PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBANTUAN CHATGPT DALAM MRNINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA

Nadia Ainun Nufus, Mu'alim Wijaya

Abstract


Abstrak: Penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran bahasa arab berbantuan chatGPT untuk meningkatakan literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak penerapan metode tanya jawab berbantuan ChatGPT dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap kemampuan literasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental yang melibatkan 20 siswa kelas X di sebuah Madrasah Aliyah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal pre-test dan post-test, masing-masing terdiri dari 10 soal, sebagai alat untuk mengukur pemahaman awal dan perkembangan siswa setelah terlibat dalam pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebesar 61.75, sementara nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 81.5. Peningkatan tersebut tercermin dalam nilai N-Gain sebesar 0.58 (kategori sedang) atau dengan persentase mencapai 58.14% (kategori cukup efektif). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode tanya jawab berbantuan ChatGPT memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan literasi bahasa Arab siswa. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab yang lebih inovatif dan efektif di masa mendatang.

Abstract:  This research aims to investigate the impact of implementing the question-and-answer method assisted by ChatGPT in Arabic language learning on students' literacy skills. This study is a quantitative experimental research involving 20 tenth-grade students in a Madrasah Aliyah. The research instruments utilized were pre-test and post-test questionnaires, each comprising 10 items, serving as tools to measure students' initial comprehension and progress after engaging in the learning process. Data analysis revealed that the average pre-test score was 61.75, while the average post-test score increased to 81.5. This improvement is reflected in the N-Gain score of 0.58 (moderate category) or a percentage of 58.14% (sufficiently effective category). These findings indicate that the implementation of the question-and-answer method assisted by ChatGPT has a positive impact on enhancing students' Arabic language literacy skills. The implications of this research can serve as a foundation for the development of more innovative and effective Arabic language teaching methods in the future.


Keywords


Question and answer method; ChatGPT; Student Literacy.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. Y., & Tambak, S. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 89-110 https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).650

Al-Zahrani, M. Y., & Al-Bargi, A. (2017). The Impact of Teacher Questioning on Creating Interaction in EFL: A Discourse Analysis. English Language Teaching, 10(6), 135-150 https://doi.org/10.5539/elt.v10n6p135

Alfaini, S. (2021). Problematika dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 133–147. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4242

Amadi, A. S. M., & Sholikha, D. W. (2023). Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : Sistematic Literature Review Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 301–309. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jmpb-widyakarya/article/view/1112

Febriani, S. R., & Guettaoui Bedra, K. (2023). Implementation of Arabic Learning based on Contextual Approach and Contextual Textbook for Higher Education. Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 14(2), 122-132 https://doi.org/10.32678/alittijah.v14i2.6860

Fui-Hoon Nah, F., Zheng, R., Cai, J., Siau, K., & Chen, L. (2023). Generative AI and ChatGPT: Applications, challenges, and AI-human collaboration. In Journal of Information Technology Case and Application Research, 25(3), 277-304 https://doi.org/10.1080/15228053.2023.2233814

Haryono, I., & Hikmah, K. (2023). The Application Of The Contextual Teaching And Learning (CTL) Model In Arabic Language Learning To Improve The Learning Outcomes. Buana Pendidikan Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 19(1), 45-60 https://doi.org/10.36456/bp.vol19.no1.a6241

Iriyani, S. A., Patty, E. N. S., Rizal Akbar, A., Idris, R., Ayu, B., Priyudahari, P., & Artikel, G. (2023). Studi Literatur: Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pendidikan, 1(1), 9-15 https://doi.org/10.30812/upgrade.v0i0.3151

Maftuhah, M. Chotibuddin, Aaisah Arsae, Anang Ma’ruf, & Shintia Mafazatin. (2023). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 06 Brondong Lamongan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 7(2), 219-231 https://doi.org/10.37286/jmp.v6i2.231

Murgia, E., Pera, M. S., Landoni, M., & Huibers, T. (2023). Children on ChatGPT Readability in an Educational Context: Myth or Opportunity? UMAP 2023 - Adjunct Proceedings of the 31st ACM Conference on User Modeling, Adaptation and Personalization, 311-316 https://doi.org/10.1145/3563359.3596996

Nazla, S., Wahyuni, S., & Adiyono, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Fiqih Yang Efektif Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 PASER. FIKRUNA. https://doi.org/10.56489/fik.v6i2.122

Nurhadi. (2018). Konsep Kurikulum Pendidikan Keluarga Dalam Surah Al-Luqman. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1), 1-17

Perera, P., & Lankathilaka, M. (2023). AI in Higher Education: A Literature Review of ChatGPT and Guidelines for Responsible Implementation. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(6), 306-314 https://doi.org/10.47772/ijriss.2023.7623

Prijanto, J. H., & de Kock, F. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318/1894

Putri, D. A. P. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 156-164

Rahman, S., Sembiring, A., Aulia, R., Dafitri, H., & Liza, R. (2023). Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1-7 www.chat.openai.com

Ray, P. P. (2023). ChatGPT: A comprehensive review on background, applications, key challenges, bias, ethics, limitations and future scope. In Internet of Things and Cyber-Physical Systems. https://doi.org/10.1016/j.iotcps.2023.04.003

Rohmawati, S. R. (2018). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMP. Social Education, 2(1), 64–70. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i1.29

Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’S Efforts in Building Student Interaction Using a Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332

Sa’adah, N. (2019). Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(01), 15–32. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49-58 https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Sholihatin, E., Saka, A. D. P., Andhika, D. R., Ardana, A. P. S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Tuah Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 1–10.

Suwaryani, S., Tengah, J., Info, A., Suwaryani, S., & Tengah, J. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Menggunaan Metode Tanya Jawab Dalam Materi ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ةرﺎﻀﺤﻟا Pada Siswa Kelas Xii Ipa 1 Semester I Madrasah Aliyah Negeri 2 Karanganyar Tahun 2018/2019. Jurnal Riset Penddidikan Indonesia, 2(5), 679.

Tamilarasi, M. (2023). Mobile Empowerment: Enhancing Education and Connectivity for College Students. International Journal of English Literature and Social Sciences, 8(3), 294-300 https://doi.org/10.22161/ijels.83.48




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i2.20875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadia Ainun Nufus, Mu'alim Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: