E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SMP
Abstract
Abstrak: Rendahnya kemampuan komunikasi siswa berpengaruh terhadap argumentasi ilmiah, dalam berargumentasi dibutuhkan kemampuan bernalar kritis yang merupakan salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila. Pemanfaatan bahan ajar berperan penting dalam suatu pembelajaran sehingga dapat menstimulasi dan merangsang aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul dalam pembelajaran IPA berbasis Socio-Scientific Issues dengan fokus materi bumi dan tata surya dalam meningkatkan argumentasi ilmiah dan Profil Pelajar Pancasila yang valid dan sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan Plomp. Model Plomp terdiri dari tahapan Preliminary Research, Prototyping Phase, serta Assesment Phase namun penelitian ini dibatasi hanya pada Prototyping Phase. Hasil validitas e-modul pembeljaran IPA berbasis Socio-Scientific Issues oleh tiga validator meliputi beberapa aspek, diantaranya : aspek kegrafikan, bahasa, kepraktisan, materi serta penyajian dengan persentase rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul yang telah dikembangkan memiliki kualifikasi layak digunakan.
Abstract: Low student communication skills influence scientific argumentation, in arguing requires critical skills that are one of the dimensions of Student Profile Pancasila. The use of teaching materials plays an important role in learning so that it can stimulate and stimulate student learning activity. The aim of this research is to produce an e-module in IPA learning based on Socio-Scientific Issues with a focus on earth and solar system matter in improving scientific arguments and valid and relevant Pancasila Student Profiles in accordance with the needs of the field. The method used is research and development by adapting the Plomp development model. The Plomp model consists of the Preliminary Research, Prototyping Phase, as well as Assessment Phase but this research is limited only to the Prototypping Phase. The validity of the e-module of IPA publishing based on Socio-Scientific Issues by three validators covers several aspects, among them: graphics, language, practicality, material and presentation with an average percentage of 93% with a very valid category. It shows that the e-module that has been developed has a qualifying worth using.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Budiwiyono, T. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 21.
Hasanah, F., Putra, P. D. A., & Rusdianto. (2022). Identifikasi Kemampuan Siswa SMP dalam Berargumentasi Melalui Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(1), 1–9.
Hendarto, P., Maridi, & Adi Prayitno, B. (2018). Keefektifan Modul Berbasis Guided Inquiry dilengkapi Komik terhadap Kemampuan Berargumentasi ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1644–1655.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Kalogiannakis, M., Papadakis, S., & Zourmpakis, A. I. (2021). Gamification in science education. A systematic review of the literature. Education Sciences, 11(1), 1–36.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175.
Lestari, A., Ramdani, A., & Bachtiar, I. (2023). Validitas Modul Elektronik Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Pemahaman Konsep IPA. Journal of Classroom Action Research, 5(1).
Mahmudah, L. (2017). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Ipa Di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).
Noer, H. A., Setiono, S., & Pauzi, R. Y. (2020). Profil Kemampuan Argumentasi Siswa SMP Pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 138–144.
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research.
Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 258. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524
Putri, A. W., & Paidi. (2022). Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis ADI Topik Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa. Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), 22–34.
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.
Riswakhyuningsih, T. (2022). Pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1), 20–30.
Roviati, E., & Widodo, A. (2019). Kontribusi Argumentasi Ilmiah dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 56–66. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.454
Septiara, D. P., & Saino, S. (2022). Pengembangan e-modul berbasis web pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI BDP I di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 10689–10699.
Songsil, W., Pongsophon, P., Boonsoong, B., & Clarke, A. (2019). Developing scientific argumentation strategies using revised argument-driven inquiry (rADI) in science classrooms in Thailand. Asia-Pacific Science Education, 5(1), 1–22.
Suartha, I. N., Setiawn, I. G. A. N., & Sudiatmika, A. A. R. (2020). Pola Argumen Toulmin Pada Proses Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April), 1–11.
Sutiyono, S. (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1–10.
Syahputri, I., & Dafit, F. (2021). Pengembangan E-Modul Membaca Siswa Kelas 3 SDN 029 Pekanbaru. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 671–686. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1081
Vidianti, A., & Qonita, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Module Dengan Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Betrik, 13 No.1(01), 41–49.
Wahyudi, A. A., & Miftahusyai’an, M. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di MTsN 1 Kota Malang. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 34–46.
Wahyuni, S., Ridlo, Z. R., & Rina, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 99–110.
Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.22950
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 ainun ilmi wahidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: