PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA BERBASIS HOME MATERIAL MATERI SUHU DAN KALOR

Fitriah Fitriah, Linda Sekar Utami, Johri Sabaryati, M. Isnaini

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat peraga pembelajaran berbasis home materials pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development  yang dikembangkan Sugiyono dengan langkah–langkah : (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Uji Coba Pemakaian, (6) Revisi Produk, (7) Uji Coba Produk, (8) Revisi Desain, (9) Revisi Produk, (10) Produksi massal. Alat peraga yang dikembangkan akan melalui tahap validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, guru pengajar, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, angket dan tes uraian. Untuk mengetahui alat peraga dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VII diuji keefektifannya menggunakan uji Gain Skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas siswa hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan alat peraga yaitu sebesar 46 dan setelah menggunakan alat peraga nilai rata-rata siswa menjadi 86 dan besar nilai n-gain diperoleh 0,74. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alat peraga pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VII F SMPN 19 Mataram.

 

Kata kunci : pengembangan alat peraga fisika; materi suhu dan kalor.

 

ABSTRACT

This study aims to develop teaching aids based on home materials on temperature and heat to improve the learning creativity of grade VII students. The method used in this research is the research and development method developed by Sugiyono with the following steps: (1) Potential and Problems, (2) Data Collection, (3) Product Design, (4) Design Validation, (5) Usage Trial , (6) Product Revision, (7) Product Trial, (8) Design Revision, (9) Product Revision, (10) Mass production. The teaching aids developed will go through a validation stage carried out by material experts, media experts, teaching teachers, and students. The data were collected by means of observation, documentation, questionnaires and test descriptions. To find out that the props can improve the learning creativity of class VII students, their effectiveness is tested using the Gain Score test. The results showed that learning aids could increase students 'creativity. This was indicated by the mean score of students before using props which was 46 and after using props the students' average score was 86 and the n-gain value was 0.74. Based on the results of this study it can be concluded that the teaching aids can increase the learning creativity of class VII F students of SMPN 19 Mataram.

 

Keywords : physics teaching aids development; temperature and heat material.


Keywords


physics teaching aids development; temperature and heat material.

Full Text:

PDF

References


Alfad, Haritsah. (2010). Pengembangan Lembar Kerja Siswa. (Online), (http://haritsah.ifastnet.com/home/38/50-lks.html, diakses 19 Februari 2017).

Ali,Muhammadi, (2013). Pendidikan Kependidikan Prosedur & Strategi.Bandung : CV. Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

________. (2015). Dasar-Dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar, Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran.Bandung :Satu Nusa.

Dewi, Siska. (2011).Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Berbasis Teknologi murah Materi radiasi Kalor Dan Tekanan Hidrostatik : Lampung.

Diatri, Irina Fatin. (2014). Pengembangan Alat peraga IPA Berbasis Teknologi Murah Materi Tekanan Di SMP.Bandar lampung

Jamzuri. (2007). Desain dan Pembuatan Alat Peraga IPA. Jakarta: Universitas Terbuka

Musfiqon, HM. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran.Jakarta: PT Prestasi Pustaka Publisher

Purwanto. (2002). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Richey, Rita C. & Klein. (2007). Design and Development Research. London: Lawrence Erlbaum Associates. Inc.

Riyana, Cepi. (2008). KonsepdanAplikasi Media Pembelajaran. Jakarta: Mercubuana

Sadiman, A.S., Raharjo, Dan Lain-Lain. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: Pustekom dan PT Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Santyasa, I Wayan. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Yogyakarta: Undiksha

Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Dan Pengembangan (research and Development/R&D. Bandung : Alfabeta

Supritpria, (2014). Percobaan Fisika Asyik: Termometer sederhana : Yogyakarta

Suyanto, Eko. (2009). Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandar lampung.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar lampung: Unila, diakses 17 Februari 2017

Triyanto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka

Uno, Hamzah B. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.4041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: