Pengaruh Persepsi Kualitas dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Rental Fotocopy Berkah Jaya
Abstract
Abstract: This research aims to determine the influence level of perceived quality and price on customer satisfaction. This study employs a quantitative method with a survey approach. The research subjects consist of 69 respondents, including 30 males and 39 females. The research instrument utilizes a Likert scale questionnaire with a total of 20 statements based on research indicators. The data analysis technique uses multiple linear regression by performing a regression test. The results of data analysis on the perception of quality and price on customer satisfaction are obtained from an R. Square value of 54.7%. The findings of this research are expected to serve as a decision-making guide for the owners and employees of Berkah Jaya photocopy rental.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh dari persepsi kualitas dan harga terhadap kepuasam konsumen. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan survei. Subjek penelitian terdiri dari 69 responden, 30 laki-laki dan 39 perempuan. Instrumen penelitian mrnggunakan angket skala Likert dengan jumlah sebanyak 20 pernyataan berdasarkan indikator penelitian. Teknik analisis data menggunakan regresi liner berganda dengan melakukan uji regresi. Hasil analisis data dari persepsi kualitas dan harga terhadap kepuasan konsumen diperoleh dari nilai R. Square sebesar 54,7%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pedoman pengambilan keputusan untuk pemilik dan pegawai rental fotocopy berkah jaya.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N. and Ribek, P. K. (2022) ‘Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali’, Jurnal Emas, 3(3), pp. 217–230.
Arief Budiyanto (2018) ‘Brand Image Terhadap Tingkat Kepuasan’, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(3), pp. 71–80.
Budiyanto, E. (2018) ‘Pengaruh Persepsi Harga, Diskon Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Supermaket Rungkut Surabaya’, Ekonomi, 03(01), pp. 36–46.
Faradannisa, M. and Supriyanto, A. (2022) ‘Kepuasan Pelanggan Ditinjau dari Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Etika Bisnis Islam’, Tawazun: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), pp. 76–94.
Firdaus, M. F. (no date) ‘Terhadap Kepuasan Konsumern E-Commerce Shopee’, 27(2), pp. 216–230.
Hermanto, H. et al. (2019) ‘Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat’, Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), p. 171. doi: 10.33087/ekonomis.v3i2.78.
Lubis, R., Nawawi, M. K. and Hakiem, H. (2021) ‘Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli pada Wirausaha Muslim’, El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), pp. 246–255. doi: 10.47467/elmal.v4i2.622.
Nastiti, A. and Astuti, S. R. T. (2019) ‘Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan Taksi New Atlas di Kota Semarang’, Diponegoro Journal of Management, 8(1), pp. 126–136.
Ningtiyas, T. S. (2020) ‘Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman Barang’, IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 2(1), pp. 46–53. doi: 10.51804/iej.v2i1.551.
Nur Anim Jauhariyah1 (2016) ‘Analisis Potret Pertumbuhan Kunjungan Wisatawan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Banyuwangi’, Prosiding Seminar Nasional, 01(1), pp. 1–23.
Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. T. and Jorie, R. J. (2022) ‘Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba Di Kota Lawang’, Emba, 10(1), pp. 68–77.
Putra, R. (2021) ‘Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran)’, Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), pp. 516–524. doi: 10.31933/jemsi.v2i4.461.
Ramadhanti, N. A. and Sulistiono, S. (2022) ‘Peran Kepuasan Konsumen Sebagai Mediator Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen’, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1), pp. 129–140. doi: 10.37641/jimkes.v10i1.1275.
Shihab, M. S. and Cahya, N. (2018) ‘Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Asus Studi Kasus di PT. Datascrip’, Jemi, 1(01), pp. 34–46.
Wisudaningsi, B. A., Arofah, I. and Belang, K. A. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda’, Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 1(1), pp. 103–116. doi: 10.32493/sm.v1i1.2377.
Yamin, R. (2009) ‘Persepsi nilai, persepsi kualitas, dan citra terhadap kepuasan konsumen pada PT Astra International Daihatsu di manado’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(3), pp. 556–581. Available at: http://www.mdpi.com/1996-1073/2/3/556/.
DOI: https://doi.org/10.31764/jseit.v3i2.28278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhamad Syarif, Mukmin Mukmin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism
http://journal.ummat.ac.id/index.php/jseit
Email: [email protected] || WA: +62 819-0691-8915
Universitas Muhammadiyah Mataram
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115, Indonesia.