Implementasi Kriteria Watson Untuk Menganalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe High Order Thinking Skills
Abstract
Abstract: Critical thinking skills are one of the skills needed in learning, but in reality, Indonesian students' thinking skills are still quite low. Students' weak ability to develop their reasoning skills in solving problems in mathematics, especially HOTS questions, causes them to experience difficulties and make many mistakes when solving story-type questions. The purpose of this study is to describe the mistakes made by students in solving High Order Thinking Skills (HOTS) type mathematics problems based on Watson's criteria. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. The research instrument used in this study is an essay test consisting of 4 essay questions. Data analysis in this study included (1) Inaccurate data; (2) Inaccurate procedures; (3) Missing data; (4) Missing conclusions; (5) Conflicting response levels; (6) Indirect manipulation; (7) Skill hierarchy issues; (8) Errors other than the seven above. The research results indicate that the type of error most frequently committed by students based on Watson's criteria falls under the category of missing conclusions (omitted conclusion/oc) with an error rate of 100%. The type of error least frequently committed by students falls under the category of other errors (above other/ao) at 11.76%.
Abstrak: Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam pembelajaran, namun pada kenyataannyan kemampuan berpikir siswa Indonesia masih cukup rendah. Lemahnya kemampuan siswa dalam mengembangkan daya menalarnya pada penyelesaian masalah dalam pelajaran matematika terkhusus pada soal-soal HOTS menyebabkan siswa kesulitan serta banyak mengalami kesalahan saat menyelesaikan soal-soal bentuk cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe High Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan kriteria Watson. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay yang terdiri dari 4 soal essay. Analisis data dalam penelitian meliputi (1) Data tidak tepat; (2) Prosedur tidak tepat; (3) Data Hilang; (4) Kesimpulan hilang; (5) Konflik level respon; (6) Manipulasi tidak langsung; (7) Masalah hirarki keterampilan; (8) Kesalahan selain ketujuh diatas. Hasil penelitian dapat bahwa jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa berdasarkan kriteria watson terletak pada kategori kesimpulan hilang (ommited conclusion/oc) dengan persentasi kesalahan sebesar 100%. Kemudian jenis kesalahan yang paling sedikit dilakukan oleh siswa pada kategori kesalahan lainnya (above other/ao) 11.76%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, I., & Mursid, R. (2023). EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS). JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN. https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i1.46480
Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2020). Analysis of Science Teachers’ Understanding of High Order Thinking Skills (HOTS) and Their Implementation in Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.411
Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Edutcehnologia, 3(2), 136–144.
Cahyani, M. E., Sulangi, V. R., & Pulukadang, R. J. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Bitung. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(2), 77–84. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i2.1156
Fahrurrozi. (2020). Increasing the Students’ ability of High Order Thinking Skill (HOTS) by Implementing of blended learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012061
Hafiyusholeh, M., Lubab, A., Asyhar, A. H., Fanani, A., Farida, Y., Novitasari, D. C. R., Ulinnuha, N., Intan, P. K., Utami, W. D., Zuhri, Z., Arifin, A. Z., Yuliati, D., & Hamid, A. (2020). Pendampingan Guru Madrasah untuk Mewujudkan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika yang Berdaya Melalui Penguasaan Soal High Order Thinking Skills (HOTS). Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.97
Hussaleha, E. M., Jalal, A., Bakar, M. T., Program, M., Pendidikan, S., Program, D., Pendidikan, S., & Linear, P. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thingking Skills [Hots] Berdasarkan Kriteria Watson. SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 65–70. https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i2.3888
Isnaini, N. A., Rosyida, N. I., Wulandari, R., Tarsono, T., & Hasbiyallah, H. (2023). Dari Stimulus-Respon hingga Modifikasi Perilaku; Tinjauan Teori Behaviorisme John B. Watson dan Realisasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2442
Juliana, H. S., & Zanthy, L. S. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA MTS KELAS IX DI BANDUNG. 04(01), 183–191.
Kristanto, P. D., & Setiawan, P. G. F. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan Konteks Pedesaan. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 370–376.
Mafruhah, L., & Muchyidin, A. (2020). PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika , 15 ( 1 ), 2020 , 24-35 Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 24–35.
Mahendra, I. W. E., Parmithi, N. N., Hermawan, E., Juwana, D. P., & Gunartha, I. W. (2020). Teachers’ formative assessment: Accessing students’ high order thinking skills (HOTS). International Journal of Innovation, Creativity and Change.
Mahmudi, I., Naqiyah, N., & Setiyadi, A. C. (2024). The Influence Of High Order Thinking Skill (Hots) Based Questions On Arabic Language Learning Outcomes Of Madrasah Tsanawiyah Student. At-Ta’dib. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i2.10547
Mawaddah, M., Abdillah, A., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2022). IMPLEMENTATION OF NEWMAN METHOD FOR ANALYZING STUDENT ERRORS IN SOLVING HOTS TYPE MATH PROBLEMS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2383. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5085
Muliana, Y., Abdillah, Mahsup, Syaharuddin, Ahmodu, A.-L. O., & Iddrisu, M. M. (2023). Analysis of Students ’ Errors in Solving HOTS Problems on Algebraic Materials Based on the Complexity Level of the Problem Based on Bloom ’ s Theory. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(2), 306–317.
Noerhasmalina, N., Astuti, R., Nurmitasari, N., & Wijayanti, N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 57–63. https://doi.org/10.38114/riemann.v3i2.149
Novi Irwan, N. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ).
Othman, M. S. Bin, Hoshan, H., Yusof, A. B., Abdullah, Z., & Mohamed, A. T. (2023). The Concept of Malakah Ibn Khaldun in the Context of Teaching that Applies High Order Thinking Skills (HOTS). SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education). https://doi.org/10.21093/sy.v11i1.5937
Rahayu, S., Ladamay, I., Ulfatin, N., Kumala, F. N., & Watora, S. A. (2021). PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284
Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High Order Thinking Skills (HOTS) Students In Solving Group Problem Based Gender. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.4872
Saputri, A. E., & Hadi, W. (2021). PENGEMBANGAN E-BOOK BERMUATAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3578
Setiawan, Y. B., Hapizah, H., & Hiltrimartin, C. (2018). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade SMP konten aljabar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.18191
Siagian, Q. A., & Sagala, P. N. (2021). Development Of Test Instruments To Measure High Order Thinking Skill (Hots) Mathematics Of Students In MTs 2 State Of Medan City. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i2.222
Sofyan, F. A. (2019). IMPLEMENTASI HOTS PADA KURIKULUM 2013. INVENTA, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Susilowati, Y., & Sumaji, S. (2021). INTERSEKSI BERPIKIR KRITIS DENGAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2850
Tambunan, H., & Naibaho, T. (2019). Performance of mathematics teachers to build students’ high order thinking skills (HOTS). Journal of Education and Learning (EduLearn). https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i1.11218
Triyani, E., Sukirwan, S., & Yuhana, Y. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kriteria Watson. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 51. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8231
UTOMO, D. K. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI LISTRIK DINAMIS. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah. https://doi.org/10.51878/secondary.v3i2.2205
Viani, C. F., Setyowati, R. D., & Zuhri, M. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Kriteria Watson dalam Menyelesaikan Soal Metematika Bertipe High Order Thinking Skills (HOTS) Ditinjau dari Gaya Belajar. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 372–381. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6115
Wardani, N., & Firmansyah, D. (2020). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan menggunakan Kriteria Watson. Prosiding Sesiomadika.
Widhiyani, I. A. N. T., Sukajaya, I. N., & Suweken, G. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2854
Zulfarina*, Z., Agustin, M. W., Nursal, N., & Yustina, Y. (2022). Motion Graphic: Design for Biology Learning Coordination System to Improve High Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i1.23340
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v8i3.27691
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: