OPTIMALISASI KOLAM PANCING DALAM MENDUKUNG PROGRAM DESA WISATA SUMBERMULYO JOMBANG
Abstract
ABSTRAK
Kolam pemancingan ikan dengan nama MURNI JAYA inii diresmikan pada tahun 2019 tetapi belum dikelola secara maksimal. Contoh konkritnya yaitu lingkungan sekitar tempat kolam pancing tidak terurus dengan baik, kurangnya kesadaran, pengetahuan masyarakat sekitar yang sebenarnya memiliki potensi yang tinggi daam pengemabangan desa wisata. Maka selaku pengemban Tri darma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah kegiatan pengabdian masyarakat ini secara langsung memberikan pendampingan untuk meningkatkan destinasi kolam pemancingan tersebut dengan melibatkan unsur-unsur kepariwisataan di Desa SumberMulyo. Adapun permasalahan yang dihadapi antara lain adalah (1). Belum maksimal publikasi kolam pemancingan MURNI JAYA ke khalayak umum sehingga mengakibatkan jumlah pengunjung yang minim, (2). Masih kurang kesiapan Sumber daya Kelompok Mitra dalam hal pengelolaan Wisata Kolam Pancing. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini diantaranya: 1). Participatory Rural Appraisal (PRA) yaitu metode yang melibatkan masyarakat sekitar, 2). Pendampingan untuk meningkatkan pemahaman mitra mengenai pengelolaan wisata kolam pancing meliputi manajemen e-busines, dan lain lain; 3). Diskusi yang berupa tanya jawab tetapi lebih tepatnya sharing pengalaman mengenai pengelolaan wisata kolam pancing. Hasil dari pengabdian ini diantaranya pengelola BUMDES Kolam Pancing dan Cafe Murni Jaya dapat mengetahui mengenai apa itu E-Business dan bisa menerapkan proses pengaplikasian shopee sebagai media penjualan produk, serta khalayak umum mengetahui kolam pancingyang berada pada Desa SumberMulyo.
Kata kunci: optimalisasi kolam pancing; pemberdayaan ekonomi; desa wisata
ABSTRACT
This fishing pond with the name MURNI JAYA was inaugurated in 2019 but has not been managed optimally. Concrete examples are the environment around where the fishing pond is not well maintained, lack of awareness, knowledge of the surrounding community which actually has high potential in developing a tourist village. So as the bearer of the Tri Dharma of Higher Education, one of which is this community service activity, he directly provides assistance to improve the destination of the fishing pond by involving tourism elements in SumberMulyo Village. The problems faced include (1). The publication of MURNI JAYA's fishing pond has not been maximized to the general public, resulting in a minimal number of visitors, (2). There is still a lack of readiness of Partner Group Resources in terms of management of Fishing Pond Tourism. The methods used in this service program include: 1). Participatory Rural Appraisal (PRA) is a method that involves the surrounding community, 2). Assistance to increase partners' understanding of fishing pond tourism management including e-business management, and others; 3). Discussions in the form of questions and answers, but more precisely sharing experiences regarding the management of fishing pond tourism. The results of this service include the managers of BUMDES Fishing Ponds and Cafe Murni Jaya being able to find out what E-Business is and being able to apply the shopee application process as a product sales medium, as well as the general public knowing the fishing pond located in Sumber Mulyo Village.
Keywords: fishing pond optimization; economic empowerment; tourism village
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nasrullah, Rulli, (2015), Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nasution, Syarif Hakim. (2009). Peranan Wisata Pemacingan Dalam Pengembangan Wilayah Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara. Program Studi Pasca. Universitas Sumatera Utara.
Nuryanti, (2013). Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah UKM. Jurnal Ekonomi Vol 21, No. 4
Pasigai, M. A. (2009). Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
Ritonga, Abdul Kadir, Tauhid Booni, dan Dalimunthe Femmy Indriany. (2007). Hasil Penelitian Potensi Dusun Wisata Pemancingan Paluh Merban Desa Tanjung Rejo. Unit Penelitian Dan Pengembangan Pada Masyarakat. Akademi Pariwisata Medan,Medan.
Satrya, D. G., Kaihatu, T. S., & Pranata, L (2019). Upaya Pembinaan Masyrakat dalam Rangka Pengembangan Desa Ekowisata di Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.
Soekartawi, (2016). Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sukmawati, Rina. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Harga Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sutrisno. (2019). Pengembangan Potensi Lokal Desa Rejosari Kecamatan Jatirejo Mojokerto Guna Mewujudkan Desa Wisata. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM (No. 1,pp. 67-71)
Umar. H, (2007). Studi Kelayakan Bisnis. Teknik Menganalisis Kelayakan Rencana Bisnis secara Konprehensif. Edisi 3. Jakarta: gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.8925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: