ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA AKAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK

Yuliana FH, Firmansyah Firmansyah, Dian Eka Amrina, Anggi Leisthari, Lidyah Sallimuh Taslimah

Abstract


Abstrak: Ketersediaan buku ajar dalam menunjang proses pembelajaran menjadi hal yang penting dan harus disusun secara sistematis oleh seorang dosen untuk meningkatkan mutu pembelajaraan dan ketercapaian pembelajaran yang telah ditargetkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara mendalam mengenai kebutuhan awal mahasiswa akan pengembangan buku ajar digital berbasis flipbook. Metode penelitian yang digunakan, yakni deskriptif kuantitatif dengan teknik survey. Instrumen berupa keusioner yang digunakan dalam penelitian ini diberikan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya yang mengambil mata kuliah Teori Ekonomi Mikro di tahun 2024 dengan jumlah 68 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 95,6% mahasiswa membutuhkan untuk dilakukannya pengembangan sumber ajar inovatif untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran, salah satunya adalah dengan mengembangkan buku ajar digital berbasis flipbook. Hal ini disebabkan karena masih terdapat kendala dalam mempelajari mata kuliah ini, diantaranya kompleksitas materi perkuliahan yang membutuhkan kemampuan analitis dan keterampilan matematis, keterbatasan waktu pembelajaran, serta keterbatasan sumber ajar yang tersedia. Hasil studi analisis kebutuhan ini akan dipergunakan peneliti sebagai dasar dalam mengembangkan buku ajar digital berbasis flipbook yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa, namun juga tetap menyesuaikan pada kurikulum dan capaian pembelajaran yang dibebankan di mata kuliah tersebut.

 

Abstract: Availability of textbooks supporting the learning process is important and must be arranged systematically by a lecturer to improve the quality of learning and achievement of targeted learning. This research aims to obtain in-depth information regarding students' initial needs for developing digital-based textbooks flipbooks. The research method used is quantitative descriptive with survey techniques. The instrument in the form of a questionnaire used in this research was given to students of the Economic Education Study Program at FKIP Sriwijaya University who were taking the Microeconomic Theory course in 2024 with a total of 68 respondents. The research results indicate that 95.6% of students need to develop innovative teaching resources to support learning, one of which is developing flipbook-based digital textbooks. This is due to challenges in studying this course, including the complexity of lecture materials that require analytical skills and mathematical abilities, limited learning time, and a lack of available teaching resources. The results of this needs analysis study will be used by researchers as a basis for developing a digital-based textbook flipbook that follows the needs and characteristics of students, but also adapts to the curriculum and learning outcomes imposed in the course.


Keywords


Analisis Kebutuhan; Mahasiswa; Buku Ajar; Digital; Flipbook

Full Text:

PDF

References


Achmad Afandi, Chindy Hanggara Rosa Indah, Ratno Susanto, Budijanto, Rizka Hadiwiyanti, & Yuskhil Mushofi. (2023). Penggunaan Buku Ajar Motorik Berbasis Flipbook Pada Mahasiswa. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 140–145. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.310

Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, , I Nyoman. (2020). Perangkat Pembelajaran (RPS dan SAP) IPA Model (OPPEMEI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 309. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25190

Asriyani, A., Mandailina, V., Mahsup, M., & ... (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Aplikasi Delphi Pada Pembelajaran Matriks. Seminar Nasional …, 2, 30–36. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/9983%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/viewFile/9983/pdf

Budi, Rizal, M. N., & Ramadhani, R. P. (2023). Implementasi Pembelajaran Case Based Learning (CBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. Islamiche Bildung: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 39–52.

Devirita, F., Neviyarni, N., & Daharnis, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 469–478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680

Djarwo, C. F., & Handasah, R. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Flipbook Berbasis Problem Solving pada Materi Struktur Atom di Tingkat Sekolah Menengah Atas. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), 42–47. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i1.2970

Fadila, A. N., Wahyuni, S., & Budirso, A. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 325–333.

Farikah, Mulyani, M., Astuty, & Cahyaningrum, A. (2022). Learning case and Project-Based Model Methods: Challenges and Opportunities. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 492–500.

FH, Y., Fatimah, S., & Barlian, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36–46. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13875

Iskandar, B. A., Zulparis, & Mubarok. (2021). Pembelajaran Matematika Secara Daring Bagi Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 (Studi Fenomenologi). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 81–87. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1076

Kusumaningrum, D., & Masruro, A. (2022). Development of Learning Media Flipbook Digital Comic Based on Local Wisdom to Increase Learning Interest. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 117–122. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline814

Mahsup, Fitriani, E., & Ibrahim. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Penemuan untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Mahasiswa. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 515–520.

Muslihudin, & Andini, W. (2020). Pengelolaan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Mahasiswa. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan, 30(1), 59–69. https://doi.org/10.24235/ath.v

Nomate, M. U., Setiawaty, T., & Tamelan, P. G. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar mahasiswa pendidikan teknik bangunan di masa pandemi covid-19. Jurnal Batakarang, 5(1), 77–83.

Nurhasanah, A. M., Hermawan, Y., & Aisyah, I. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar , Aktivitas Belajar , dan Teman Sebaya terhadap Kemampuan Matematis Mahasiswa dalam Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro. Global Education Journal, 1(3), 207–217.

Oktariani, M. (2023). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Module Pembelajaran Koperasi. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan (JURRIPEN), 2(1), 196–202.

Oktavia, F. T. A., Maharani, D., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di SMKN 2 Pacitan Problems With Implementing The Independent Learning Curriculum In Mathematics Learning At SMK Negeri 2 Pacitan. EDUMATIC, 4(2), 14–23.

Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. BASICEDU, 7(1), 603–611.

Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. BASICEDU, 6(4), 7265–7274.

Rejeki, F., & Zebua, S. (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28.

Roemintoyo, & Budiarto, M. K. (2021). Flipbook as Innovation of Digital Learning Media : Preparing Education for Facing and Facilitating 21st Century Learning. Journal of Education Technology, 5(1), 8–13.

Sahertian, P., Huda, C., Leondro, H., Kusumawati, E. D., Kurniawati, M., Hakim*, A. R., Triwahyuningtyas, D., & Susanti, R. H. (2022). Evaluasi Dampak Implementasi MBKM Terhadap Proses Belajar Mengajar di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 86–94.

Siahaan, T. M., Sianipar, H. F., Simamora, R., Sijabat, A., & Sinaga, C. V. R. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2496–2503. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1213

Sobri, M., Muid, A., & Daud, S. M. (2021). Penggunaan model Pembelajaran case method dalam mengatasi demotivasi belajar during mata kuliah muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi. AD-DHUHA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 2(2), 1–11.

Sriyanti, I., Almafie, M. R., Marlina, L., & Jauhari, J. (2020). The effect of Using Flipbook-Based E-modules on Student Learning Outcomes. Kasuari: Physics Education Journal, 3(2), 69–75.

Supriatnaningsih, R. (2021). Implementasi Project based Learning di Era Digital dalam perkuliahan Kaiwa Chujokyu Kohan. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Jepang III | MINASAN III, September.

Syamsuddin, A., Tahir, R., Munir, A., Ali, M. Y., & Mado, I. (2022). Deskripsi Pembekalan Program Pembelajaran Kolaboratif Partisipatif pada Kegiatan Implementasi Kurikulum Kerjasama MBKM. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 16–24.

Widianto, E., Anisnai, A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., & Cahyani, S. A. I. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. JETE: Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224.

Yusuf, N., Setyawan, H., Immawati, S., Santoso, G., & Usman, M. (2022). Pengembangan Media Flipbook Berbasis Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. BASICEDU, 6(5), 8314–8330.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i4.24358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yuliana FH, Firmansyah Firmansyah, Dian Eka Amrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: