Penentuan Dosen Favorit Berdasarkan Umpan Balik Mahasiswa Menggunakan Simple Additive Weighting

Daz Vholasky Anggraini, Ahmad Jurnaidi Wahidin, Miftah Faroq Santoso, Yusuf Unggul Budiman

Abstract


Abstract: This research aims to develop a decision support system for evaluating and selecting favorite lecturers based on student feedback using the Simple Additive Weighting (SAW) method. With this method, lecturer assessment is conducted holistically through four main criteria: pedagogical aspect, professionalism, personality, and social interaction. Data were collected through Likert-scale questionnaires distributed to students. The questionnaire results were processed to obtain the average score for each criterion, then normalized and calculated for total scores using predetermined weights for each criterion. The calculation results show that the lecturer with the code A6 has the highest preference score of 0.976, making them the students' favorite lecturer. These findings indicate that the use of the SAW method is effective in increasing objectivity and efficiency in lecturer performance evaluation and providing valuable feedback for professional development. This research significantly contributes to higher education management and the use of information technology to enhance the quality of learning.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pendukung keputusan dalam menilai dan memilih dosen favorit berdasarkan umpan balik mahasiswa menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Dengan metode penelitian ini, penilaian dosen dilakukan secara holistik melalui empat kriteria utama: aspek pedagogik, profesionalisme, kepribadian, dan interaksi sosial. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert yang disebarkan kepada mahasiswa. Hasil kuesioner diolah untuk mendapatkan nilai rata-rata setiap kriteria, kemudian dinormalisasi dan dihitung nilai totalnya menggunakan bobot yang telah ditentukan untuk masing-masing kriteria. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa dosen dengan kode alternatif A6 memiliki nilai preferensi tertinggi sebesar 0,976, menjadikannya dosen favorit pilihan mahasiswa. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode SAW efektif dalam meningkatkan objektivitas dan efisiensi dalam evaluasi kinerja dosen, serta memberikan umpan balik berharga untuk pengembangan profesional dosen. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam manajemen pendidikan tinggi dan penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.


Keywords


Decision Support System; Simple Additive Weighting; Lecturer Evaluation; Student Feedback

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Y. N., & Wahidin, A. J. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Optik Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting. Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, Dan Sosial, 10(1), 77–87.

Aprilian, L. V, & Saputra, M. H. K. (2020). Belajar cepat metode SAW. Kreatif.

As’ad, I., Yahya, S. R., Efendi, Y., Efriyanti, L., Oktavera, R., Sena, B., Rakhman, A., Umar, N., Puspitorini, P. S., Adriyendi, Wahidin, A. J., & Muttaqin, M. Z. (2023). Buku sistem pendukung keputusan (SPK) [sumber elektronis]. Nuta Media.

Fernandez, S., Prihantoro, C., & Hidayah, A. K. (2021). Implementasi Weighted Product Pada Pemilihan Dosen Terbaik di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pseudocode, 8(2), 126–133.

Gemawaty, C. A., & Yuliani, Y. (2023). Pemilihan Dosen Terbaik dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 7(3), 711–717.

Gultom, F., & Hernawaty, H. (2022). Peran Dosen dalam Implementasi Kampus Merdeka. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(4), 217–225.

Hamzah, E. I. (2023). Peran Dosen Muda Dalam Membentuk Karakter Sosial Mahasiswa Di UIN Datokarama Palu. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 4(1), 33–46.

Haqi, B. (2019). Aplikasi SPK Pemilihan Dosen Terbaik Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dengan Java. Deepublish.

Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Ilmu pendidikan: konsep, teori dan aplikasinya.

Lisdiyanto, A. (2023). Sistem Penilaian Kinerja Tridharma Dosen Menggunakan SAW. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(1), 69–72.

Maharani, O., & Rindaningsih, I. (2023). Penilaian Kinerja Sebagai Penentu Prestasi Dan Kinerja Tenaga Kependidikan: Literature Review. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(1), 159–170.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.

Pertiwi, T. P., Pangestuti, D. D., Febrian, W. D., Nove, A. H., Megavitry, R., & Imanirubiarko, S. (2024). Strategi Pengembangan Kompetensi Dosen Untuk Menanggapi Tantangan Pendidikan Abad Ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2586–2596.

Ramadhani, R., & Siregar, R. F. (2023). Analisis Peran Dosen Pembimbing Lapangan Dan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 Di SD Negeri 101805 Batu Rejo. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 4(1), 36–47.

Setyani, I. A., & Sipayung, Y. R. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Siswa Berprestasi dengan Metode SAW (Simple Addtive Weighting). Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 4(4), 632–641.

WartaGuru. (2023). Kompetensi Guru : Pedagogik, Profesional, Kepribadian, dan Sosial. Wartaguru.Id. https://wartaguru.id/kompetensi-guru-pedagogik-profesional-kepribadian-dan-sosial/#:~:text=Artikel ini akan membahas empat aspek kunci yang,pendidik yang mampu memimpin dan menginspirasi siswa mereka.

Wulandari, F. T., Triayudi, A., Mesran, M., & Sussolaikah, K. (2024). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode (COPRAS). Journal of Information System Research (JOSH), 5(2), 592–602.




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v7i2.23552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: