Keterampilan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Radec di Sekolah Dasar : Systematic Literature Review
Abstract
Abstract: The RADEC learning model is an alternative model that can be used by teachers in improving critical thinking skills. The RADEC learning model has the same syntax as the model name: Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC). In this study, the researcher aimed to describe critical thinking skills in science learning using the RADEC learning model in elementary schools. This research method is using a systematic literature review method. In the research, the researcher carried out several stages, namely the identification stage, the selection stage, the verification stage, and then,e combination stage and included. The results showed that the articles obtained by the researchers were 10 articles that matched the research theme. The articles selected and deemed relevant to this research consist of articles published in 2020 which amounted to two articles, in 2021 which amounted to 3 articles and in 2022 which amounted to five articles. Critical thinking skills in science learning can be Created through the stages of RADEC learning. These stages are the Read, Answer, Discuss, Explain and Create stages. The researcher divides the Discussion based on the themes. The themes are (1) RADEC the learning model, (2) RADEC the learning model in science lelearningnd (3) RADEC learning model in improving critical thinking skills.
Abstrak: Model pembelajaran RADEC merupakan salah satu alternatif model yang dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis. Model pembelajaran RADEC memiliki sintaks yang sama dengan nama model yaitu Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC). Pada penelitian ini, peneliti memiliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai keterampilan berfikir kritis pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran RADEC di sekolah dasar. Metode penelitian ini yaitu menggunakan Metode Systematic literature review. Pada penelitian peneliti melakukan beberapa tahapan yaitu tahap identifikasi, tahap seleksi, tahap verifikasi dan tahap kombinasi serta menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa artikel yang diperoleh oleh peneliti adalah 10 artikel yang sesuai dengan tema penelitian. Artikel yang dipilih dan dianggap relevan dengan penelitian ini terdiri dari artikel yang terbit pada tahun 2020 yang berjumlah 2 artikel, tahun 2021 yang berjumlah 3 artikel dan tahun 2022 yang berjumlah 5 artikel. Keterampilan berfikir kritis pada pembelajaran IPA dapat tercipta melalui tahapan-tahapan pembelajaran RADEC. Tahapan tersebut yaitu tahap Read, Answer, Discuss, Explain dan Create. Peneliti membagi pembahasan berdasarkan tema-tema. Tema-tema tersebut yaitu (1) Model pembelajaran RADEC, (2) Model Pembelajaran RADEC dalam pembelajaran IPA, (3) model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyati, A. D., Risalah, D., & ... (2021). Penalaran Spasial Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Hulu Gurung. Justek: Jurnal Sains Dan …, 4(2), 40–47.
Doang, W., Gunayasa, I. B. K., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Budaya Membaca dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SDN 3 Lenek Daya Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 579–584. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.538
Hana Lestari, I. R. (2022). Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan Dimensi Pelestarian Lingkungan Melalui Model Pembelajaran RADEC Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Islam Modern, 3.
Ilham S, M., Kune, S., & Rukli, R. (2020). The Effect of Radec’s Learning Model Assisted by Zoom Application on Science Critical Thinking Ability during Covid-19 Pandemic Era. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 174–183. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.29262
Jaenudin, I., Syaodih, E., Sopandi, W., & ... (2022). Profile of Scientific Attitude of Elementary School Students in RADEC Model Science Learning with the Water Theme. ICEE-4 “The Direction of Elementary Education in the Future Challenge,” 336–345.
Lestari, I. D. (2022). Efektivitas Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Model RADEC Pada Subtema “Manfaat Energi” Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 71–76.
Listiani. (2022). Analisis Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Ipa Di Smp. Universitas Jambi.
Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2020). The influence of Reading, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) learning model on the concept mastery of elementary school students on the water cycle topic. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042113
Setiawan, T. Y. (2022). Kajian Pendidikan Pedagogik Guru Sekolah Dasar tentang Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4839–4846. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2888
Setiawan, T. Y., Frimals, A., Vandera, D., & Ningrum, D. M. (2022). Factors Affecting Student’s Interest in Learning in Online Learning in Elementary School. IJECA, 5(2), 164–168.
Sopandi, W. (2021). Model Pembelajaran RADEC : Teori dan Implementasi di Sekolah (B. Maftuh (ed.)). Universitas Pendidikan Indonesia Press.
Sri Wahyuni, Khaerudin, A. H. (2022). Perbandingan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Radec Dan Discovery Learning Siswa Kelas V Upt Spf Sdn Parang Comparison Of Science Process Skills And Science Learning Outcomes Through The Radec Learning Model And D. Jurnal EduTech, 8(2), 146–155.
Sukmawati, D., Sopandi, W., Sujana, A., & Muharam, A. (2021). Kemunculan Aspek Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran RADEC dengan Menggunakan WhatsApp pada Materi Siklus Air. Jurnal Basicedu, 5(2), 1787–1798.
Suryana, S. I., Sopandi, W., Sujana, A., & Pramswari, L. P. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran RADEC. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 225–232. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.1066
Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 21(2000), 223–231.
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawa Pendas, 8(1), 47–56.
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: