RANCANGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA TEKS NONFIKSI PADA SISWA KELAS DI FASE C

Aditya Deo Mulyono, Heny Kusuma Widyaningrum, Ceriang Putri Pratiwi

Abstract


Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran melalui Canva yang valid, praktis, dan efektif untuk keterampilan membaca teks nonfiksi. Guru yang kreatif dan inovatif membutuhkan keterampilan untuk membuat dan menerapkan media untuk meningkatkan pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas V SD Negeri 02 Plaosan. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk validasi produk, angket respon siswa untuk melihat kepraktisan media, dan posttest untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil uji validasi ahli media sebesar 78% sehingga dinyatakan valid, hasil uji ahli materi memperoleh rata-rata 86% sehingga dinyatakan sangat valid. Uji kepraktisan yang dilakukan setelah uji coba kepada siswa sebesar 98% yang termasuk dalam kriteria sangat praktis. Tingkat keefektifan yang diperoleh sebesar 95% yang termasuk kriteria sangat efektif dengan 20 siswa yang tuntas dan 1 siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian disimpulkan, media pembelajaran Canva untuk kemampuan membaca teks nonfiksi merupakan media yang valid, praktis, dan efektif.

Abstract:This research aims to produce learning media through Canva that is valid, practical, and effective for nonfiction text reading skills. Creative and innovative teachers need skills to create and apply media to enhance learning for students. This study used Research and Development (R&D) research methodology. The development model uses ADDIE which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research subjects consisted of 20 lV grade students at SD Negeri 02 Plaosan. The instruments used questionnaires for product validation, student response questionnaires to see the practicality of the media, and posttest to see student learning outcomes. The results showed that the average result of the media expert validation test was 78% so it was declared valid, the material expert test results obtained an average of 86% so it was declared very valid. The practicality test conducted after the trial to students was 98% which was included in the very practical criteria. The effectiveness level obtained was 95% which included very effective criteria with 20 students who were complete and 1 student who was not complete. Thus it is concluded, Canva learning media for nonfiction text reading ability is a valid, practical, and effective media.


Keywords


Instructional Media; Canva; Reading Ability; Nonfiction Text

Full Text:

PDF

References


Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Arikunto, S. (2017). Metodologi Penelitian (Research methodology). PT. Rineka Cipta.

Bulkani, Fatchurahman, M., Adella, H., & Andi Setiawan, M. (2022). Development of animation learning media based on local wisdom to improve student learning outcomes in elementary schools. International Journal of Instruction, 15(1), 55–72. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1514a

Ginayah, R., Iswara, P. D., & Karlina, D. A. (2024). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Alikasi Canva untuk Keterampilan Membaca Permulaan. Al Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1770–1784. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4066

Hasan, M. K., Fakih, A. H., Ibna Seraj, P. M., & Kaddas, B. (2022). Examining the predictive role of derivatives of morphological knowledge to reading comprehension. Heliyon, 8(2), e08870. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08870

Juniar, R. T., Setiyadi, R., & Susanti, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Teks Cerita Siswa Kelas IV SD. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.12647

Lu, Q. (2021). A New Project-Based Learning in English Writing. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(5), 214–227. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i05.21271

Maeswaty, M. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Menggunakan Aplikasi Canva Pada Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD 11 JPGSD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 11–18.

Maharani, S. D., & Barus, J. (2024). Rancangan Pengembangan Media Komik Berbasis Budaya Lahat dengan Menggunakan Aplikasi Canva untuk Pembelajaran di Kelas II Sekolah Dasar. 4, 1353–1363.

Müller, C., & Mildenberger, T. (2021). Facilitating flexible learning by replacing classroom time with an online learning environment: A systematic review of blended learning in higher education. Educational Research Review, 34(June), 100394. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100394

Nalurita, L., Siroj, R. A., & Ilma, R. (2013). Bahan Ajar Kesebangunan Dan Simetri Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Macromedia Flash Di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.310.

Ningrum, S. K., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Budaya Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1500–1511. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7432

Ningsih, C. R., Sirait, G. A., & Harahap, S. H. (2024). Analisis Penerapan Literasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata Dan Pembelajaran Konseling, 2(1), 74–80. https://doi.org/10.57235/jamparing.v2i1.1809

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Pujawan, K. A. H. (2012). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran AnimasiBerbasis Inkuiri untuk Siswa Kelas XI Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja (Development of Interactive Multimedia for Inquiry-Based Animation Learning for Class XI Multimedia SMK at TI Bali Global . Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1–16.

Purwati, P. D., Hadiansyah, H., Ula, N. N. N., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Peningkatan Kompetensi Perkiraan Informasi Teks Nonfiksi Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Dasar Berbantuan Media Canva Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(1), 56. https://doi.org/10.30659/jpbi.11.1.56-64

Robbi Fathoni, A., & Indrawati, E. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(7), 1018–1026. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i7.646

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas Vii Smp Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Satriani, Rahman, W. Z., Hikmah, N., & Fahira, A. (2022). Students Reading Comprehension Strategy: Directed Reading Thinking Activity (Drta). Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(3), 423–432.

Songkhro, J., Dequiña, Jr., L. S., Dominguez, R. R., & Phanlapa Khathayut, P. (2022). Effectiveness of Using Animated Videos via Google Sites in Enhancing Socio-culture of Native English-Speaking Countries. Education Quarterly Reviews, 5(2). https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.02.497

Suprihatin, D., & Hariyadi, A. (2021). Peningkatan kemampuan menentukan ide pokok melalui model SAVI berbasis Mind Mapping pada siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio, 7(4), 1384–1393. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1468

Suwannaphisit, S., Anusitviwat, C., Hongnaparak, T., & Bvonpanttarananon, J. (2021). Expectations on online orthopedic course using constructivism theory: A cross-sectional study among medical students. Annals of Medicine and Surgery, 67(April), 102493. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102493

Wirasasmita, R. H., Putra, Y. K., & Informatika, P. (2015). Pengembangan media pembelajaran video tutorial interaktif menggunakan aplikasi camtasia studio dan macromedia flash. 10(2).

Zakiyatunnisa, N. A., Syaripudin, T., & Heryanto, D. (2019). Penerapan metode circ untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 256–264.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i1.27888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Aditya Deo Mulyono, Heny Kusuma Widyaningrum, Ceriang Putri Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: