ANALISIS NILAI PEDAGOGIK DALAM TANBIH TAREKAT QODIRIYAH NAQSYABANDIYAH PONDOK PESANTREN SURYALAYA

Nana Suryana, Babang Robandi, Wahyu Sopandi, Dasim Budimansyah, Yadi Ruyadi

Abstract


Abstrak: Tanbih Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah (TQN) Pondok Pesantren Suryalaya bukan hanya wasiat guru untuk muridnya, tetapi juga menjadi pedoman dalam berperilaku beragama, berbangsa, bernegara, dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai pedagogik dalam Tanbih TQN Pondok Pesantren Suryalaya. Metode yang digunakan adalah studi literatur yakni kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi yakni mencari atau menggali data dari literatur terkait apa yang dimaksudkan dalam rumusan masalah, selanjutnya data di analisis secara deskriptif kualitatif. Data primer yang digunakan adalah naskah Tanbih, sedangkan, data skunder berupa buku dan jurnal yang sesuai dengan kajian. Hasil  penelitian menunjukan bahwa Tanbih TQN Pondok Pesantren Suryalaya mengandung empat belas nilai pedagogik yaitu rukun, hati-hati, taat, istiqomah, introsfeksi, sopan santun, kolaborasi atau gotong royong, saling menghargai, keteladanan, simpati dan empati, toleransi, waspada, tujuan hidup, dan sungguh-sungguh. Nilai pedagogik tersebut harus menjadi pedoman bagi pendidik dan dapat diimplementasikan dalam proses pendidikan di lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya.

 

Abstrac: Tanbih TQN Pondok Pesantren Suryalaya is not only a teacher's testament to his students, but also a guideline for religious, national, state and educational behavior. This study aims to describe and analyze the pedagogical values in Tanbih Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah (TQN) Pondok Pesantren Suryalaya. The method used is literature study, namely activities related to methods of collecting library data, reading and taking notes, and managing research materials. The data collection technique used is documentation study, which involves searching for or extracting data from literature related to the research question. The data is then analyzed descriptively and qualitatively. The primary data used is the Tanbih manuscript, while the secondary data consists of books and journals relevant to the study.The results of the study show that Tanbih TQN Pondok Pesantren Suryalaya contains fourteen pedagogical values, namely harmony, caution, obedience, istiqomah, introspection, courtesy, collaboration or mutual cooperation, mutual respect, example, sympathy and empathy, tolerance, alertness, purpose in life, and mean it. These pedagogical values must be a guide for educators and can be implemented in the educational process within the Suryalaya Islamic Boarding School environment.


Keywords


Nilai Pedagogik, Tanbih, Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah, Suryalaya

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

AS, E., & Rustandi, R. (2022). Komunikasi Transendental Ritual Keagamaan Tarekat Qadiriyyah wa Naqsabandiyyah Pesantren Suryalaya Tasikmalaya. Jurnal Komunikasi, 17(1), 47–66. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol17.iss1.art4

Baidhawi, A., & Kholil, M. (2020). Tanbih dalam kehidupan bermasyarakat: Studi di pondok pesantren Al-Kautsar Pademawu Pamekasan). Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 7(1), 1–13. https://www.suryalaya.org

Bassar, A. S., & Hasanah, A. (2020). Riyadhah: The model of the character education based on sufistic counseling. Journal of Advanced Guidance and Counseling, 1(1), 23. https://doi.org/10.21580/jagc.2020.1.1.5763

Basukiyatno, B. (2021). The Effect Dzikr in the Development of Students Spiritual Intelligence in Suryalaya Islmaic Boarding School, Tasikmalaya. https://doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303728

Dani Somantri, M., & Dahwadin, D. (2020). the Message of Religious Moderation in Tanbih Qadiriyah Naqsyabandiyah (Tqn) Pondok Pesantren Suryalaya. Teosofia: Indonesian Journal of Islamic Mysticism, 8(1), 51–68. https://doi.org/10.21580/tos.v8i1.4404

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Harun Nasution. (n.d.). No Title (Harun Nasution (ed.); 1st ed.). IAILM Suryalaya.

Hidayat, A. P. (2016). Tanbih: Harmoni dalam Bingkai Islam dan Kearifan Tradisi. In Prosiding Seminar Nasional Sastra dan Budaya.

Hidayat, A. P. (2022). Peran Syekh Abdullah Mubarok Dalam Penyebaran Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah Di Priangan, 1900-1940an. Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 10(1). https://doi.org/10.24235/tamaddun.v10i1.10493

Hisniati, S. B. (2021). Pengaruh Bimbingan Ajaran Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Terhadap Akhlak Mahasiswa. The Journal of Pelita Nusa. Volume : 1, Nomor: 1.

Kemendikbud. (2017). Modul pelatihan pendidikan karakter bagi guru. 50.

Kodir, M. (2023). No Title (Try Riduwan Santoso (ed.); 1st ed.).

Legislation, C. P. (n.d.). ln compliance with the Canadian Privacy Legislation sorne supporting forms may have been removed.

Mubarok, A., Nur, B., & Mubarok, A. (n.d.). Implementation of aqidah educational values in Tanbih of Sheikh َ

Mulyana, R. (2004). No Title (1st ed.).

Mulyat, S. (2010). No Title (Y. Rendi (ed.); 1st ed.).

Nye, S. (2021). Cover I. Modeselektor’s Happy Birthday!, 65–75. https://doi.org/10.5040/9781501346286.0014

Prasetya, F., Fahrozy, N., & Muhtar, T. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Kajian Pendidikan Pedagogik Guru Sekolah Dasar tentang Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. 4(3), 4839–4846.

Rahman, A. (2018). Urgensi Pedagogik dalam Pembelajaran dan Implikasinya dalam Pendidikan. 3(1).

Rohimat, A. M. (2021). Sufi Modernis: Peran Transformatif Mursyid TQN Suryalaya dalam bidang Pendidikan, Ekonomi dan Lingkungan Hidup. In Esoterik (Vol. 7, Issue 2, p. 155). https://doi.org/10.21043/esoterik.v7i2.12747

Salahudin, A. (2013). No Title (D. S. Riyadi (ed.); 1st ed.). https://www.google.co.id/books/edition/Abah_Anom/I3VxBAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=abah+anom&pg=PA222&printsec=frontcover

Saparudin, H., Salim Mansyur, A., Hambal, A., & Nurul’aen, Y. (2021). Development of Santri Character Values through the Qodiriyah Naqsyabandiyah Order. Journal of Social Science, 2(6), 771–785. https://doi.org/10.46799/jss.v2i6.243

Satori, A., Noorikhsan, F. F., & Sedjati, H. W. (2020). Tanbih Values as Deradicalization Model of Qadiriyah Naqsabandiah Tariqa Pesantren Suryalayain Tasikmalaya. 244–253. https://doi.org/10.5220/0010017502440253

Sayyi, A. (2017). Wasiat Pendidikan Sufistik Dalam Naskah Tanbih Mursyid Tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyah Suryalaya (Telaah Pemikiran Guru Mursyid Tqn Suryalay). Fikrotuna, 5(1). https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2947

Siswadi, S., Taruna, T., & Purnaweni, H. (2011). Kearifan Lokal Dalam Melestarikan Mata Air. Jurnal Ilmu Lingkungan, 9(2), 63.

Suhrowardi. (2015). Pengaruh Pendidikan Keluarga dan Riyadhah Terhadap Pembentukan Karakter Positif (Penelitian terhadap Pengamal Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya ),. 10(2), 249–257.

Suradji, M., Priyantono, E., & Tamaji, S. T. (2023). Penerapan metode dzikrulloh dalam mengembangkan akhlaqul karimah anak didik ponpes tqn suryalaya surabaya. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(2), 393–400.

Syam, S., Maret, U. S., Nugroho, A., Saputro, C., Maret, U. S., & Kato, I. K. (2021). Landasan Pedagogik : Teori dan Kajian (Issue April).

Thohir, A. (2011). No Title (A. Thohir (ed.); 1st ed.).

Try Riduwan Santoso, & Cahrolis, L. (2018). Critical Analisys: Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif Tasawuf. Latifah, 2(2), 15–29. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/latifah/article/view/9

Ulfah Fajarini. (2014). Peran Kearifan Lokal bagi Pendidikan Karakter. Sosiodidaktika, 1(2), 123–130.

Usman, A. (2019). Fenomena Tarekat di Zaman Now: Telaah atas Ajaran dan Amalan TQN Suryalaya. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan, 22(2), 198–216. https://doi.org/10.15408/dakwah.v22i2.12068

Uzlifah, T. (2019). Bimbingan Konseling dalam Menangani Penderita Skizofrenia Melalui Pendekatan Nilai dan Spiritual. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 91. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1169

Widarda, D. (1970). The Relationship Between Religion and the State for the Sovereignty of the NKRI Study of Suryalaya TQN Murshid Thought in the Tanbih Text. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 4(2), 135–146. https://doi.org/10.19109/jssp.v4i2.6773




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.23121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 agusfianuddin Nana Suryana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: