PENANAMAN MORAL PADA ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN MELALUI PEMBINAAN KEAGAMAAN (STUDI DESKRIPTIF DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II LOMBOK TENGAH)

Hendri Riyan Kaswara, Rispawati Rispawati, Basariah Basariah, Muh. Zubair

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penanaman moral pada anak didik pemasyarakatan melalui pembinaan keagamaan dan faktor pendorong dan penghambat dalam penanaman moral pada anak didik pemasyarakatan di LPKA Kelas II Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek dan informan dalam penelitian ini berdasarkan kriteria-kriteria. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang telah dianalisis diuji kembali melalui triangulasi sumber dan waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penanaman moral pada anak didik pemasyarakatan melalui pembinaan keagamaan di LPKA Kelas II Lombok Tengah meliputi kegiatan solat berjamaah, mengaji, dan tausiyah. Faktor pendorong dalam penanaman moral pada anak didik pemasyarakatan meliputi petugas, sarana dan prasarana, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan pemerintah. Faktor penghambat meliputi perilaku anak didik pemasyarakatan, kurangnya pengetahuan agama, dan lingkungan keluarga.

Abstract:  This study aims to describe the strategy of moral cultivation in fostered students through religious guidance and to describe the supporting and inhibiting factors in cultivating moral of fostered students at LPKA Class II Central Lombok. This research is a qualitative descriptive study. The subject and the informer of the study were selected according to some criteria. The data that has been collected is analyzed through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The analyzed data was retested through triangulation of source and time. The results of this study showed that the strategy of moral cultivation of fostered students in LPKA Class II Central Lombok using religious guidance includes congregational prayer, reciting Qur’an, and tausiyah. The supporting factors in moral cultivation of fostered students include officers, facilities and infrastructure, family environment, school environment, and government environment. Meanwhile, the Inhibiting factors include the behavior of fostered students, lack of religious knowledge, and family environment.


Keywords


Penanaman Moral; Pembinaan Keagamaan; Anak Didik Pemasyarakatan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2011). Fungsi Wirid dan Hizib Dalam Sastra Lisan Pesantren (Studi Kasus Wirid Asma’ul Husna dan Hizib Lathif di Brangsong Kendal). Jurnal Metasastra, 38–44.

Firdaus. (2017). Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah. Jurnal Al - Dzikra, XI, 84.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter dan Konsep Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hudiarini, S. (2017). Penyertaan Etika Bagi Masyarakat Akademik di Kalangan Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1–13.

Jalaludin. (2012). Pisikologi Agama. jakarta: PT Raja Grafindo Perseda.

Iskarim, M. (2016). Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa). Jurnal Edukasia Islamika, 1–20.

Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M. 02-Pk.04.10 tahun 1990 tentang pola pembinaan narapidana

Kusumawardani, B. L. A. (2020). Pelaksanaan Pembinaan Kepribadian Pada Anak Didik Pemasyarakatan ( Studi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Lombok Tengah). Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 163–172.

Laka, L., & Reresi, M. (2021). Penanaman Nilai-nilai Moral pada Pemuda melalui Kegiatan Karang Taruna. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila 32–38.

Lickona, Thomas. (2013). Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Lestari, Sri. (2012). Piskologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana

Mulyadi. (2016). Agama Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1.

Maryam, M. & Riadi, A. (2021). Pelaksanaan Pembinaan Keagamaan di lembaga Pembinaan Khsus Anak Kelas II Samarinda. Jurnal Fikruna. 55-57.

M.Akmansyah. (2015).Alqur'an dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam. Vol 8.

Noviansah, A., & Maemunah. (2020). Jurnal Pendidikan Moral Pada Lingkungan Keluarga Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Masa Mendatang. 33–48.

Nurfirdaus, N., & Risnawati. (2019). Studi tentang pembentukan kebiasaan dan perilaku sosial siswa (studi kasus di SDN 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 36–46.

Nata, Abudin. (2010). Ilmu Pengetahuan Islam.Jakarta: Kencana

Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan.

Prinst, D. (1997). Hukum Anak Indonesia. Citra Aditiya Bakti.

Salsabila, U. H., Jaisyurohman, R. A., Wardani, M. T., Yuniarto, A. A., & Yanti, N. B. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Pribadi Akhlakul Karimah. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 370–385.

Tap MPR/II/1988 Tentang Garis Besar Haluan Negara

Siti Naila Fauzia. (2015). Perilaku Keagamaan Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 303–318.

Subhan, Rahmawati, Mulia. (2020). Pembinaan Keagamaan Pada Narapidana Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandar lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Lampung.

Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosadakarya

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Setya Wahyudi. (2011). Implementasi Ide Diversi dalam Pembinaan Sistem Peradilan Pidana Anak Indonesia. Genta Publishing.

Sutiyono. (2013). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah: Sebuah Fenomena dan Realitas. Jurnal Pendidikan Karakter. No. 3.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak

UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Zakiah, Dradjat. (2012). Ilmu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hendri Riyan Kaswara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: