-district, Sidoarjo district. This program aims to optimize the potential of youth in the field of technology and media digitization. The choice of theme is based on opportunities and market potential that are more profitable and adapted to the times. The implementation method starts from (1) socialization of simple technology product literacy and media digitization, (2) training on simple smart technology applications, (3) marketing assistance and business opportunities. Data processing was carried out descriptively by using data collection tools in the form of questionnaires, interview guidelines and documentation. The implementation was carried out in Waru District, Sidoarjo Regency in collaboration with the Waru’s Muhammadiyah youth organization. The results of the implementation of the program that has been implemented show an increase in interest based on the results of interviews and questionnaires. The program that has been implemented is expected to be sustainable and become a stimulus in creating creative businesses and developing businesses independently.
Keywords: skills; empowerment; youth; smart technology.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyani, L. (2014). Pelatihan Literasi Informasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dalam Pencarian Informasi Ilmiah di Era Digital. Bali: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Pendidikan Ganesha.
Astuti, E. Z. (2019). Gerakan Literasi Digital: Studi Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Sistem Informasi Potensi Kreatif Desa di Kulonprogo. Journal Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 331-352.
Basyah, N., Fahmi, I., & Razak, A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan Masa Covid-19: Satu Tinjauan. Jurnal Pencerahan, 14(1), 1-11.
Bhirawa, D. (2020). Dampak Covid-19, 8000 Pekerja Pabrik Kena PHK. Sidoarjo: Harian Bhirawa. Retrieved from https://www.harianbhirawa.co.id/dampak-covid-19-8-000-pekerja-pabrik-kena-phk/
Donny. (2017). Kerangka literasi Digital Indonesia. Retrieved from http://literasidigital.id/ books/kerangka-literasi-digital-indonesia/
Khairani, E. (2015). Program Peningkatan Keterampilan Pemuda dalam Menghadapi Pasar Kerja di Kota Pekanbaru. JOM Fekon, 2(2), 1-11.
Lindawati, L. (2019). Pola Aksess Berita Online Kaum Muda. Jurnal Studi Pemuda, 4(1), 241-259.
Mangkunegara, A. A., & Anwar, P. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.
Ukkas, I. (2014). Pengembangan SDM Berbasis Pelatihan Keterampilan dan Pemberdayaan Pemuda. 3, pp. 120-352. Seminar Nasional.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7709
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: