ENHANCE THE LEVEL OF LEARNING IN THE EYES OF SOCIAL SCIENCE EDUCATION WITH UTANG JEPE FOR STUDENTS IN FOURTH GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL IN PONOROGO

Arifatur Rufaida, Endang Sri Maruti, Muhammad Hanif

Abstract


Abstrak: Dalam proses belajar IPS yang dilakukan di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo Kelas IV, 75% dari 26 peserta didik tidak banyak memperhatikan proses belajar dan tidak mengikuti kegiatan belajar dengan baik. Ini mengarah pada kurang optimal dalam memahami konseptual dan hasil belajar. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik IPS MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo kelas IV menggunakan media Ular Tangga Jenis Pekerjaan (UTANG JEPE). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo yang jumlahnya 26 anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang disajikan dalam dua siklus. Siklus PTK terdiri dari perencanaan, pelaksanakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes tertulis. Analisis data model alur digunakan sebagai analisis data. Skor output pembelajaran IPS rata-rata sebelum penelitian adalah 42,30%. Persentase rata-rata output belajar IPS pada siklus 1 adalah 61,53%, kemudian meningkat di siklus 2 dengan skor output pembelajaran media IPS 88,46%. Ini berarti bahwa hasil belajar telah meningkat secara signifikan dan indikator keberhasilan telah terpenuhi.

Abstract:  In the Social science education learning process carried out at MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo Class IV, 75% of the 26 students did not pay much attention to the learning process and did not follow the learning activities well. This leads to less optimal conceptual acquisition and learning outcomes. This study aims to improve the learning outcome of IPS students MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo class IV using the game media Snake Staircase Type Job (UTANG JEPE). The subject of this study is a student of class IV MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo who amounts to 26 people. The research method used in this study is class action research (PTK) presented in two cycles. The PTK cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection on each cycle. Data collection techniques used are observation techniques and written tests. Flow model data analysis is used as data analysis. The average IPS learning output score before the study was 42.30%. The average percentage of IPS learn output in cycle 1 was 61.53%, then increased in cycles 2 with the average IPS learning outcome score of 88.46%. This means that the learning outcomes have improved significantly and the indicators of success have been met.

Keywords


Media Game Snake Staircase Learning Results

Full Text:

PDF

References


Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan e-modul interaktif mata pelajaran ips di smp negeri 1 singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191.

Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi biologi siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5–9.

Azzahra, R. F., Nugraha, E., & Mansur, M. (2021). Pengembangan Media Upinca (Ular Pintar Ceria) untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(2), 151–166.

Fauzi, M. N., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). The effect of make a match (MAM) type model and bamboo dance type model through cooperative learning on students motivation. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 26–32.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara. Cet. I. Jakarta, 401–405.

Kasihani, K. (2001). Pelaksanaan Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Universitas Negeri Malang.

KHUMAIRO ULVA, R. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI MI NURUL HIDAYAH ROWOREJO NEGERIKATON PESAWARAN. UIN Raden Intan Lampung.

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 33–39.

Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85.

Nilayuniarti, N. P., & Putra, D. B. K. N. S. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 445–456.

Payadnya, I. P. A. A., Hermawan, I. M. S., Wedasuwari, I. A. M., Rulianto, S. P., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Permatasari, K., Degeng, I. N., & Adi, E. (2019). Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 268–277. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p268

Rasyd, A., Tahir, M., & Erfan, M. (2023). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Operdam (Organ Peredaran Darah Manusia) Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Bagik Manis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 897–909.

Salombe, Y. S. (2021). Penggunaan Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 62–67.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275

Setyaningrum, F., & Purwanti, S. (2020). Pelatihan pembuatan batik ecoprint sebagai media pembelajaran IPA bagi guru SD di PCM Berbah. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 2(1), 79–88.

Suryadewi, N. K. A., Wiyasa, I. K. N., & Sujana, I. W. (2020). Kontribusi Sikap Mandiri dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 29–39.

Susilowati, A., & Sutama, S. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar: Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun, Kutai Kartanegara. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(1), 31–43.

Sutipyo Ru’iya, H. C. A. K. and S. (2020). Educating with Paying Attention to Individual Differences: Case Study of Slow Learner Students in Inclusion School. Proceedings of the 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics.

Udayanti, I. A. G. S., & Riastini, P. N. (2017). Penerapan metode take and give untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IVA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 51–58.

Wuryani, M. T., & Yamtinah, S. (2018). Textbooks Thematic Based Character Education on Thematic Learning Primary School: An Influence. International Journal of Educational Methodology, 4(2), 75–81.

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11–18.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.22336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ARIFATUR RUFAIDA RUFAIDA, ENDANG SRI MARUTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: