Media Development of Animated Learning Videos Pure Substance and Mixture Substance in 5th Grade Elementary School

Bunga Ayu Dibtasari, Esti Untari, Sutansi Sutansi

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to produce an animated video media of learning pure substances and mixture substances of class V at SDN Pesantren 2 Kota Kediri. The model used in this study is a 4D Thiagarajan model consisting of four stages of research, namely define, design, development, and dissemination. Material expert validation results obtained a percentage of 100%, media experts obtained a percentage of 95.83%, users (teachers) obtained a percentage of 93.75%. Meanwhile, the results of product attractiveness trials in grade V students of SDN Pesantren 2 Kota Kediri, namely small-scale trials of 97.05%, and large-scale trials of 93.88%. It can be concluded that the learning animation video media has been interesting and worthy to be used as a learning medium in the process of teaching and learning activities.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini, yaitu menghasilkan media video animasi pembelajaran zat tunggal dan zat campuran kelas V di SDN Pesantren 2 Kota Kediri. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan penelitian, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 100%, ahli media diperoleh persentase 95,83%, pengguna (guru) diperoleh persentase 93,75%. Sedangkan hasil uji coba kemenarikan produk pada siswa kelas V SDN Pesantren 2 Kota Kediri, yaitu uji coba skala kecil 97,05%, dan uji coba skala besar 93,88%. Dapat disimpulkan media video animasi pembelajaran  sudah menarik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Keywords


Learning Media; Animated Videos; Pure Subtance; Mixture Subtance

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Detagory, Weldy Nugroho. 2017. “Peran Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SD.” Prosiding TEP & PDs 6(46): 926‾933.

Efendi, Yudha Aldila., Eka Pramono Adi, dan Sulthoni. 2020. “Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang.” JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 6(2), 97‾102.

Fuadi, Husnul, Annisa Zikri Robbia, Jamaluddin, and Abdul Wahab Jufri. 2020. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108‾116.

Kemendikbud. 2018. Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khaeruddin dan Eko Hadi Sujiono. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar.

Kustandi dan Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran; Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mursalim, Muh Ainun Amri, Dedy Atmajaya, and Erick Irawadi Alwi. 2021. “Pengembangan Alat Bantu Timelapse Photography Berbasis Arduino.” Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam 2(1): 17–20.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Santoso, Koko Setiadi. 2016. “Pengembangan Multimedia Interaktif Perubahan Dan Pelestarian Lingkungan Berbasis Pendekatan Ilmiah Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawang.” Skripsi Jurusan Biologi Fakultas MIPA UM.

Stockwel, Brent R, Melissa S. Stockwell, Michael Cennamo, and Elise Jiang. 2015. “Blended Learning Improves Science Education.” Cell 162(5): 933‾936.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suprihatin, Yeni, and Etika Lisyana Dewi. 2018. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFESKILL SEJAK DINI DALAM PEMBELAJARAN ENTERPRENEURSHIP (Studi Pada SMP Cahaya Bangsa School Metro).” Elementary 4: 85–96.

Susilana, Rudi, and Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Untari, Esti. 2017. “Problematika Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Di Kota Blitar.” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 3(1): 259‾270.

Wiwin, Mardonius Muliadi, Basuki Hardigaluh, and Wolly Candramila. 2019. “Kelayakan Film Dokumenter Dalam Submateri Pencemaran Air Kelas X SMA.” JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(10): 1–8.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PRENADAMEDIA GRUP.




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: