DEVELOPMENT OF ANIMATED VIDEO MEDIA ASSISTED BY CANVA ON THE MATERIAL OF THE APPEARANCE OF THE EARTH'S SURFACE
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan video animasi tentang kenampakan permukaan bumi, (2) menghasilkan video animasi yang valid, dan (3) menghasilkan video animasi praktis. Model pengembangan yang digunakan dengan tahapan ADDIE yang terdiri dari (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah naskah wawancara dan formulir validasi. Di bawah ini adalah hasil pencariannya. (1) Perancangan video animasi dilakukan dalam naskah video. Naskah ini diubah menjadi video animasi selama tahap pengembangan ADDIE. (2) Hasil validitas video animasi berdasarkan penilaian ahli terkait yaitu 89% dengan kualitas sangat baik, ahli media mendapat penilaian 99% dengan kualitas sangat baik, penilaian ahli bahasa mendapat persentase sebesar 90% dengan kualitas -baik. Hasil yang diperoleh pada tes kelompok kecil sebesar 93% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan cara ini, validitas video animasi pendidikan yang dikembangkan dapat dipastikan. (3) Kepraktisan media video animasi terlihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi nyaman dan layak digunakan. Respon siswa menunjukkan respon yang positif, dan persentase yang diperoleh berdasarkan angket respon siswa adalah sebesar 93%.
Abstract: This study aims to (1) develop an animated video about the appearance of the earth's surface, (2) produce a valid animated video, and (3) produce a practical animated video. The development model used with ADDIE stages consisting of (analysis, design, development, implementation, evaluation). Data for this study were collected through interviews and questionnaires. The instruments used for data collection were interview scripts and validation forms. Below are the search results. (1) The designing of animated videos is done in a video script. This script was converted into an animated video during the ADDIE development stage. (2) The results of the validity of the animated video based on the assessment of related experts were 89% with very good quality, the media expert received an assessment of 99% with very good quality, the linguist's assessment received a percentage of 90% with good quality. The results obtained in the small group test amounted to 93% with very good qualifications. In this way, the validity of the educational animation video developed can be ensured. (3) The practicality of the animated video media can be seen from the results of the validation conducted by the validator. The results showed that the animated video media was comfortable and feasible to use. Student responses showed a positive response, and the percentage obtained based on the student response questionnaire was 93.%.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifa, N. S. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Kedalmenan IV. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 165–176. Cartoon-fruit-mangosteen-score-clipart-garcinia-indica-fraction-mathematics_276261_wh860. (n.d.).
Devi, W., Sukiman, S., & Zakia Firdaus, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Memahami Cerita Fantasi Berbasis Power Point Untuk Siswa Smp. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 3(2), 73–78. https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.121
Ernanida, E., & Yusra, R. Al. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101–112. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333
Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521
Fatria, F., & Listari. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra, 2(1), 138–144.
Fida, S., & Setyowati, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Tutorial Pada Mata Pelajaran dasar Kecantikan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Beauty and Beauty Health Education Journal, 8(2), 141–146.
Friantona Nasution, M., & Darwis, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. Edu Global : Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(01), 45–54.
Kaniyah, Y., Purnamasari, I., & Siswanto, J. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(2), 101–108. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i2.302
Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 316. Http://Dx.Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V11i2.8585.
Lestari, D., Rahman, E. S., Makassar, U. N., Elektro, P. T., Makassar, U. N., Elektro, P. T., Makassar, U. N., Ajar, B., & Keras, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Perangkat Keras Development of Teaching Materials on Hardware Courses of Ptik Prodi Department of Electronic Engineering Education Faculty of Engineering State University of Makassar. Jurnal Media Elektrik, 17(3), 28–32.
Niswa, A. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermedia Flash Kelas VIID SMP Negeri 1 Kedamean. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Volume, 1(1), 1–23.
Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Oktaviani, I., Waspada, I., & Budiwati, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran E- Learning Berbasis Edmodo Pada Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 (Ditinjau Dari Persepsi Siswa). Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 8(1), 68-78. Https://Doi.Org/10.36841/Pgsdunars.V8i1.584.
Praptaningrum, A. (2020). Penerapan Bahan Ajar Audio Untuk Anak Tunanetra Tingkat Smp Di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 1-19. Https://Doi.Org/10.33394/Jtp.V5i1.2849
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.
Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1),21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968.
Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.
Samatowa, 2016.Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar , Jakarta Barat: PT Indeks
Sugiyono, S., Aunurahman, A., & Astuti, I. (2022). Multimedia Development of Student Discipline Character Training at Police Schools Pontianak State. Sinkron, 7(1), 204–213. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i1.11272.
Wahyuni, R. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict, Discuss,Explain,Observe, Discuss, Explain (PDEODE). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020, 2, 477–486.
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i4.26261
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 winda oktaria -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: