PENDALAMAN MATERI SUBSTANSI MATEMATIKA DENGAN TEMA PELUANG BINOMIAL
Abstract
ABSTRAK
Pendalaman materi matematika pada materi peluang binomial dihadirkan sebagai sarana seorang guru untuk belajar. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan peningkatan penguasan materi seorang guru, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Peserta pada kegiatan pendalaman ini adalah dosen, guru dan mahasiswa pendidikan matematika dengan ruang lingkup nasional. Kegiatan ini dilaksanan secara daring melalui media teleconference Zoom. Kegiatan pendalaman materi peluang binomial ini terdiri dari kegiatan pendahuluan yaitu dengan pemberian pre-test, pemaparan materi, diskusi dan tanya jawab, serta kegiatan penutup yaitu refleksi dan pemberian post-test. Hasil dari kegiatan ini yaitu pemahaman peserta mengenai materi peluang binomial mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata pretest adalah 33 dan nilai postest adalah 56.
Kata kunci: pendalaman materi; peluang binomial.
ABSTRACT
The deepening of mathematical material on binomial probability material is presented as a means for a teacher to learn. This activity aims to increase the mastery of a teacher's material to improve the quality of mathematics learning. Participants in this deepening activity are lecturers, teachers, and mathematics education students with a national scope. This activity was carried out online through the Zoom teleconference media. The activity of deepening the material on binomial probability consists of preliminary activities by giving a pre-test, presentation of material, discussion, question and answer, and closing activities by reflection and giving post-test. This activity shows that participants' understanding of the binomial probability material has increased, which is indicated by the increase in the average pretest score of 33 and the posttest score of 56.
Keywords: the deepening of material; binomial probability.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079
Chaerani, D., Dewanto, S. P., Eman, D., & Abstrak, L. (2015). Pemanfaatan Software Aplikasi Excel, Maple dan MATLAB untuk Pengajaran Matakuliah Optimisasi dengan Studi Kasus Penyelesaian Masalah Pemrograman Linear Integer pada Bidang Industri. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 8 dan 9 Juni 2015, Bandung, Indonesia.
Gunadi, F. (2019). Pengaruh Apersepsi Warmer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Persamaan Kuadrat. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.102
Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 66–87. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.254
Huda, S., & Muspawi, M. (2018). Academic Supervision of Madrasah Supervisors in Improving Professional Competencies of Teachers. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 23(2), 155–163. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib
Kholil, M. (2016). Membangun Kemampuan Koneksi Matematika Melalui Strategi Interaksi Peserta Didik Program Studi Pendidikan Pendidik Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Fenomena: Jurnal Penelitian Islam Indonesia, 15(2), 351–370.
Martiningsih, R. R. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Ms Excel dalam Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Jurnal Kwangsan, 3(2), 107. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v3n2.p107--120
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Nasir, A. M., Sari, I. E., & Yasmin, Y. (2019). Efektivitas Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(1), 22–32. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.1.2019.1246
OECD. (2019). Programme for International Student Asessessment (PISA) Results From PISA 2018.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSAl. Tarsito.
Sugiono, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif, Pemahaman Analisis Transaksi dan Intensitas Latihan Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Urnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(3).
Sumantyo, F. D. S. (2020). Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 81–92. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.266
Supandi, S. (2018). Problematika Guru dalam Memberikan Penguatan (Reinforcement) Mata Pelajaran PAI di MTs Al-Anwar Sanah Tengah Waru Pamekasan. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 5(2), 23–32. https://doi.org/10.31102/alulum.5.2.2018.23-32
Tuerah, R. M. S. (2015). Penguasaan Materi Pembelajaran, Manajemen dan Komitmen Menjalankan Tugas Berkorelasi Pada Kinerja Guru SD di Kota Tomohon. JINOTEP: Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 137–153.
Warsito, W., Nuraini, Y., & Sukirwan, S. (2019). Desain Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistik di Kelas V. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25–36. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.381
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: