STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS INKLUSIF DI TK KINASIH KOTA TANGERANG

Asih Rosnaningsih, Dayu Retno Puspita, Angger Prima Widiasih

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana strategi guru dalam implementasi pembelajaran di kelas inklusif khususnya dalam ruang lingkup TK di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan sifat kejadian yang berlangsung selama pengambilan data dalam bentuk sebuah narasi ilmiah. Sumber data diambil secara langsung dengan melakukan observasi dan wawancara serta pengambilan dokumentasi di TK Islam Kinasih di Kota Tangerang. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, dan siswa regular dan siswa berkebutuhan khusus yang bersekolah di TK Islam Kinasih  di Kota Tangerang. Hasil yang diperoleh bahwa dalam pelaksanaan strategi pengelolaan kelas inklusif di TK Islam Kinasih sudah dilaksanakan dengan sangat baik. Guru telah melaksanakan tiga fase komponen baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan kelas inklusif baik kepada siswa regular maupun siswa ABK. Kerja sama yang baik antara stake holder, pihak sekolah, instansi Pendidikan, orang tua/wali murid sangat diharapkan untuk memaksimalkan potensi dan perkembangan anak dalam menciptakan situasi belajar yang kondusif.

Abstract:  The aim of this research is to analyze the teachers' strategies in implementing teaching and learning process in inclusive classes, especially within the scope of kindergarten level in Tangerang City. This research used a descriptive qualitative approach which describes the nature of events that occurred during data collection in the form of a scientific narrative. The data of this research were taken directly by conducting observations and interviews as well as taking documentation to Kinasih Islamic kindergarten in Tangerang City. The subjects of this research were school principals, teachers, and regular students and students with special needs who attended Kinasih Islamic kindergarten in Tangerang City. The results showed that the implementation of inclusive classroom management strategies at the Kinasih Islamic Kindergarten has been implemented very well. Teachers have implemented three phases in planning, implementing and evaluating inclusive classroom management for both regular and special needs students. Good cooperation between stakeholders, schools, educational institutions, parents/guardians of students is highly expected to maximize children's potential and development in creating a conducive learning situation.

Keywords


Strategi guru; Pengelolaan kelas; Siswa ABK, Pendidikan inklusif

Full Text:

PDF

References


Adiarti, W. (2014). Implementasi Pendidikan Inklusi Melalui Strategi Pengelolaan Kelas yang Inklusi Pada Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Ngalian Semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 12(1), 71–78. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/rekayasa/article/view/5589

Agustin, I. (2017). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang. Education and Human Development Journal, 1(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v1i1.290

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529

Aryanti, M. P., Isnaini, I. D., Julianingsih, D., Dharmayanti, A., & Irsalina, N. (2023). Sosialisasi Tipe-Tipe Anak Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Inklusi di Kelurahan Pakal Surabaya. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.251

Aziez, E.-I. ; C. (2021). Mengeksplorasi Strategi Manajemen Kelas Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Inklusi. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 15(1), 74–83. https://doi.org/10.30595/jkp.v%vi%i.10359

Badan Standar, K. dan A. P. (2022). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Desliana Maulipaksi. (2017, February 1). Sekolah Inklusi dan Pembangunan SLB Dukung Pendidikan Inklusi . Blog Kemdikbud.

Fatimah, S., & Suyanto, T. (2016). Strategi Guru PPKn dalam Pengelolaan Kelas Inklusif di SMA Negeri 1 Gedangan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(4), 1659–1674. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/16835

Herawati, N. I. (2016). Pendidikan Inklusif. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1).

Indonesia, R. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Lazar, F. L. (2020). Pentingnya Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 99–115. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.512

Ma’ruf, M. W., & Syaifin, R. A. (2021). Strategi Pengembangan Profesi Guru dalam Mewujudkan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Al-Musannif, 3(1), 27–44. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v3i1.54

Mokoagow, S. (2021). Peran Guru Pendamping dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Elementary Educational Research, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.30984/jeer.v1i1.39

Ngiu, Z., Djafri, N., & Arwildayanto, A. (2021). Strategi Guru dalam Pembelajaran Holistik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1429–1438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1798

Nurfitriani, R., & Hidayat, M. A. (2020). Strategi Pengelolaan Siswa ABK Jenis Tunagrahita di Kelas Inklusi. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 78–92. http://www.journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/193

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 157 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Pendidikan Khusus, Pub. L. No. 157 Tahun 2014, 1 (2014).

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327

Purnawanto, A. T. (2013). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pegadogy, 16(1), 34–54. https://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152

Puspita Sari, D., Puspitasari, E., & Chairilsyah, D. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Strategu Mengajar Guru di Masa Pandemi Covid 19 di TK Pertiwi Desa Pangkalan Makmur Kabupaten Siak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11403–11412. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4254

Rokhaniawati, Z. (2016). Strategi Guru dalam Proses Pembelajaran Pada Kelas Inklusi di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An , 3(3), 189–193. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/1887

Rudini, Moh., & Saputra, A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022

Sa’diyah, U. N. H., Karmila, M., & Purwadi, P. (2023). Implementasi APE Perigi sebagai Media Stmulasi Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Research, 4(1), 310–316. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.161

Sahrudin, M., Djafri, N., Suking, A., & Sahruddin, M. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusif. Jambura Journal of Educational Management, 4. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjem/index

Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko, J. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Republik Indonesia 1 (2005).

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. JOURNAL OF SCIENTIFIC COMMUNICATION (JSC), 1(1). https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.22877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Asih Rosnaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: