PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC AND ENGINEERING PRACTICES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

Fanis Apriliani, Pramudya Dwi Aristya Putra, Rusdianto Rusdianto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dimotivasi oleh masalah keterampilan proses sains siswa SMP yang masih rendah dalam pembelajaran sains. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan penyediaan media pembelajaran dan materi pengajaran. Oleh karena itu, para peneliti mengembangkan modul berbasis SEPs (Science and Engineering Practices) untuk meningkatkan keterampilan proses siswa SMP. Tujuannya adalah untuk menentukan tingkat validitas, praktikabilitas, dan efektivitas modul berbasis SEPs. Metode penelitian ini dikembangkan dengan model ADDIE. Sebanyak 28 siswa dari kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember pada tahun akademik 2023/2024 dipilih sebagai subjek penelitian ini. Hasil analisis mengungkapkan bahwa validitas modul berbasis SEPs adalah 85,83%, termasuk dalam kategori valid. Analisis efektivitas modul berbasis SEPs menghasilkan skor 0,56, yang dikategorikan sebagai sedang. Analisis praktikabilitas modul berbasis SEPs menghasilkan skor 88,54%, termasuk dalam kategori sangat praktis. Mengenai tanggapan siswa, skornya adalah 82,18%, dikategorikan sebagai sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul berbasis SEPs telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan KPS siswa SMP.

Abstract:  This research was motivated by the problem of junior high school students' science process skills, which remained low in science learning. One way to address this issue was by utilizing the provision of learning media and teaching materials. So, the researchers developed a module based on SEPs (Scientific and Engineering Practices) to enhance the process skills of junior high school students. The goal was to determine the level of validity, practicality, and effectiveness of SEPs-based modules. This research method was developed with the ADDIE model. A total of 28 students from class VIII A SMP Negeri 10 Jember in the academic year 2023/2024 were selected as the subjects of this study. The analysis results revealed that the validity of the module based on SEPs was 85.83%, falling into the valid category. The analysis of the effectiveness of the SEPs-based module yielded a score of 0.56, categorized as moderate. The practicality analysis of the SEPs-based module resulted in a score of 88.54%, falling into the very practical category. Regarding student response, the score was 82.18%, categorized as very good. Therefore, it can be concluded that the SEP-based module has been deemed valid, highly practical, and effective in improving the science process skills of junior high school students.


Keywords


Modul; KPS; SEPs

Full Text:

PDF

References


Afwina, D. A., Putra, P. D. A., & Budiarso, A. S. (2021). Pengembangan modul berbasis stem (science, technology, engineering, and mathematics) pokok bahasan alat-alat optik dalam pembelajaran ipa di smp. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 126–132. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.608

Akbarita, R., & Narendra, R. (2019). Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah untuk membantu meningkatkan kemampuan penalaran siswa smk pada materi fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(1), 1. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.255

Amalia, Y., Sukarmin, & Suharno. (2020). Science and engineering practices (seps): student’s profile of planning and carrying out investigations (pcoi). Humanities & Social Sciences Reviews, 8(4), 1116–1122. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.84106

Arantika, J., Saputro, S., & Mulyani, S. (2019). Effectiveness of guided inquiry-based module to improve science process skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042019

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan multimedia interaktif untuk pebelajaran volume bangun ruang di kelas v sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615

Cristiana, D. I., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan modul pembelajaran ipa berbasis konstektual materi suhu dan kalor di sekolah dasar. Journal Of Primary Education, 2(2), 95–106.

Dewanta, E. P. B., Rusdianto, R., & Supeno, S. (2023). Pengembangan modul pembelajaran ipa terintegrasi android untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa smp. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 306–314. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.893

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of learning module with setting contextual teaching and learning to increase the understanding of concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26

Dila, A. R., Putra, P. D. A., & Ahmad, N. (2024). Pengembangan lkpd berbasis engineering design process (edp) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa smp. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 93–98. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1863

Firdaus, N. N., & Subekti, H. (2021). Pensa e-jurnal : pendidikan sains pembelajaran daring menggunakan media microsoft teams. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), 297–303. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Hasani, N. L., Hartini, S., & Annur, S. (2019). Meningkatkan keterampilan proses sains dan karakter kayuh baimbai melalui modul fisika bermuatan kearifan lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 65. https://doi.org/10.20527/jipf.v3i2.1034

Maison, Sulistioning Budiarti, R., Christine Samosir, S., & Ria Nasih, N. (2020). Differences of science process skills pre-service teacher on physics education and biology education. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(2), 555–563. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8263

Masruhah, G. D., Rusdianto, R., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan e-lkpd berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa smp. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12935

Muttaqin, J., Sarjan, M. Z., Rokhmat, M., Muliadi, J., Azizi, A., Ardiansyah, A., Hamidi, B., Pauzi, H., Yamin, I., Rasyidi, M., Rahmatiah, M., Sudirman, R., & Khery, S. (2022). Pemahaman nature of science (hakekat ipa) bagi guru ipa: solusi membelajarkan ipa multidimensi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(21), 8.

Nisa, H., Parid, M., Hidayat, A., & Mustofa, A. (2020). Relevansi keterampilan proses sains dalam pembelajaran ipa tingkat sekolah dasar dengan materi ajar tematik kelas iv tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 169–182. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2224

Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530

Rahma, D. M., Supriadi, B., & Handayani, D. (2020). Keterampilan proses sains terintegrasi siswa kelas XI pada materi medan magnet. Prosiding Webinar Pendidikan Fisika, 5(1), 22–26. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21698

Rizkika, M., Putra, P. D. A., & Ahmad, N. (2022). Pengembangan e-lkpd berbasis stem pada materi tekanan zat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp maulidiya. Pancasakti Science Education Journal, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.4905/psej.v7i1.142

Saleh, S. Y., Muhiddin, N. H., & Rusli, M. A. (2020). Studi keterampilan proses sains (kps) peserta didik kelas viii smp negeri 12 makassar. Jurnal IPA Terpadu, 3(2), 75–86.

Santiawati, S., Yasir, M., Hidayati, Y., & Hadi, W. P. (2022). Analisis keterampilan proses sains siswa smp negeri 2 burneh. Natural Science Education Research, 4(3), 222–230. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8435




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.22302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fanis Apriliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: