BOARDING SCHOOL DEVELOPMENT SYSTEM ON STUDENT CHARACTER AT RAHMATAN LIL ALAMIN VOCATIONAL SCHOOL IN ALAS WEST DISTRICT, SUMBAWA DISTRICT
Abstract
Abstrak: Penelitian mengenai sistem Boarding School untuk pengembangan karakter siswa di SMK Rahmatan Lil’Alamin. Dengan menggunakan metode ini, guru dan murid / siswa bertempat tinggal bersama-sama selama 24 Jam, dengan tujuan untuk mengembangkan karakter siswa selama berada dalam satu tempat bersam guru. Menggunakan sistem Boarding ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaanya serta unuk mengetahui perubahan prilaku peserta didik dengan menggunakan sistem Boarding School. Metode yang gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitaif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara atau Interview serta Dokumentasi. Untuk memperoleh dari hasil wawancara diperlukan analisis data secara kualitatif terdiri dari yakni Reduksi Data, Penyajian Data serta Verifikasi atau kesimpulan. Adapun subyek penelitiannya adalah siswa SMK Rahmatan Lil’Alamin Alas Barat Kabupaten Sumbawa semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Pengembnagan karakter siswa terlihat setelah dilakukanuya sistem Boarding ini dengan adanya rasa tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan oleh guru, rasa saling membantu, saling menghargai dan terlebih adanya kebersamaan dalam setiap kegiatan seperti sholat berjamaah tepat waktu, sholat dhuha sebelum melakukan rutinitas serta adanya rasa nasionalisme
Abstract: Research on the Boarding School system for developing student character at Rahmatan Lil'Alamin Vocational School. By using this method, teachers and students live together for 24 hours, with the aim of developing student character while in the same place with the teacher. Using this Boarding system to find out how it is implemented and to find out changes in student behavior using the Boarding School system. The method used in this study is a qualitative method, while the data collection technique used is observation, interview or interview and documentation. To obtain the results of the interviews, it is necessary to analyze the data qualitatively, consisting of data reduction, data presentation and verification or conclusions. The research subjects were students of SMK Rahmatan Lil'Alamin Alas Barat, Sumbawa Regency, odd semester of the 2022/2023 academic year. The development of student character can be seen after carrying out this boarding system with a sense of student responsibility for the tasks given by the teacher, a sense of mutual assistance, mutual respect and especially the presence of togetherness in every activity such as congregational prayers on time, dhuha prayers before carrying out routines and a sense of nationalism
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriyanto, A., Pramita, D., Abdillah, A., Syaharuddin, S., Mahsup, M., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 01. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3535
Fitri, H., Maulidasari, I., & Rinzani, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Fitriani, E., & Mahsup, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541
Hamriana, H. A. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095
Herianto, A., Nurjannah, N., Mahsup, M., Muhardini, S., Ibrahim, I., & Fitriani, E. (2021). Efforts to Improve Activeness and Learning Outcomes of Integrated Social Sciences Through Time Token Type Cooperative Learning Model. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 719. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.2626
Kesuma, Dharma, dkk. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2011
Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055
Mahsup, M., & Anwar, Y. S. (2018). Pengaruh Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.584
Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673
Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612
Ngatiman, N., & Ibrahim, R. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2), 213–228. https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.949
Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.
Ronald Tambunan, J. (2021). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. JURNAL WIDYA, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.54593/awl.v1i2.3
Rianawati, Peran Ibu dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Pandangan Islam, Pusat Studi Gender dan Anak, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 264–271.
Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510
Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27
Satori, D., & Komariah, A. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta, 22.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Siswanto, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Religius, Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan
Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta,2015
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i2.13477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sintayana Muhardini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: