PENINGKATAN KETERAMPILAN STANDAR KESEHATAN PADA KEMASAN MAKANAN DAN PEMASARAN DIGITAL PEDAGANG PASAR SULTAN

Sartika Puspita, Agustin Wulan Suci Dharmayanti, Dwi Aji Nugroho, Anggun Kharisma Putri

Abstract


ABSTRAK

Pandemi Covid 19 memberikan dampak yang luas di masyarakat yaitu penyakit pernafasan akibat virus SARCov-2 dan juga masalah ekonomi. Pemasaran digital dan kemasan makanan berdasar standar kesehatan merupakan hal yang penting di era Pandemi Covid-19 ini. Pedagang Pasar Sultan memerlukan pengembangan usaha berbasis teknologi sehingga dapat bersaing dengan usaha-usaha baru yang berbasis online. Pengabdian masyarakat ini bertujuan melakukan pelatihan kepada pedagang pasar Sultan melalui pelatihan keterampilan pemasaran digital dan pembuatan kemasan dengan standar kesehatan. Peserta pelatihan terdiri dari 25 orang pedagang pasar Sultan kampung Nitikan Umbulharjo Yogyakarta. Metode pengabdian berupa pelatihan pemasaran digital dan penyuluhan standar kesehatan pada kemasan makanan meliputi: 1). Pelatihan standar kesehatan dan halal pada kemasan makanan; 2). Menumbuhan jiwa kewirausahaan dan memberikan insipirasi dari keberhasilan bisnis online; 3). Sharing session dengan pengusaha online yang sukses; 4) Pelatihan pemasaran digital (menggunakan platform pemasaran online); 5). Pre dan post test dilakukan pada seluruh peserta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengetahuan dan keterampilan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dan pelatihan. Hasil penyuluhan adalah terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan pedagang pasar Sultan mengenai standar kesehatan pada kemasan makanan dan pemasaran digital.Terbentuk web pasar, penjualan berbagai macam produk makanan di market place serta google businness.

 

Kata Kunci: covid-19; pasar sultan; pemasaran digital

 

ABSTRACT

The COVID-19 pandemic has a broad impact on society, the main problem is the respiratory disease due to the SARCov-2 and economy problem. Marketing digital and health standards is important in this era of the Covid-19 Pandemic. Pasar Sultan traders need technology-based business development so that they can compete with new online-based businesses. This community service aims to develop a Sultan market trader business through digital marketing training. Participants consisted of 25 traders from the Sultan's market Nitikan Umbulharjo Yogyakarta. The service method in the form of counseling on food packaging health standards and digital marketing training includes: 1). Health and halal standard training on food packaging; 2). Foster an entrepreneurial spirit and provide inspiration for online business success; 3). Sharing sessions; 4). Digital marketing training (using online market platforms); 5). Pre and post-test tests were carried out on all participants to determine whether there were differences in knowledge and skills before and after counseling and training. The results of the counseling showed an increase in the knowledge and skills of the Sultan's market traders regarding food packaging health standards and digital marketing. A web market was formed, sales of various kinds of food products in market places and google business.

 

Keywords: sultan market; digital marketing; health standards


Keywords


sultan market; digital marketing; health standards

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman G., Oktavianto H., Habibie E.Y., Hadiyatullah A.W., (2020), Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran, Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1 (1), 2020. DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Stiadi M., Herlinudinkhaji D., Ariyanti Y.D.P., Erwanti N., (2021,) Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Bagi Pelaku UMKM, Bakti Banua Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1), 2021.DOI: https://doi.org/10.35130/bbjm.v2i1.212

Farida N., Ratnawuri T., Puri L.M., (2021). Pelatihan Berwirausaha Melalui Digital Marketing, Sinar Sang Surya Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (2), DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v5i2.1532

Kusmiyati, K., Rasmi, D. A. C., & Lestari, T. A. (2020). Meningkatkan Pemahaman Tentang Jajanan Sehat Dalam Kemasan Melalui Informasi Pada Label Kemasannya Bagi Siswa SDN I Jatisela. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(2).https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.69

Pranoto P., Jasmani J., Marayasa I.N., (2019). Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur – Tangerang, Dharma Laksana, 1 (2). DOI: http://dx.doi.org/10.32493/j.pdl.v1i2.2425

Syifa A.I., Rakhmawati S.D., Dianastiti F.E., (2021,) Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19, Abdi Praja, 2 (1).DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3602




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: