Literatur Review: Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Abad 21

Rika Lutfiana Sari, Natalia DM Silitonga, Ester Herwina Br Kaban, Jodion Siburian, Ali Sadikin, Fitri Astriawati

Abstract


Abstract:  The purpose of this study is to assess the effectiveness of differentiated learning on the learning outcomes of 21st century students through a literature review. This study uses a literature method from journals that have the subject of differentiated learning. The results of the literature show that differentiated learning can improve various aspects of student learning outcomes such as critical thinking skills, creativity, cognitive learning outcomes, learning motivation, and problem solving. It is concluded that the application of this learning has a positive impact on improving student learning outcomes in the 21st century.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk menilai efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa abad ke-21 melalui tinjauan literatur. Penelitian ini menggunakan metode literatur dari jurnal yang memiliki pokok bahasan pembelajaran berdifernsiasi. Hasil dari literatur menunjukkan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan berbagai aspek hasil belajar siswa seperti kemampuan berpikir kritis, kreatifitas, hasil belajar kognitif, motivasi belajar, dan problem solving. Disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran ini berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa di abad ke-21.   


Keywords


Abad 21, Berdiferensiasi, Efektivitas, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Adnin, I., Sapriya, Nuriyani, R., Ramadhan, A.R., Damayanti, S. dan Putra, A.N. (2023). Analisis Implikasi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran PKN. Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 304-314. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24310

Aribawati, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 70-75.

https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.407

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-9. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Arthur, F., & Akwetey, F. A. (2021). Cognitive Challenges to Effective Teaching and Learning: Perspectives of Senior High School Teachers. International Journal of Innovative ResearchandDevelopment, 10(6), 104-110. https://doi.org/10.24940/ijird/2021/v10/i6/may21053

Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020, October). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Ledu. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar, 1-9.

Avandra, R. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas Vl SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2944-2960. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.618

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi alam Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 118-126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Azzahra, T. S., Nindiasari, H., Aryoko, Z. F., Amaliyah, Z. N. A., Afifah, R. N., & Faizah, D. T. (2023). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Matematika. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 27-33. http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.13430

Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical Thinking Skill Development: Analysis Of A New Learning Management Model For Thai High Schools. Journal of International Studies, 11(2), 37-48. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2018/11-2/3

Dorisno, D., Ayunis, A., Efendi, R., & Zulfahmi. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(2), 163-174. https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i2.8307

Ermawati, Komarayanti., & Purwaningsih, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi dengan Model PBL Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas X.2 SMAN Rambipuji. Jurnal Biologi, 1(2), 1-1. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1957

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Gessler, M., & Siemer, C. (2020). Umbrella review: Methodological Review Of Reviews Published In Peer-Reviewed Journals With A Substantial Focus On Vocational Education And Training Research. In International Journal for Research in Vocational Education and Training (Vol. 7, Issue 1), 91-125. https://doi.org/10.13152/10.13152/IJRVET.7.1.5

Hariyanto, Priawasana, E., Halil, M., Ansori, M., Wahid, A. dan Suharto. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 81-102. http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v8i1.9067

Hasnawati, H., & Netti, N. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran PAI di SMAN 4 Wajo. Educandum, 8(2), 229-241.

Herwina Wiwin. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdifernsiasi. In Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Hidayat, S. T., Istyowati, A., & Pratiwi, H. Y. (2023). Penerapan Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan dan Pengelolaan Pendidikan, 3(9), 787-802.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5-11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Huda, D. N. (2015). Aplikasi Pembelajaran Persilangan Berdasarkan Hukum Mendel. Jurnal Bangkit Indonesia, 4(2), 45-45.

https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v4i2.56

Iksan, K.M., Alfiandra dan Murniati, S.R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa SMP, Jurnal Basicedu, 7(2), 1900-1910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5716

Khasanah, I., & Alfiandra, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas IX Di SMPN 33 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5324-5327. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11857

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Mubarok, H. (2023). Studi Literatur Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Pedagogi. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1(1), 01-07. https://doi.org/10.59435/jipnas.v1i1.45

Mujiyanto, M. (2022). Affective Learning Strategy and Lecturers’ Exemplary: Do They Affect in Shaping Scholars’ Character. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 887-896. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1345

Nasrulloh, S. Q., Prihantini, R., & Irianto, S. (2023). PBL Berdiferensiasi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Penyelesaian Masalah pada Pembelajaran Biologi. Khazanah Pendidikan, 17(2), 346-350. 10.30595/jkp.v17i2.17915

Ngaisah, N. C., M., & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1-25. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54

Puspaningtyas, N. D. (2019). Proses Berpikir Lateral Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 80-86

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Ramdhani, R.R., Sarifudin, D., & Darmawan, W. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Karya Ilmiah Guru. 9 (2) 1044-1049. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1017

Sabila, A.D.S., Prafitasari, A.N., & Somad, M.A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengn Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif di Kelas X.2 SMAN Umbulsari. Journal of Science Education, 3(1) 1-8. https://doi.org/10.18860/experiment.v3i1.23298

Safarati, N. dan Zuhra, F. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Menengah, Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 15-26.

Safitri, N.E., Putri, V.E., Akhmad, dan Rahmah, S. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Menguatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Kewarganegaraan Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 4, 153-159

Sa’ida, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 101-110. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9400

Saputri, D. A., Nuroso, H., & Sulianto, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 4083-4090. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3530

Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 6(2), 85-94.https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94

Siburian, J., Sinaga, E., & Murni, P. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Implementasi Flipped Classroom Pada Siswa SMA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 71-80.https://doi.org/10.20961/inkuiri.v12i1.68213

Sujarwanto, E. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penyelesaian Masalah Dalam Pembelajaran Fisika. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 1(1), 22-33.https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i1.806

Syarif, M. dan Nugraha, W. (2019). Metode Incremental dalam Membangun Aplikasi Identifikasi Gaya Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sistem Komputer Musiwaras, 4(1), 43-50. https://doi.org/10.32767/jusikom.v4i1.441

Tilamsari, B. Y., Komarayanti, S., & Purwaningsih, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Pbl untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X. 3 SMAN rambipuji. ScienceEdu, 6(1), 48-54. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40001

Tirtawati, N. L. R. (2024). Proses Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Journal of Education Action Research, 8(1), 52-62.

Wibowo, R.A.Y. dan Purnomo, Y.W. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Keatif Matematis Menggunakan Creative Problem Solving pada Siswa Kelas III, Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1738-1747

Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Vlla Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal fisika indonesia, 17(49), 32-35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Wulandari, D., Shandy Narmaditya, B., Hadi Utomo, S., & Hilmi Prayi, P. (2019). Teachers’ Perception on Classroom Action Research. KnE Social Sciences, 3(11), 313-320. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4015

Zaini, A., nisa Fithrah, A., Ananda, D., Saragih, M. P. D., Sahputra, D., & Daulay, A. A. (2023). Perkembangan Kognitif Spoiled-Teen dan Pengaruhnya terhadap Tatanan Masyarakat. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 12(1), 70-78.https://doi.org/10.15294/ijgc.v12i1.63193




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v7i3.24692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: