EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
ABSTRAK
Berpikir kritis menjadi hal yang diperlukan pada suatu pembelajaran, namun pada keadaan sebenarnya tidak semua sekolah menerapkan kebiasaan berpikir kritis. Seperti pembelajaran daring yang terjadi di masa pandemi Covid 19. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa diperlukan adanya pengembangan pada perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengembangan perangkat pembelajaran model PBL berbantuan simulasi PhET pada materi Termodinamika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu RPP, LKS, dan Soal dengan kemampuan berpikir kritis. Penelitian pengembangan yang memakai model ADDIE ini terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajran model PBL berbantuan simulasi PhET pada materi Termodinamika efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan N-gain score sebesar 55,69% dengan kriteria sedang.
Kata kunci: Efektivitas; Perangkat Pembelajaran; Problem Based Learning; PhET; Berpikir Kritis.
ABSTRACT
Critical thinking is a necessary thing in learning, but in reality not all schools apply the habit of critical thinking. Such as online learning that occurred during the Covid 19 pandemic. To improve students' critical thinking skills, it is necessary to develop learning tools. The purpose of this research was to determine the effectiveness of developing PBL model learning tools assisted by PhET simulation on Thermodynamics material to improve students' critical thinking skills. The learning tools developed are lesson plans, worksheets, and questions with critical thinking skills. The development research using the ADDIE model consists of five stages, namely Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate. The results showed that the development of PBL model learning tools assisted by PhET simulation on Thermodynamics material was effective in improving students' critical thinking skills. This is indicated by the N-gain score of 55.69% with moderate criteria.
Keywords: Effectiveness; Learning Tools; Problem Based Learning; PhET; Critical Thinking
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa Islamic Education Journal. 3(1):35 – 43..
Farisi, A., Abdul, H., dan Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2(3): 283 -287.
Gunada, I. W., H. Sahidu, dan Sutrio. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahsaiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknlogi. 1(1): 38 – 46.
Gusniar dan R. Juliani. (2019). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media PhET di SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Malang. 5(1):10 – 15.
Intandari, R., S. Astutik., dan Maryani. (2018). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(4): 349 -355.
Jamuri, Kosim, dan A. Doyan. (2015). Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif STAD Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA). 1(01): 123 – 134.
Krisdiana, A., dan Z. A. I. Supardi. (2015). Penerapan Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Fluida Dinamik deengan Media PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sooko. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 04(02): 133 – 140.
Kurniawan, T., J. Rokhmat., J. Ardhuha. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasais Masalah Berbantuan Komik Fisika Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Labuapi Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(02): 123 -128.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. 2(01):67 – 76.
Nafiah, Y. N dan W. Suyanto. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4 (1):125-143
Nuryanto, A. P. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi dan Minat Belajar Peserta Didik SMA. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Yogyakarta.
Pane, A., dan M. D. Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu – Ilmu Keislaman. 03 (02): 333 – 352.
Samudra, G. B., I. W. Suastra, dan K. Suma. (2014). Permasalahan – Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4(01).
Setyorini, U., S. E. Sukiswo, dan B. Subali. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.7 :52 – 56.
Simanjuntak, M.P. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Pemecahan Masalah Berbasis Video. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(2): 55 – 60.
Sit, M. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.
Sudarmo, N. A., A. D. Lesmono, dan A. Harijanto. (2018). Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMA Pada Konsep Termodinamika. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(02):196 – 201.
Sulardi, M. Nur, dan W. Widodo. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.5(1): 802 – 810.
Sumargo, E., dan L. Yuanita. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virtual (PhET) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemical Education. 3(1): 119 – 133.
Susanto, I. (2019). Pengaruh Model PBL Berbantuan PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke Siswa Kelas XI Semester I SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P. 2019/2020. Jurnal Penelitian Fisikawan. 2(2): 1 – 7.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.6041
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: