PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK DI KELAS XI SMA

Hulwani Hulwani

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh bimbingan belajar kelompok terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi populasi dengan jumlah 29 siswa dengan metode pengumpulan data yakni metode angket sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi, observasi dan metode wawancara sebagai metode pelengkap. Hasil uji hipotesis dengan rumus t-test diperoleh nilai thitung sebesar 35,875 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,048, ini berarti ada pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar siswa.

Abstract: The purpose of this research is to know the influence of group study guidance on the motivation of student learning. This study uses a population study method with a total of 29 students with data collection methods i.e. the poll method as the basic method, while the documentation, observation and interview method as complementary methods. Hypothesized test results with a T-Test formula was obtained at 35.875 and a value of tabel at a significant 5% level of 2.048, this means there is a significant influence on the group's guidance towards student motivation.

Keywords


Bimbingan Kelompok; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Dwi P, N. (2013). Konstruksi Sosial Peserta Didikpada Lembaga Bimbingan Non-Formal. Paradigma: Jurnal Online Mahasiswa S1 Sosiologi Unesa, 1(1).

Hartinah, G. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2). Https://Doi.Org/10.24176/Jkg.V2i2.701

Husna, L., Farial, F., & Handayani, E. S. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Ix Di Mts Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 35. Https://Doi.Org/10.31602/Jmbkan.V4i1.1325

Kadek Suhardita. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Edisi Khusus, (1), 127–138.

Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Smp. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13–24. Https://Doi.Org/10.2426/Dpp.V3i2.

Putro, H. E., & Sugiyadi, S. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Regulated Learning. Jbki (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 1. Https://Doi.Org/10.26737/Jbki.V3i1.508

S.Saud, U. (2013). Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam Rangka Reformasi Pendidikan. Penelitian Ipb, X(1), 1–18.

Setianingsih, E. S. (2016). Peranan Bimbingan Dan Konseling Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Di Sd. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1). Https://Doi.Org/10.26877/Malihpeddas.V6i1.1120

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. In Cv Alfabeta. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.3929/Ethz-B-000238666

Wijanarko, A. A., & Loekmono, J. T. L. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Smp Pangudi Luhur Tuntang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 330. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V2i3.16292




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i2.1486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: