INTEGRASI ISLAM DAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR SEBAGAI PONDASI REVOLUSI INDUSTRTI 4.0

Vanda Rezania, Muhlasin Amrullah, Nurfi Laili, Nikmatul Alfiyah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengupas lebih jauh terkait konsep pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan konsep saintifik sebagai penyeimbang era revolusi industri 4.0. Revolusi Industri 4.0 merupakah perubahan besar dalam ekosistem dunia dan tata cara kehidupan manusia. Revolusi industry 4.0 bahkan diyakini data meningkatkan perekonomian daj lualitas kehidupan secara signifikan, begitu juga dalam bidang Pendidikan di Indonesia. Pembelajaran yang terdampak dapat ditandai dengan adanya penggunaan aplikasi-aplikasi pembelajaran via gadget ataupun dengan tatap muka. Pergeseran cara belajar ini dimulai dari jenjang PAUD hingga mahasiswa meski masih banyak sekolah yang belum menerapkan, sebagai contoh di daerah terpencil yang memang belum mendapatkan fasilitas. Kemudahan dalam mendapatkan materi pelajaran atau dalam mencari informasi, tentu saja harus didampingi dengan nilai-nilai agama dalam KBM dan konsep saintifik, sebagai pengontrol akses informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur review yang menguraikan tentang teori, temuan, dan bahan penelitian lainnya yang diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian untuk menyusun kerangka pemikiran terkait integrasi Islam dan Saintifik. Hasil penelitian yang didapat adalah perlunya penanaman nilai-nilai Islam sebagai prinsip hidup siswa sekolah dasar dalam kegiatan belajar mengajar dan pembiasaan pembelajaran berbasis penemuan dan eksperimen sehingga siswa sekolah dasar mampu menemukan konsep pembelajaran sendiri sebagai pondasi revolusi industri 4.0 yang tentu saja memudahkan bahkan memanjakan penggunanya.

 Abstract: The purpose of this study is to explore further the concept of learning by integrating Islamic values and scientific concepts as a counterweight to the era of the industrial revolution 4.0. Industrial Revolution 4.0 is a big change in the world ecosystem and the way of human life. The 4.0 industrial revolution is even believed to have significantly improved the economy of the quality of life, as well as in Indonesia's education. Affected learning can be characterized by the use of learning applications via gadgets or face to face. This shift in learning starts from the PAUD level to students even though there are still many schools that have not applied it, for example in remote areas that do not yet have facilities. The ease in getting subject matter or in finding information, of course, must be accompanied by religious values in the KBM and scientific concepts, as controllers of access to information. This study uses a literature review research method that describes theories, findings, and other research materials obtained from reference materials to serve as a basis for research activities to develop a framework for the integration of Islam and the Scientific. The results obtained are the need to inculcate Islamic values as the principle of life of elementary school students in teaching and learning and habituation of learning based on discovery and experimentation so that elementary school students are able to find their own learning concepts as a counterweight to the 4.0 industrial revolution which of course makes it easier even to indulge its users.

Keywords


Islamic; Scientific; Elementary school studies; Industrial Revolution 4.0.

Full Text:

Download [PDF]

References


Andriani, D., Herlina, K., & Wicaksono, A. B. (2020). Efektivitas Penerapan Suplemen Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 12–19. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1795

Anisyah, Y., & Siswanto. (2018). Revitalisasi Nilai - Nilai Qur ’ ani Dalam Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0. Islamuna Jurnal Studi Islam.

Dewi, A. E. A., & Mukminan, M. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Ips Di Middle Grade Sd Tumbuh 3 Kota Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 20. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7691

Doaj. (n.d.). https://doaj.org/

Fikri, L. K., Wibisana, W., & Rahmat, M. (2015). Perkembangan Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar Tahun 1945-1966. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 2(2), 172. https://doi.org/10.17509/t.v2i2.3454

Hasanah, N., & Zuhaida, A. (2018). Desain Madrasah Sains Integratif: Integrasi Sains Dan Agama Dalam Perangkat Dan Pelaksanaan Pembelajaran. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 155. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3517

Miftah, M. (2017). Model Integrasi Sains dan Agama dalam Pendidikan Nasional. Jurnal Penelitian, 14, 233. https://doi.org/10.28918/jupe.v14i2.1214

Mintasih, D. (2018). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi PBL untuk Menyiapkan Calon Pendidik dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 271–290. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4390

Mukaromah, S. M. (2018). Pengembangan Modul IPA Braille Berbasis Integrasi Islam dan Sains. Inklusi, 5(2), 195. https://doi.org/10.14421/ijds.050203

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. Ta’lim, 1(2), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/ta’lim.v1i2.948

Priyanto, D. (2014). Pemetaan Problematika Integrasi Pendidikan Agama Islam 222 Dengan Sains Dan Teknologi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(2), 222–240. https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.713

Rahman, T., & Junaidi. (2019). Tantangan Pengelolaan Perguruan Tinggi Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(April), 144–154. https://doi.org/https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.134

Ritonga, A. A. (2017). Pendekatan Saintifik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(1), 78–97. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.339

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sulthon, S. (2017). Membangun Kesadaran Berperilaku Siswa Madrasah dengan Penguatan Nilai-nilai Spiritual. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i2.1750

Syam, A. R. (2019). Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 1. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2147

Yarhamna, Y., Khairat, A., Fuaddin, I., & Fismal, F. (2019). Pengujian Praktikalitas Model Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Sekolah Dasar. Ta’dib, 22(1), 13. https://doi.org/10.31958/jt.v22i1.1446




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: