PENGUATAN MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA-KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Dyah Panuntun Utami, Uswatun Hasanah, Isna Windani, Istiko Agus Wicaksono, Didik Widiyantono, Zulfanita Zulfanita

Abstract


ABSTRAK

Perguruan tinggi memiliki tanggungjawab dalam mendidik, memberikan kemampuan wirausaha serta memotivasi mahasiswa berani berkarir sebagai wirausaha. Oleh karena itu perguruan tinggi perlu menerapkan pola pembelajaran yang dapat mendorong semangat berwirausaha pada mahasiswa. Kebijakan Belmawa Kemdikbud dalam upaya menghasilkan wirausaha muda di lingkungan kampus adalah Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K). Permasalahan yang dihadapi mahasiswa adalah kurangnya kemampuan menyusun proposal PKM-K sehingga banyak proposal yang tidak lolos seleksi administrasi. Berdasarkan hal tersebut  Program Studi Agribisnis Universitas Muhammmadiyah Purworejo melakukan pendampingan dalam penyusunan proposal PKM-K. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan skill, ketrampilan dan kemampuan mahasiswa dalam penulisan  proposal. Metode pelaksanaan kegiatan adalah pendampingan  dengan tahapan kegiatan sosialisasi kegiatan, workshop sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa, presentasi, dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mahasiswa antusias mengikuti pelatihan dan pendampingan. Mahasiswa sangat intensif dalam proses pembimbingan. Karena waktu pendampingan terlalu singkat sehingga banyak proposal yang belum maksimal dan harus dikirim ke simbelmawa. Program Studi Agribisnis sebaiknya lebih dini melakukan workshop dan meningkatkan suasana akademik yang kondusif untuk mendukung kegiatan wirausaha di lingkungan kampus agar ide-ide kreatif mahasiswa dapat disalurkan secara maksimal.

 

Kata kunci: minat wirausaha; pendampingan; program kreativitas mahasiswa kewirausahaan.

 

ABSTRACT

Universities have a responsibility to educate, provide entrepreneurial skills and motivate students to dare to have a career as entrepreneurs. Therefore, universities need to apply learning patterns that can encourage the entrepreneurial spirit in students. Belmawa Kemdikbud's policy in an effort to produce young entrepreneurs in the campus environment is the Student Creativity-Entrepreneurship Program (PKM-K. The problem faced by students is the lack of ability to prepare PKM-K proposals so that many proposals do not pass the administrative selection. Based on this, the Agribusiness Study Program at the University of Muhammmadiyah Purworejo provided assistance in the preparation of the PKM-K proposal. The purpose of the activity is to improve the skills, skills and innovation ability of students in writing proposals. The method of implementing the activity is mentoring with the stages of activity being socialization of activities, workshops on socializing the Student Creativity Program, presentations, and mentoring. The results of the activity showed that students were enthusiastic about participating in the training and mentoring. Students are very intensive in the mentoring process. Because the mentoring time was too short, many proposals were not maximized and had to be sent to Simbelmawa. The Agribusiness Study Program should conduct workshops earlier and improve a conducive academic atmosphere to support entrepreneurial activities in the campus environment so that students' creative ideas can be maximally channeled.

 

Keywords: entrepreneurial interest; mentoring; entrepreneurship student creativity program.

Keywords


entrepreneurial interest; mentoring; entrepreneurship student creativity program.

Full Text:

PDF

References


Alfiyan, A. R., Qomaruddin, M., & Alamsyah, D. P. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 175–181. https://jurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/kajian-ilmiah/article/view/428

Aryaningtyas, A. T., & Palupiningtyas, D. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa STIEPARI Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(2), 140–152. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i2.1398

Belmawa. (2022). Program Kreativitas Mahasiswa Petunjuk Teknis PKM-Kewirausahaan. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbud.

Hamdan, A. (2016). Pendampingan Dengan Pendekatan Andragogi Dalam Meningkatkan Perilaku Berwirausaha Mitra Binaan (Studi Deskriptif Pendampingan Program Lembaga Keuangan Mikro Kewirausahaan Pada Program CSR Shafira Foundation). Damar Jayagiri: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Pendidikan Non Formal, 1(VII), 65–72. https://jurnal.pauddikmasjabar.my.id/index.php/damar/article/view/13

Hapsari, T. P. (2018). Peran Lingkungan Kampus Dalam Memoderasi Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(1), 197–214. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n2.p197-214

Hasanah, M., & NGR, M. F. (2017). Strategi Peningkatan Minat Wirausaha Mahasiswa Melalui Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) Di Program studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat. SOCIUS: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(2), 294–313. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JS/article/view/3478

Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Milla, H. (2013). Pendidikan Kewirausahaan Sebuah Alternatif Mengurangi Pengangguran Terdidik Dan Pencegahan Korupsi. Jurnal Al-Ta’lim, 1(6). http://katalog.pustaka.unand.ac.id//index.php?p=show_detail&id=86914

Pardosi, J., Nugroho, R. A., Mariati, R., & Manullang, J. R. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Wirausaha Muda Di Universitas Mulawarman. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 394. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6458

Putri, N. L. W. W. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undikhsha, 9(1), 137–148. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19998

Ramlan, P., & Nikmat, R. (2019). Pendekatan Manajemen Strategik dalam Program Kreativitas Mahasiswa -Kewirausahaan (PMK-K). Jurnal MODERAT, 5(3), 240–250. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat/article/view/2678/2278

Rinawiyanti, E. D., & Gunawan, L. H. (2017). Identifikasi Faktor Pemicu Minat Wirausaha Pada Mahasiswa. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP, 7(1), 27–42. http://forbiswira.stie-mdp.ac.id>4.-PDF-Esti.pdf

Riswanto, A. (2016). Pendampingan Kreativitas Dan Kemandirian: Pendidikan Calon Wirausahawan Muda. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(3), 300–305. https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i3.240

Rizki, Q. G., & Megawati. (2019). Pengaruh Faktor Dukungan Universitas Dan Kepribadian Proaktif Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 345–359. http://jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/10019

Sarwoko, E. (2011). Kajian Empiris Entrepreneur Intention Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Bisnis, 16(2), 126–135. https://pdfcoffee.com/6-endi-sarwokopdf-pdf-free.html

Suharti, L., & Sirine, H. (2011). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2), 124–134. https://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18329

Wu, S., & Wu, L. (2008). The Impact of Higher Education on Entrepreneurial Intention of University Students in China. Journal of Small Business and Enterprise Development, 15(4), 752–774. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/14626000810917843/full/html

Yonson, Y. (2003). Peranan Universitas dalam Memotivasi Sarjana Menjadi Young Entrepreneurs. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 5–2. https://doi.org/10.9744/jmk.5.2.pp.%2097-111

Yusuf, A., Suminar, T., & Kisworo, B. (2019). Karakter Kewirausahaan Mahasiswa. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 139–147. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: