OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA UMKM SE-KECAMATAN BULAK DALAM ERA DISRUPSI

Luluk Desva Fitriah, Anisa Amirotun Nabila, Boston Tambunan, Cahya Gutama Putra, Fauziah Putri Indi Rahmawati, Muhammad Wildan Firmansyah, Nur Mahmuda, Siti Nurista Fitriani, Yanuar Tyas Suganda, Didiek Tranggono

Abstract


ABSTRAK

Di era disrupsi, banyak platform yang dapat membantu UMKM untuk meningkatkan penjualannya. Contohnya pemasaran melalui dunia digital yang dapat dilakukan melalui media sosial antara lain WhatsApp business, Instagram Business, Tiktok dll. Dalam sebuah konten media sosial, tentunya juga perlu foto produk yang unik dan menarik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Namun, tanpa  memiliki  kompetensi dalam penguasaan dan pemahaman pemasaran digital, tentunya akan  menyulitkan  para  pelaku  UMKM  untuk bersaing  dalam  perdagangan. Sehingga penting untuk dilakukan pelatihan pemasaran digital. Kegiatan pengabdian masyarakat “Business Talk” menyasar pada pelaku UMKM se-Kecamatan Bulak, Surabaya bertempat di aula kantor Kecamatan Bulak. Tujuan dari kegiatan ini  untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kompetensi bagi para pelaku UMKM se-Kecamatan Bulak. Metode pelaksanaan kegiatan dengan ceramah, pelatihan dan kuesioner. Ceramah dilakukan dengan penyampaian materi. Materi yang disampaikan meliputi whatsApp business dan foto produk. Pelatihan berupa praktik mendaftar whatsApp business bagi pelaku UMKM serta praktik cara memfoto produk. Kuesioner berisi tingkat pemahaman peserta seminar sebelum dan setelah mendapat materi. Berdasarkan hasil kuesioner, seminar berpengaruh besar pada pelaku UMKM yang dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap foto produk dan juga whatsApp business. Sehingga hasil dari kegiatan ini berupa tingkat pemahaman sekaligus kompetensi pelaku UMKM mengenai pemasaran produk meningkat.

 

Kata kunci: foto produk; pemasaran digital; pengabdian masyarakat; UMKM; whatsApp business.

 

ABSTRACT

In the era of disruption, many platforms can help MSMEs increase their sales. For example, digital marketing through social media, including WhatsApp Business, Instagram Business, Tiktok, etc. In social media content, need a unique and interesting product photo so that it becomes a special attraction for customers. However, it will certainly make it difficult for MSMEs to compete in trade without competence in controlling and understanding digital marketing. So it is important for digital marketing training. The Business Talk community service activity targets SMEs throughout the Bulak District, Surabaya, in the Hall of the Bulak District Office. The purpose of this activity is to increase knowledge and increase competence for SMEs throughout the Bulak District. Methods of implementing activities with lectures, training, and questionnaires. Lectures are carried out by the delivery of material. The material presented includes WhatsApp business and product photos. Training in the form of practice in registering WhatsApp business for MSMEs and practice on how to photograph products. The questionnaire measures the level of understanding of the seminar participants before and after getting the material. Based on the results of the questionnaire, the seminar has a big influence on MSMEs who can increase their knowledge and understanding of product photos and the WhatsApp business. So that the results of this activity are in the form of understanding levels as well as the competencies of MSMEs regarding product marketing increase.

 

Keywords: product photos; digital marketing; community dedication; MSMEs; WhatsApp business.


Keywords


product photos; digital marketing; community dedication; MSMEs; WhatsApp business.

Full Text:

PDF

References


Ahani, A., Rahim, N. Z. A., & Nilashi, M. (2017). Forecasting social CRM adoption in SMEs: A combined SEM-neural network method. Computers in Human Behavior, 75, 560–578. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.05.032

Eriyanto, E. (2018). Disrupsi. Jurnal Komunikasi Indonesia. https://doi.org/10.7454/jki.v7i1.9945

Ferina Nurlaily, O., Asmoro, S., & Aini, K. (2021). Pelatihan Teknik Foto Produk Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Visual Branding Usaha Rintisan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347–356. https://www.liputan6.com/,

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 144–151.

Hidayat, I. (2019). Tantangan Masyarakat di Era Disrupsi. Radarjember.Id. https://radarjember.jawapos.com/opini/07/12/2019/tantangan-masyarakat-di-era-disrupsi/

I Andayani, MV Roesmniningsih, W. Y. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/20221

Kusumaningsih, A., Pratiwi, A. P., Supriadi, A., & Priadi, A. (2018). Pembinaan Kewirausahaan Berbasis Fintech (Financial Technology) Untuk Umkm Di Koperasi Cipta Boga Keranggan, Tangerang Selatan. Sembadha 2018, 192–201.

Makhrudy, K. A. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Hasil Omset UMKM Mahasiswa Teknik industri UMG. Matrik, 21(1), 41. https://doi.org/10.30587/matrik.v21i1.1457

Maylinda, S., & Sari, I. P. (2021). Optimalisasi Integrated Digital Marketing Dalam Strategi Pemasaran Umkm Imago Raw Honey. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7(4), 521. https://doi.org/10.30998/jabe.v7i4.9940

Musa, M. I. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar.

Pemerintah Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 07 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 086507, 1–121.

Rini, E. S., & Arini, N. W. S. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media promosi produk hasil kerajinan Dynler (Dainy Leather). WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah …, 2(1), 118–123. http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/download/143/84

Sukorejo. (2021). Pengertian UMKM Menurut Undang-Undang, Kriteria, dan Ciri-Ciri UMKM. https://sukorejo.semarangkota.go.id/umkm

Zaatariyah, R. (2021). NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science ( 2021 ) Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 77–88.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.9638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: