EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Moch. Rio Pambudi, Masruroh Masruroh

Abstract


Abstrak: Hasil belajar siswa menunjukkan sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang meliputi pengetahuan, psikomotorik, dan sikap. Model pembelajaran berbasis negara (PBS) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Model PBS mengkaji permasalahan fenomena geosfer pada studi geografi..Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBS terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data primer berupa  hasil belajar diperoleh melalui pembelajaran di kelas XI IPS A dan XI IPS B di MA Miftahul Huda Ngreco Kandat. Instrumen yang digunakan yaitu soal essay sebanyak 4 butir soal digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan indikator diantaranya, 1) mamahami, 2) menerapkan, 3) menganalisis, dan 4) mengevaluasi. Data dianalisis menggunakan uji-t pada SPSS 23 for Windows. Tingkat signifikansi untuk pengambilan keputusan pengujian hipotesis adalah 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan. Terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan model PBS dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hasil uji hipotesis didasarkan pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05.

Abstract:  Student learning outcomes are very important to note in the world of education. Student learning outcomes show how far students have achieved learning objectives and the extent to which they have mastered the expected skills, knowledge, and attitudes. Spatial-based learning model (PBS) can be used to improve learning outcomes. The PBS model examines the problems of phenomena that occur in nature and culture on earth including geographical studies. In this study using a quasi-experimental method. Primary data in the form of learning outcomes were obtained through learning in class XI IPS A and XI IPS B at MA Miftahul Huda Ngreco Kandat. The instrument used is essay questions as many as 4 items used to measure student learning outcomes using indicators including, 1) understanding, 2) applying, 3) analyzing, and 4) evaluating. Data were analyzed using the t-test on SPSS 23 for Windows. The significance level for hypothesis testing decision making is 0.05. The results of this study indicate that there is a difference. There is a difference between the experimental class using the PBS model and the control class using the conventional model. The results of hypothesis testing are based on a significance level of 0.000 <0.05.

Keywords


Model PBS; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aco, & Dahlan, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Pidato Secara Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Wajo. Journal on Education, 5(4), 11415–11421. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I4.2084

Azizah, D. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Di Sma. Jambura Geo Education Journal, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.34312/JGEJ.V3I1.13787

Izzuddin, A., Yulianto, A., & Pambudi, M. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan Kompetensi Literasi Kelas VI SDN 15 Wermith Kabuapten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat . Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(1), 98–103. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/in-dex.php/Riset_Konseptual/article/view/464

Manek, A. H., Utomo, D. H., Handoyo, B., & Geografi, P. (2019). Pengaruh Model Spasial Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 440–446. https://doi.org/10.17977/JPTPP-.V4I4.12245

Mayasari, A., Arifudin, O., Juliawati, E., & Sabili Bandung, S. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/335

Nanda, I., Simatupang, W., Pendidikan Teknologi Kejuruan, J., Teknik, F., & Negeri Padang, U. (2020). Pengaruh Motivasi Mengajar Dosen Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Listrik Dan Elektronika Otomotif. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 20–27. https://doi.org/10.31764/PAEDAGORIA.V11I1.1828

Pambudi, M. R., & Masruroh, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Kademangan. Patria Eduacational Journal (PEJ), 2(3), 28–32. https://doi.org/10.28926/PEJ-.V2I3.529

Pambudi, Moch. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.47134/AKSIOLOGI.V3I1.119

Pambudi, Moch. R., Handoyo, B., & Susilo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Spasial (PBS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Presperktif Gaya Berpikir Siswa . Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 5(2), 235–241. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/347

Putu Suari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/10.23887/JISD.V2I3.16138

Rachmawati, V. P., & Rosy, B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 187–194. https://doi.org/10.31764/PAEDAGORIA.V13I2.10530

Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109–115. https://doi.org/10.29303/JIPP.V7I1.426

Silviariza. (2020). Spatial-Problem Based Learning (SPBL) development (preliminary studies for geography learning). Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpg/article/view/12005/pdf

Silviariza, W. Y., & Handoyo, B. (2020). Spatial-Problem Based Learning (SPBL) development (preliminary studies for geography learning). Jurnal Pendidikan Geografi, 25(1), 69–79. https://doi.org/10.17977/UM017V25I12020P069

Tabroni, Syukur, M., & Indrayani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 261–266. https://ejournal-jp3.com/index.php/Pen-didikan/article/view/409

Wulandini, I., Hsb, N. S., Sipahutar, M., Sipahutar, R. P. K., & Tarihoran, S. (2022). Studi Literatur : Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(2), 109–114. https://doi.org/10.30743/BEST.V5I2.55-68




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i2.14130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Moch. Rio Pambudi, Masruroh Masruroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: