PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEND ENDED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X2 MAN I MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Indrajaya Indrajaya

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MAN I Mataram pada materi
Trigonometri dengan melakukan perbaikan kualitas proses pembelajaran. Perbaikan kualitas proses ini dilakukan
dengan menerapkan pembelajaran dengan mengunakan metode opend ended. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu 1)
perencanaan 2) observasi 3) pelaksanaan tindakan dan 4) refleksi. Hasil penelitian menujukan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar siswa kelas X MAN I Mataram pada materi Trigonometri. Ketuntasan klasikal mencapai
79,33% pada siklus I sedangkan pada siklus II mencapai 94,1%.

Keywords


Hasil belajar, pembelajaran opend ended

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v7i1.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: