INTERNALISASI NILAI PANGUDI LUHUR MELALUI PELATIHAN ONLINE PUBLIC SPEAKING ANGGOTA OSIS SMA PANGUDI LUHUR II SERVATIUS KAMPUNG SAWAH BEKASI

Linus Kali Palindangan, F. A. Wisnu Wirawan, Elsie Oktivera, Pricillia Karin Audrya, Nadhira Azzahra

Abstract


ABSTRAK

Keterampilan public speaking merupakan satu dari sekian banyak kemampuan yang harus dimiliki oleh anggota OSIS SMA Pangudi Luhur Servatius Kampung Sawah Bekasi. Kegiatan pelatihan public speaking ini bersifat pengembangan diri dengan tujuan melatih keterampilan public speaking dan menanamkan nilai kepangudiluhuran dalam diri para peserta. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) Tarakanita Jakarta dengan SMA Pangudi Luhur II Servatius Kampung Sawah, Bekasi, Jawa Barat. Pelatihan dilaksanakan melalui media Zoom Cloud Meeting secara online. Hasil dan temuan yang diperoleh dari pelatihan ini adalah (1) peserta mempunyai pengetahuan baru yang memadai tentang fungsi tujuan dan manfaat public speaking, (2) peserta memiliki pengetahuan tentang nilai-nilai kepangudiluhuran dan menginternalisasi nilai tersebut dalam kehidupan mereka, (3) memiliki kemampuan untuk berbicara di depan umum (public speaking) secara maksimal, (4) peserta memiliki motivasi dan komitmen dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab OSIS. Online public speaking menjadi salah satu nilai pengembangan diri sebagai anggota OSIS dan internalisasi nilai Pangudi Luhur

 

Kata kunci: pelatihan; public speaking; pengetahuan; keterampilan; sikap.

 

ABSTRACT

Public speaking skills are one of the many skills that must be possessed by OSIS members of SMA Pangudi Luhur Servatius Kampung Sawah Bekasi. This public speaking training activity is self-development with the aim of training public speaking skills and instilling the value of superiority in the participants. This activity was held in collaboration with the Tarakanita Jakarta College of Communication and Secretaries (STIKS) with Pangudi Luhur II High School Servatius Kampung Sawah, Bekasi, West Java. The training was carried out through the online Zoom Cloud Meeting media. The results and findings obtained from this training are (1) participants have adequate new knowledge about the purpose and benefits of public speaking, (2) participants have knowledge of superior values and internalize these values in their lives, (3) have the ability to to speak in public (public speaking) to the fullest, (4) participants have the motivation and commitment in carrying out the duties and responsibilities of the Student Council. Online public speaking is one of the values of self-development as a member of the Student Council and internalization of Pangudi Luhur's values

 

Keywords : training; public speaking; knowledge; attitude


Keywords


training; public speaking; knowledge; attitude

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185

Astuti, C. W., Wirawan, F. A. W., & Priliantari, Y. D. (2020). Effective Public Speaking Penggerak PKK Kelurahan Pondok Kelapa Jakarta Timur. 1(2), 38–51.

Batubara, J. R. (2016). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri, 12(1), 21. https://doi.org/10.14238/sp12.1.2010.21-9

Damai, M. B., Sarjana, P. P., Kristen, U., & Wacana, D. (2019). Mengakarkan budaya damai kepada siswa-siswi smp pangudi luhur 1 yogyakarta.

Fitria Ayu, R. (2022). Public speaking. IKRAITH-ABDIMAS, 1, 74. https://doi.org/10.1093/nq/s8-III.64.218-e

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Afabeta.

Hojanto, O. (2016). Public Speaking Mastery. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nugrahani, D., & Kustantinah, I. (2012). Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Metode Pelatihan Anggota Forum Komunikasi Remaja Islam. Http://Journal.Upgris.Ac.Id, 3.

Palindangan, L. K. (2020). Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan Dan Sikap Para Kaum Muda Dalam Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1), 100–107. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i1.8007

Purnamasari, D., Pratiwi, M., & Rosalia, N. (2018). Pengembangan Public Speaking Bagi Pengurus Osis Di Smpn 30 Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 63. https://doi.org/10.33633/ja.v1i2.18

Saeni, E., Cindrakasih, R. R., Wulan Muhariani, Herman, H., Anggito, P. L., & Safira, D. (2022). Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kepada Anak-Anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 8–15. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.48

Stewart, F., & Stewart, F. (2011). Changing the Atmos ’ fear ’ in the Public Speaking Classroom. International Journal of Humanities and Social Science, 1(7), 9–13.

Supriatna, M. (2010). Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Toni, I. A., & Mediatati, N. (2019). Peranan Organisasi Intra Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa. Satya Widya, XXXV, 54–61.

Turistiati, A. T., & Ramadhan, H. F. A. (2019). Pelatihan Soft Skills Dan Pendampingan Siswa-Siswi SMK Di Kota Bogor Untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31334/jks.v2i1.286




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.9768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: