INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGATASI PERILAKU XENOMANIA PADA REMAJA MASA KINI

Demsi Yanto Sinlae, Semy Djulandy Balukh, Kristian Sukatman, Korina Sanosa, Elieser R Marampa

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi yang begitu marak berpotensi mengancam rasa nasionalisme bangsa khususnya dikalangan remaja masa kini sehingga memicu lahirnya berbagai perilaku menyimpangan seperti munculnya perilaku xenomania. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menawarkan salah satu alternatif tindakan preventif melalui internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Kristen dalam mengatasi perilaku xenomania pada remaja masa kini. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Selanjutnya, teknik yang digunakan dalam penelitian adalah teknik literature review, yaitu suatu teknik pengumpulan data dari berbagai pangkalan data seperti artikel-artikel ilmiah, buku fiksi yang relevan, berita ter-update dari sumber terpercaya, seminar-seminar ilmiah, dan sumber ilmiah lainnya. Berdasarkan hasil tinjauan pustaka yang dilakukan baru kemudian dievaluasi kembali demi menghindari permasalahan yang sama di kemudian hari. Hasil dari kajian ini menjelaskan bahwa pentingya internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Kristen dalam mengatasi perilaku xenomania pada remaja masa kini. Dengan menggunakan langkah-langkah internalisasi seperti proses transformasi, transaksi dan proses transinternalisasi nilai-nilai pendidikan agama Kristen, seperti memiliki rasa bersyukur terhadap apa yang telah disediakan Tuhan, memiliki kebijaksanaan, berperilaku baik, menguasai diri, serta menjadi teladan.

Abstract: The development of technology that is so widespread has the potential to threaten the sense of national nationalism, especially among today's teenagers, triggering the birth of various deviant behaviors such as the emergence of xenomaniac behavior. Therefore, this study aims to offer an alternative preventive action through internalizing the values of Christian Education in overcoming xenomania behavior in today's adolescents. The method used in this research article is a data-based qualitative approach derived from literature studies. Furthermore, the technique used in writing this article is the literature review technique, which is a technique for collecting data from various databases such as scientific articles, relevant fiction books, updated news from reliable sources, scientific seminars, and other scientific sources. Based on the results of the literature review carried out, it is then re-evaluated in order to avoid the same problem in the future. The results of this study explain that the importance of internalizing the values of Christian Education in overcoming xenomania behavior in today's adolescents. By using internalization steps such as the transformation process, transactions and the process of transinternalizing the values of Christian education, such as having gratitude for what God has provided, having wisdom, behaving well, mastering themselves, and being an example.


Keywords


Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Kristen; Xenomania; Remaja Masa Kini

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Administrator, A., & Gea, W. R. A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Kristen Terhadap Pembentukan Moral Anak Sejak Dini. Metanoia, 5(2), Article 2. https://ejournal.sttdp.ac.id/metanoia/article/view/113

Asrif. (2018). Xenomania Bahasa – Kantor Bahasa Provinsi Maluku. https://kantorbahasamaluku.kemdikbud.go.id/2018/11/xenomania-bahasa/

Boris-Schacter, S., & Langer, S. (2006). Balanced Leadership: How Effective Principals Manage Their Work. Teachers College Press.

Bt, A., & Bambangan, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dan Orangtua dalam Mencegah Dampak Negatif Perkembangan Teknologi bagi Nara Didik. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i3.159

Cindy Mutia Annur. (2023). Apa Merek Laptop Paling Populer di Indonesia? Ini Hasil Surveinya |Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/15/apa-merek-laptop-paling-populer-di-indonesia-ini-hasil-surveinya

CNN Indonesia. (2023, Mei). Viral Remaja Malaysia Buka Donasi Demi Nonton Konser Coldplay. internasional. https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230517183234-106-950983/viral-remaja-malaysia-buka-donasi-demi-nonton-konser-coldplay

Collins English Dictionary. (2024, Februari 17). XENOMANIA definition and meaning | Collins English Dictionary. https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/xenomania

Dinny Mutiah. (2019). Koleksi Tas Mahal Remaja Surabaya yang Baru Gelar Pesta Pra Ulang Tahun Mewah di Luar Neger. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4028506/koleksi-tas-mahal-remaja-surabaya-yang-baru-gelar-pesta-pra-ulang-tahun-mewah-di-luar-negeri?page=5

Irmania, E. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), Article 1. https://doi.org/10.26623/jdsb.v23i1.2970

kbbi.web.id. (2023). Arti kata internalisasi—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/internalisasi

Massarat, E. A. V., Risa Gelles-Watnick and Navid. (2022, Agustus 10). Teens, Social Media and Technology 2022. Pew Research Center: Internet, Science & Tech. https://www.pewresearch.org/internet/2022/08/10/teens-social-media-and-technology-2022/

Muflich, M. F., & Nurhayati, B. (2022). Internalisasi Nilai Moderat Dalam Membangun Kerukunan Masyarakat Lamongan. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31538/almada.v5i3.2698

Pratama, A. T. (2021). Xenomania Bahasa Pada Desa Daerah 3t (Terdepan,Terluar, Tertinggal) Di Kabupaten Sukoharjo. Asas: Jurnal Sastra, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26287

Rismawaty, S. (2022). Pendidikan Agama Kristen Terhadap Terbentuknya Nilai-Nilai Iman Kristiani. Cv. Azka Pustaka.

Sahertian, M. (2019). Pendidikan Agama Kristen dalam Sudut Pandang John Dewey. Jurnal Teruna BhaktI, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47131/jtb.v1i2.18

Salsabilla, R. (2023, Maret 10). Miris! Remaja Curi Uang Rp559 Juta Demi Merchandise K-Pop. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230309172820-33-420373/miris-remaja-curi-uang-rp559-juta-demi-merchandise-k-pop

Sari, D. I. N., & Amrulloh, M. B. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di SMK Abdi Negara Tuban. MIYAH : Jurnal Studi Islam, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.33754/miyah.v16i1.243

Setyaningsih, R., & Subiyantoro, S. (2017). Kebijakan Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan Kultur Religius Mahasiswa. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i1.2244

Silaban, D. R. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Konselor Bagi Perubahan Perilaku Remaja Kelas X-XI DI SMA Negeri 48 Jakarta Timur. Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), Article 1.

Simanjuntak, R. (2020). Memaknai Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 9, 27–44. https://doi.org/10.46495/sdjt.v9i1.56

Simon Kemp. (2021, Juli 21). Digital 2021 July Global Statshot Report. DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2021-july-global-statshot

Tafonao, T., & Zega, Y. K. (2022). Gereja menghadapi fenomena Transnasionalisme: Sebuah tawaran konstruksi pendidikan kristiani bagi remaja yang berbasis pada pelestarian budaya lokal. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 8(2), Article 2. https://doi.org/10.30995/kur.v8i2.558

Taopan, Y. F., Oedjoe, M. R., & Sogen, A. N. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Moral Remaja di SMA Negeri 3 Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 61–74. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1395

Tim, C. I. (2023). 9 Tren Fashion yang Bakal Hits di Tahun 2024, Makin Marak Thrifting. gaya hidup. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231228193104-277-1042856/9-tren-fashion-yang-bakal-hits-di-tahun-2024-makin-marak-thrifting

Times, I. D. N., & Putra, A. (2023, Juli 4). Chauvinisme: Pengertian, Asal-usul, Ciri hingga Dampaknya! IDN Times. https://www.idntimes.com/life/career/robertus-ari/chauvinisme-pengertian-asal-usul-ciri-hingga-dampaknya

Widialistuti, R., Jamaris, J., & Solfema, S. (2023). Internalisasi dalam Pembentukan Karakter Melalui Penerapan Nilai Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4332


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elieser R Marampa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: