INTERAKSI STRATEGI BLENDED LEARNING BERBANTUAN TELEGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Kadek Suryati, I Made Dwi Jendra Sulastra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya interaksi strategi blended learning berbantuan telegram terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain factorial 2x3. Populasi yang diambil adalah mahasiswa semester dua jurusan teknik informatika di Kampus STMIK STIKOM Indonesia. Prosedur pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling yang diawali dengan melaksanakan uji kesetaran terhadap 4 kelas yang diambil dengan menggunakan uji anava satu jalur. Setelah itu dipilih secara random, dua kelas sebagai kelas eksperimen dan dua kelas sebagai kelas kontrol. Untuk mendapatkan instrument yang memiliki keabsahan sebelum digunakan angket dan tes terlebih dahulu di uji cobakan dan di validator oleh pakar yang ahli di bidangnya. Uji normalitas dan uji homogenitas di perlukan sebagai uji prasyarat sebelum menganalisis data. Adapun metode yang di gunakan untuk menganalisis data adalah anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa (F hitung = 3,296 dengan nilai signifikan 0,041).

Keywords


Interaction; Blended Learning; Telegram; Learning Style; Learning outcomes.

Full Text:

Download [PDF]

References


Afifah, D. S. N. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37

Aghajani, M., & Adloo, M. (2018). The effect of online cooperative learning on students’ writing skills and attitudes through telegram application. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11330a

Aljaberi, N. M. (2015). University Students’ Learning Styles and Their Ability to Solve Mathematical Problems. International Journal of Business and Social Science.

Apipah, S., Kartono, & Isnarto. (2018). An analysis of mathematical connection ability based on student learning style on visualization auditory kinesthetic (VAK) learning model with self-assessment. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012138

Ceylan, V. K., & Elitok Kesici, A. (2017). Effect of blended learning to academic achievement. Journal of Human Sciences. https://doi.org/10.14687/jhs.v14i1.4141

Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning , Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4 . 0 Bagi Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Ekayanti, N. L. P., Darsana, I. W., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Audio-Visualterhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Media Komunikasi FPIPS. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i2.22241

Fazal, M., & Bryant, M. (2019). Blended Learning in Middle School Math: The Question of Effectiveness. In Journal of Online Learning Research.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Heo, H. J., & Chun, B. A. (2016). A study on the effects of mobile-based LMS on flipped learning: Focused on the affective pathway in pre-service teacher education. International Journal of Software Engineering and Its Applications. https://doi.org/10.14257/ijseia.2016.10.12.39

Keliat, N. R. (2016). The Profile Of Students’ Learning Styles And Their Effects On Grade Point Average (GPA) Achievement. EDUTECH. https://doi.org/10.17509/edutech.v15i2.4069

Kurnia, N., Basir, F., & Ikram, M. (2018). Pola Interaksi Dalam Belajar Matematika Berdasarkan Kemampuan Awal Melalui Pembelajaran Kooperatif. Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 65–74.

Putri, N. W. S., & Suryati, N. K. (2020). Analysis of The Style of Learning Based on Visual, Auditorial, Kinesthetic on Students of Computer System. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application). https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2056

Riasari, D. (2018). Peranan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Statistik Pada SMAN 1 Tapung. In Jurnal Pendidikan Tambusai.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718

Winarto, A., & Hardyanto, W. (2019). Telegram Development in Dokeos-Based E-Learning As a Learning Media to Improve Students’ Motivation in Learning Physics. Telegram Development in Dokeos-Based E-Learning As a Learning Media to Improve Students’ Motivation in Learning Physics, 3(37), 78–85. https://doi.org/10.15294/physcomm.v0i0.20628




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: