HARMONI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA

Ismaul Fitroh, Moh. Imron Rosidi

Abstract


Abstrak: Tujuan penulisan artikel untuk mengkaji nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Data diperoleh dari berbagai sumber ilmiah, misalnya buku dan artikel dari jurnal yang terbit pada tahun 2014 hingga 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Kurikulum Merdeka terdapat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang terdiri dari beberapa kegiatan yakni (1) Pertukaran pelajar; (2) Magang/praktik kerja; (3) Asistensi mengajar di satuan Pendidikan; (4) Penelitian/riset; (5) Proyek kemanusian, (6) Kegiatan wirausaha; (7) Studi/proyek independent. (8) Membangun desa/kuliah kerja nyata tematik. Banyaknya kegiatan yang ada dalam MBKM tenyata memuat nilai-nilai Pancasila diantaranya adalah: (1) Landasan Filosofis Pancasila; (2) Pembentukan Karakter; (3) Penguatan Identitas Kebangsaan; (4) Pendidikan Demokratis; (5) Mengatasi Tantangan Sosial.

Abstract: The purpose of writing an article is to examine the values of Pancasila contained in the Independent Curriculum. This research uses a qualitative method with a literature study approach. Data is obtained from various scientific sources, such as books and articles from journals published from 2014 to 2023. The results showed that in the Independent Curriculum there is the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) program which consists of several activities, namely: (1) Student exchange; (2) Internship/work practice; (3) Teaching assistance in educational units; (4) Research; (5) Humanitarian projects, (6) Entrepreneurial activities; (7) Independent study/project. (8) Build villages/thematic community service program. The number of activities in MBKM actually contains the values of Pancasila including: (1) Philosophical Foundation of Pancasila; (2) Character Building; (3) Strengthening National Identity; (4) Democratic Education; (5) Overcoming Social Challenges.


Keywords


Kurikulum Merdeka; Merdeka Belajar Kampus Merdeka; Pancasila

Full Text:

PDF

References


Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):5877–89.

Arif Fanani. 2020. “Aliran Eksistensialisme Dalam Pendidikan.” Journal Of Islamic Education Guidance And Counseling 1(1):1–8.

Arifin, Zaenal, and Muhamad Rizaldy. 2023. “Konsep Dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 5(1):168–84.

Azlina, N., Maharani, A., & Baedowi, M. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(2), 39–52.

Baharuddin, Muhammad Rusli. 2021. “Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus : Model MBKM Program Studi).” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 4(1):195–205.

Chelsya, and Henny Wirianata. 2022. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).” YUME: Journal of Management 5(3):387–401. doi: 10.37531/yume.vxix.4547.

Devianti, Avinindy Inayda, Amin Hasan, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari. 2023. “Filsafat Pendidikan Pancasila Dalam Implementasi Pada Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5(2):2584–88.

Ecca, Suleha, Ahmad Mustanir, Jamaluddin Ahmad, Pratiwi Ramlan, Khaeriyah Adri, Mardhatillah, and Zulkarnain Sulaiman. 2022. “Peran Program Pertukaran Pelajar MBKM Dalam Pengembangan Kompetensi Lulusan.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 6(3):323–30.

Fahdini, Alya Malika, Yayang Furi Furnamasari, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Kalangan Siswa.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):9390–94.

Fitroh, Ismaul, Disman, Kokom Komalasari, and Moh. Imron Rosidi. 2023. “Banyuwangi Rebound: A Tourism Potrait at the Eastern Tip of Java Island.” European Online Journal of Natural and Social Sciences 12(3):313–28.

Fitroh, Ismaul, Disman, Kokom Komalasari, and Mamat Ruhimat. 2023. “Analysis of Character Education Values in Wewarah Osing.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 15(4):5285–95. doi: 10.35445/alishlah.v15i4.3854.

Fitroh, Ismaul, Moh. Imron Rosidi, Irvan Tasnur, Iis Husnul Hotimah, and Naufal Raffi Arrazaq. 2023. “Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying Di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo.” Journal of Human And Education 3(2):122–26. doi: https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.166.

Frananda, Muhamad, Maya Dewi Kurnia, Jaja, and Cahyo Hasanudin. 2023. “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Abad 21.” JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) 10(1):1–10.

Franciscus Xaverius Wartoyo, and Yuni Priskila Ginting. 2023. “Kekerasan Seksual Pada Lingkungan Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Nilai Pancasila.” Jurnal Lemhannas RI 11(1):29–46. doi: 10.55960/jlri.v11i1.423.

Fuadi, Tuti Marjan, and Irdalisa. 2021. “Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Application in Education Faculty.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 13(3).

Hasanah, Uswatun, and Ahmad Syafak Khoirut Tobib. 2023. “Esensi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dan Eksistensi Mahasiswa Berprestasi.” Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan 14(3):199–206.

Hermawan, Denny, Arif Supriyanto, Dewi Ananta Hakim, and Amanda Chelsi Nofanti. 2022. “Persepsi Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Al Azhar Indonesia Terhadap Implementasi Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka.” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial 3(2):82–87.

HR, Sabriadi, and Nurul Wakia. 2021. “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 11(2):175–84.

Irawan, Dani. 2022. “Evaluasi Program Asistensi Mengajar Di Satuan Pendidikan Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Berbasis Model Kirkpatrick.” Jurnal Teknik Otomotif : Kajian Keilmuan Dan Pengajaran 6(1):1. doi: 10.17977/um074v6i12022p1-8.

Jufriadi, Akhmad, Choirul Huda, Sudi Dul Aji, Hestiningtyas Yuli Pratiwi, and Hena Dian Ayu. 2022. “Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 7(1):39–53. doi: 10.24832/jpnk.v7i1.2482.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Abdul Muin, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, and Suprapno. 2022. Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Kholik, Abdul, Hasan Bisri, Zahra Khusnul Lathifah, Berliana Kartakusuma, Mustolah Ma’ufur, and Teguh Prasetyo. 2022. “Impelementasi Kurikulum MerdekaBelajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen Dan Mahasiswa.” Jurnal Basicedu 6(1):738–48.

Lenggogeni, Putri, Yuliani Fitri, Nurhizrah Gistituati, and Alwen Bentri. 2023. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Perguruan Tinggi: Universitas Andalas.” Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian (EJPP) 4(1):40–49.

Lestari, Diah, Masduki Asbari, and Eka Erma Yani. 2023. “Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2(6):85–88.

Mardani, Dadan, Iis Susiawati, and Nur Sab’rina Fathimah. 2023. “Kurikulum Merdeka Dalam Demokratisasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(1):25–36. doi: 10.30868/im.v4i02.3310.

Mariati. 2021. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Perguruan Tinggi.” Pp. 747–58 in Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora.

Maulana, Aby, Herwina Bahar, Nuraeni, Ismah, and Hastri Rosiyanti. 2022. “Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Dalam Mewujudkan SDM Unggul Dan Kompetitif Di Perguruan Tinggi (Berdasarkan Survey SPADA Di Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2022).” Al-Qisth Law Review 6(1):1. doi: 10.24853/al-qisth.6.1.1-21.

Muslim, Ahmad. 2022. “Landasan Filsafat Idealisme Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health 1(1):34–40.

MY, Ani Siska, and Dewi Anggraini. 2021. “Analisis Dampak Kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Terhadap Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Sahid.” Management & Accounting Expose 4(2):115–28.

Nanggala, Agil, and Karim Suryadi. 2020. “Analisis Konsep Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan 9(2):10–23.

Nasution, Diwayana Putri. 2023. “Implementasi Program Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Di Disperindag Sumut Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja.” JPM Jurnal Pengabdian Mandiri 2(7):1541–48.

Nita, Cicilia Ika Rahayu, Farida Nur Kumala, Nyamik Rahayu Sesanti, Arief Rahman Hakim, and Andika Gutama. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Prodi PGSD UNIKAMA.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 6(2):186–96.

Pijoh, Feibe Engeline, Helmyani A. S. Tangdialla, Kristianto Menjang, Senden Sakka, Afnike E. Goha, Alprince T. Kadamehang, and Romi Mesra. 2022. “Peran Mahasiswa Kkn Mbkm Dalam Mendukung Pengadaan Air Bersih Oleh Pemerintah Kelurahan Wewelen Berdasarkan PP No. 122 Tahun 2015.” JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 7(4):901–7.

Putri, Nikmah Sistia Eka, Fatimah Setiani, and Muhammad Sandy Al Fath. 2023. “Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka Menuju Era Society 5.0.” Pedagogik Jurnal Pendidikan 18(2):194–201.

Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):7174–87. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Ramadhani, Anita Eka, Aulia Yogi Septia, Ririn Wijayanti, and Arina Septianingtias. 2021. “Pengelolaan Diri Sebagai Upaya Membangun Kerja Sama Dalam Pertukaran Pelajar Di Perguruan Tinggi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35(1):71–84.

Rendo, Donatus, Philipus N. Supardi, and Marselinus Y.Nisanson. 2023. “Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Pemahaman Dan Perspektif Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Univeristas Flores.” Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan 14(1):45–49.

Richardo, Rino, and Rima Aksen Cahdriyana. 2021. “Esensialisme Dan Perspektifnya Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 12(2):107. doi: 10.21927/literasi.2021.12(2).107-114.

Rohmah, Lailatu. 2019. “Eksistensialisme Dalam Pendidikan.” EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan 5(1):86–100.

Semadi, Yoga Putra. 2019. “Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter.” Jurnal Filsafat Indonesia 2(2):82–89.

Sianipar, Helen Melenia, and Wahyu Irawati. 2022. “Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Berdasarkan Kajian Filsafat Aksiologi Kristen.” Didaché: Journal of Christian Educatio 3(1):58–72. doi: 10.46445/djce.v3i1.483.

Simanjuntak, Nasri, Kristiani Br Manik, and Putri Sihombing. 2023. “Dampak Modul Nusantara Terhadap Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia 2(4):1–7.

Sintiawati, Nani, Saktika Rohmah Fajarwati, Agus Mulyanto, Kingking Muttaqien, and Maman Suherman. 2022. “Partisipasi Civitas Akademik Dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).” Jurnal Basicedu 6(1):902–15.

Siswantoro, Muhammad Irwawan. 2023. “Penerapan Nilai - Nilai Pancasila Dalam Mengembangkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Kurikulum Merdeka Di SMAN 2 Trenggalek.” Jurnal Civic Hukum 8(2):151–60.

Thahery, Rusyaidi. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Society 5.0.” Technical and Vacational EducationInternational Journal 3(1):10–21.

Vhalery, Rendika, Albertus Maria Setyastanto, and Ari Wahyu Leksono. 2022. “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur.” Research and Development Journal of Education 8(1):185. doi: 10.30998/rdje.v8i1.11718.

Wahyu Fajar Lestari, Anggita Aprilliany Firdaus, Clarissa Nindytya Cahya, Fahmadila Meisarah, Galuh Kusumawati Sukarjo, Kishaya Salmalaida, Luluk Handayani, Maratul Sholekhah, Rahman Adib Destyawan, Salsabila Selia Prudena Sutikno, Budhi Setiawan, and Kundharu Saddhono. 2023. “Pengembangan Sustainable Education Melalui Proyek Sanggar Literasi Di Panti Asuhan PAKYM Surakarta.” Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 2(1):103–17. doi: 10.30640/dewantara.v2i1.671.

Yoga, Putu Gede Surya Kresna Dharma, Cokorda Gde Raka Swendra, and Ni Ketut Pande Sarjani. 2022. “Perancangan Desain Maskot Festival Ubud Campuhan Budaya Di Yayasan Janahita Mandala Ubud.” Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual 4(1):115–22.

Zainuddin, Zainuddin. 2021. “Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Ki Hadjar Dewantara.” KABILAH: Journal of Social Community 6(1):8–25. doi: 10.35127/kbl.v6i1.4651.

Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i2.22230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ismaul Fitroh, Moh. Imron Rosidi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: