MODEL PENGEMBANGAN KARIR TENAGA KEPENDIDIKAN (Studi di SMP Al Hikam Garut)

Sehan Rifky, Tamsik Udin, Kristin Warningsih, Masduki Duryat, Hasan Rahmat, Juniari Tri Trisno

Abstract


Abstrak: Tenaga kependidikan seringkali dipandang sebelah mata karena dianggap pekerjaannya yang hanya sebatas hal administratif serta teknis, sehingga tidak perlu adanya pengembangan karir untuk tenaga kependidikan. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pengembangan karir tenaga kependidikan di SMP Al Hikam Garut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara, sumber data dari kepala sekolah, ketua Yayasan dan tenaga kependidikan SMP Al Hikam Garut. Hasil penelitian yang didapatkan bahwasannya diketahui implementasi pengembangan karir tenaga kependidikan di SMP Al Hikam Garut yakni kepala sekolah memfasilitasi keinginan serta minat para tenaga kependidikan untuk memilih pelatihan/lokakarya yang ingin diikuti, serta diberikan hak yang sama dalam melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. karena Pendidikan akan berbanding lurus dengan karir yang akan didapatkan. Kepala sekolah senantiasa memberikan tanggungjawab dan Amanah kepada para tenaga kependidikan untuk memegang sebuah kegiatan besar, dampaknya para tenaga kependidikan bisa mengenali potensi diri. Tenaga kependidikan juga didelegasikan dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh dinas atau lembaga lain, sehingga tenaga kependidikan bisa mendapatkan jejaring lebih luas, ini akan membuka peluang berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam melaksanakan tugas yang diberikan. Begitu besar peran tenaga kependidikan disekolah sehingga pengembangan karir bagi tenaga kependidikan sangatlah penting untuk diperhatikan dan dilaksanakan semaksimal mungkin.

Abstract:  Education staff are often looked down upon because their work is only limited to administrative and technical matters, so there is no need for career development for education staff. Therefore, the aim of this research is to find out how to implement the career development of educational staff at Al Hikam Middle School, Garut. This research uses a descriptive qualitative method with data collection techniques in the form of observation and interviews, data sources from the school principal, chairman of the Foundation and educational staff at Al Hikam Middle School, Garut. The results of the research obtained show that the implementation of career development for education staff at Al Hikam Middle School in Garut is that the principal facilitates the desires and interests of education staff to choose the training/workshops they wish to take part in, as well as being given the same rights in continuing their education to a higher level. because education will be directly proportional to the career you will get. The school principal always gives responsibility and mandate to the education staff to carry out major activities, the impact of which is that the education staff can recognize their own potential. Educational staff are also delegated to activities organized by other agencies or institutions, so that educational staff can gain a wider network, this will open opportunities to share experiences and best practices in carrying out their assigned tasks. The role of educational staff in schools is so great that career development for educational staff is very important to pay attention to and implement as fully as possible.

Keywords


Pengembangan Karir; Tenaga Kependidikan; Manajemen Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Al Ashari Lubis, A. H. (2019). Pengelolaan Tenaga Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Mts Al-Washliyah Tembung Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan]. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8591

As’adiyah, N. S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Tazkia International Islamic Boarding School Malang [Pascasarjana IAIN Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20461

Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi Dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.

Faisal, Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Sistem Pengelolaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Berbasis Simdik Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1

Gusvita, M. (2022). Kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Dalam Peningkatan Kualitas Kerja Tenaga Kependidikan Di Sekolah Menengah Pertama Pondok Pesantren Zulhijjah Kabupaten Batanghari. Jurnal Pendig, 2(1). http://www.jurnal.pcpergunubatanghari.com/index.php/jurpendig/article/view/15

Hendri, M. I., Tsabita, Y. E., Rusmita, S., & Syahbandi. (2022). Model penerapan manajemen talenta aparatur sipil negara dalam pengembangan karir tenaga kependidikan di perguruan tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 9(1), 212–217. https://doi.org/10.29210/ 020221856

Hutauruk, M., Amini, Hutapea, E., Indrawati, N., Solin, N., & Susanti. (2003). Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2053–2059. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11267

J. Moleong, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Manullang, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE.

Mujianto. (2006). Rencana Sertifikasi dan Konsorsium Tenaga Kependidikan. Jurnal Tenaga Kependidikan, 1(1), 70–71.

Nur, H. (2009). Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Medtek, 1(2), 1–10. https://www.academia.edu/download/53146931/Hamzah_Nur.pdf

Purwanto, N. (2017). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.

Ulfiatin, N., & Triwiyanto, T. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. RajaGrafindo Persada.

Warisno, A. (2021). Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. An Nida, 1(1), 1–8. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/AND/article/view/74

Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Aplikasi dan Penelitian: Aplikasi dalam Organisasi Bisnis, Pemerintahan dan Pendidikan. Rajawali Pers.

Yuniarto, B. (2009). Peran Pengelolaan Tenaga Kependidikan bagi Peningkatan Mutu Pendidikan. OASIS, 2(1), 63–70. http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3043

Zahidah, U., Afifa, F. R., Apriyanti, L., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 01(02), 309–319. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/221

Zainal, Rivai, V., & Dkk. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktik. Rajawali Pers.

Zulaini, L. (2018). Pengelolaan Tenaga Kependidikan Dalam Pembagian Job Description Di Pesantren Darul Ihsan Siem Aceh Besar [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7879




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i4.17293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sehan Rifky, Tamsik Udin, Masduki Duryat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: