DESAIN KELAS MOOCs DIGITAL ASESMEN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI ERA DIGITAL

Zakirman Zakirman, Dodi Sukmayadi, Rika Aprianti, Widiasih Widiasih, Khoirotun Nadiyyah

Abstract


Abstrak: Covid-19 telah memberikan dampak perubahan dalam berbagai sektor, salah satunya dalam bidang Pendidikan. Tren pembelajaran berkonsepkan teknologi menjadi perhatian utama selama masa pandemi covid-19. Setiap guru dituntut untuk terampil dan mampu beradaptasi secara cepat dengan kebutuhan teknologi dalam pembelajaran. Masih terbatasnya kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi seperti salah satunya teramati dalam skema pemberian tugas dan penilaian hasil belajar. Kurangnya pengalaman dan kemampuan dalam mengelola sistem penialaian berbasis digital memberikan peluang untuk dikembangkannya sebuah kelas pelatihan dengan topik penilaian hasil belajar berbasis online (digital assessment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan online course (MOOCs) pada topik pengelolaan penilaian hasil belajar secara online. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R & D), dengan model pengembangan yang dipilih adalah Plomp. Tahapan penelitian sesuai dengan model Plomp meliputi 3 langkah, diantaranya: Preliminary Research, Prototyping Phase (Self evaluation, one to one, expert review, small group dan field test), Assessment Phase. Topik yang dikembangkan pada online course dengan fokus pengelolaan penilaian hasil belajar meliputi: Quizizz, Google Form, Wordwall, EdApp, Quizlet, QuizMaker, Nearpod dan Kahoot. Karena keterbatasan penelitian, ujicoba hanya dilakukan dalam skala kecil.

Abstract:  Covid-19 has had an impact on changes in various sectors, one of which is in the field of education. The trend of technology-concept learning is a major concern during the COVID-19 pandemic. Every teacher is required to be skilled and able to adapt quickly to technological needs in learning. The limited ability of teachers to integrate technology, one of which is observed in the scheme of assigning assignments and assessing learning outcomes. The lack of experience and ability in managing digital-based assessment systems provides an opportunity for the development of a training class with the topic of online-based learning outcomes assessment (digital assessment). The purpose of this study is to produce online courses (MOOCs) on the topic of managing online learning outcomes assessment. This type of research is Research and Development (R & D), with the development model chosen being Plomp. The research stages according to the Plomp model include 3 steps, including: Preliminary Research, Prototyping Phase (Self evaluation, one to one, expert review, small group and field test), Assessment Phase. Topics developed on online courses with a focus on managing learning outcomes assessment include: Quizizz, Google Form, Wordwall, EdApp, Quizlet, QuizMaker, Nearpod and Kahoot. Due to research limitations, trials are only conducted on a small scale.


Keywords


Massive Learning; MOOCs; Profesionalisme Guru; Digital Asesmen

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Anggraini, W., Utami, A., Santi, P., & Gery, M. I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III Di SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2–10.

Hamid, M. A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46.

Hasanah, U., Edwita, & Januar, A. (2020). Pelatihan Pengembangan Digital Assesment Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kepulauan Seribu. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 338–346. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.448

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Krisnawati, E. (2018). Pemanfaatan Google Form Sebagai Kuis Online Mata Kuliah Trigonometri. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 61. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1779

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231–2246.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78–83.

Putri, E., Ikhsanto, M. N., & Sutomo, B. (2021). Aplikasi Penilaian Daring. International Research on Big-Data and Computer Technology: I-Robot, 5(1), 7–15. https://doi.org/10.53514/ir.v5i1.177

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Songhori, M. H. (2008). Introduction to Needs Analysis. English for Specific Purposes World, 7(4), 1–25. http://www.esp-world.info/articles_20/DOC/Introduction to Needs Analysis.pdf

Ulhusna, M., Dewimarni, S., & Rismaini, L. (2021). Sosialisasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis DIgital pada Masa Pandemi. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 156–165.

Vatanartiran, S., & Karadeniz, S. (2015). A Needs Analysis for Technology Integration Plan: Challenges and Needs of Teachers. Contemporary Educational Technology, 6(3), 206–220.

Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. (2021). Penerapan Konsep Instrumen Evaluasi Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.105




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i2.14008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 zakirman zakirman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: