THE INFLUENCE OF GOOGLE SITES ASSISTED QUIZIZZ LEARNING TO IMPROVE STUDENTS LEARNING OUTCOMES IN SMKN 3 TAHUNA

Ridwan Ridwan, Mutiara Nurmanitar, Jaldan Badawi Ana

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran google sites berbantuan quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMKN 3 Tahuna. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian menggunakan kelas X listrik B sebagai kelas eksperimen dan X listrik A untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa. Kemudian analisis data penelitian menggunakan uji t-test. Pada hasil data penelitian menunjukk rata-rata nilai posttest hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 83,5 sedangkan pada kelas kontrol 72,5. Data hasil analisis dengan menggunakan statistik uji t dengan nilai signifikansi 0.012 < 0.05. Berdasarkan pada kriteria Ha diterima dengan menolak Ho. Kesimpulannya, bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran google sites Berbantuan quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa yang lebih tinggi hasil  nilai rerata belajarnya dibandingkan dengan model konvensional SMKN 3 Tahuna.

Abstract:  The purpose of this study was to determine the influence of google sites assited quizizz to improve student learning outcomes at SMKN 3 Tahuna. This type of research uses a quasi-experimental research design with a Non Equivalent Control Group Design. The research sample used class X electricity B as the experimental class and class X electricity A for the control class. The research instrument used was a test of student learning outcomes. Then analysis of research data using the t-test. The research data showed that the average posttest score of student learning outcomes in the experimental class was 83.5 while in the control class it was 72.5. Data analysis results using t-test statistics with a significance value of 0.012 < 0.05. Based on the criteria Ha is accepted by rejecting Ho. In conclusion, the average learning outcomes of students participating in Quizizz Assisted Google sites learning to improve student learning outcomes are higher than the conventional model of SMKN 3 Tahuna.

Keywords


Google sites; Quizizz; Learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Adhe, K. R. (2018). Model Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD Di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Online Learning Model PAUD Study in PG PAUD Education Faculty of Surabaya State University. Journal of Early Childhood Care & Education, 1(1), 26–31.

Aisy, S. R., & Hudaidah, H. (2021). Pendidikan Indonesia Di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 569–577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.327

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Andini, G. T. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 42–52. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008

Hasanah, A. (2021). Implementasi model pembelajaran interaksi sosial untuk meningkatkan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i1.639

Jamaluddin. (2014). Guru Sebagai Profesi (Tinjauan Pendidikan Islam). AL-QALAM Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 06(01), 74–89. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.119

Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 139–148.

Mendikbud No 4 Tahun. (2020). SE Menteri Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Nurmanita, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pancasila Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 137–144.

Nuryati, N., Subadi, T., Muhibbin, A., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). Pembelajaran Statistik Matematika Berbantuan Website Google Sites (Quizizz) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2486–2494. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2377

Poerwandari, E. K. (2005). Pendekatan kualitatif untuk perilaku manusia. Jakarta: Mugi Eka Lestari.

Prasetyo, D. (2019). Memahami masyarakat dan perspektifnya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 163–175. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253

Purwadhi, P. (2019). Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Abad XXI. Mimbar Pendidikan, 4(2), 103–112. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i2.22201

Ridwan, R., Nurmanita, M., & Sangi, N. M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Simulasi Proteus 8 Professional Berbantuan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa Praktek Instalasi Listrik. Journal on Teacher Education, 3(3), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4379

Silvanus, J., & Ridwan, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Praktikum dengan Google Sites Berbantuan Quizstar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Era Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 155–163. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.6118




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.16231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ridwan93 iwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: