PENGARUH BUDAYA LITERASI MELALUI MEDIA POJOK BACA TERHADAP MINAT BACA SISWA SDN 2 PADAMARA KECAMATAN SUKAMULIA KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Abstract
Pelatihan penyusunan perangkat kurikulum merdeka berdasarkan pada permasalahan yang dihadapi komunitas guru SDN 1 SEPAPAN yakni belum menguasai konsep implementasi kurikulum merdeka secara menyeluruh. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan pelatihan penyusunan perangkat ajar yang bertujuan meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam Menyusun dan mengimpelementasikan kurikulum merdeka. Pelatihan tersebut diikuti oleh beberapa orang guru dari beberapa sekolah imbas. Pelaksanaan pelatihan ini meliputi beberapa kegiatan 1) penjelasan konsep kurikulum merdeka meliputi Capaian pembelajaran (CP), tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur tujuan pembelajaran (ATP) 2) pelatihan penyusunan modul ajar. Hasil dari pelatihan yakni penguasaan dan peningkatan pengetahuan tentang implementasi kurikulum merdeka serta keterampilan dalam menyusun perangkat pembelajaran.
Keyword: budaya literasi, pojok baca, minat baca.
Full Text:
PDFReferences
Kurniawan. (2019). Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi Di Kelas IV Sekolah Dasar.
Lita Kusuma Astuti & Sholehuddin. (n.d.). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V Di Sds Bhakti Luhur.
Nuraini,Z.,Amaliyah,N.,Muhammadiyah,U.,&Hamka,I.(2024).PeranPojokBacadalam MeningkatkanMinatBacaSiswaKelas VSekolahDasar.https://jurnaldidaktika.org
Panggalo.(2022).AnalisisPengaruhPeranOrangTua,PeranGuruDanFasilitasPerpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa SMP Di Kota Timika.
Sugiyono.(2021).MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdanR&D.
Tsani Shofiah Nurazizah & Yona Wahyuningsih. (2023). Peningkatan Budaya Literasi melalui Program Pojok Baca Siswa Sekolah Dasar.
Zulfitria.,Z.Arif.,&R.S.(2020).PenerapanGerakanLiterasiPojokBacaUntukMenumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas 1 SDI Permata Nusantara Pada kegiatan Kampus Merdeka. volume 18, No. 2.
DOI: https://doi.org/10.31764/kjpm.v2i1.28625
Refbacks
- There are currently no refbacks.