APPLICATION OF CTL MACI (MOTIVATE, OBSERVE, CONCLUDE, IMPLEMENT) LEARNING MODEL TO IMPROVE LITERACY OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN MATARAM CITY

Siti Lamusiah, Ribut Aryanti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi MACI (Motivasi, Amati, Conclude, Implementasi) terhadap kemampuan literasi siswa di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, melibatkan uji coba terbatas melalui desain one group pretest-posttest dan pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan di dua sekolah dasar di Kota Mataram, yaitu SDN 26 Kota Mataram dan SDN 1 Cakranegara, dengan fokus pada peningkatan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Data dianalisis menggunakan paired sample t-test, dan reliabilitas instrumen diukur menggunakan Cronbach's Alpha. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada seluruh keterampilan literasi siswa setelah penerapan model CTL MACI. Peningkatan skor posttest lebih tinggi dibandingkan pretest di kedua sekolah, dengan korelasi yang kuat antara pretest dan posttest untuk semua keterampilan (ranging from 0.530 to 0.997). Reliabilitas instrumen pengukuran juga menunjukkan nilai yang sangat baik (Cronbach’s Alpha > 0.90). Meskipun keterampilan menyimak di SDN 1 Cakranegara menunjukkan korelasi yang lebih rendah (0,530), penelitian ini menyimpulkan bahwa model CTL MACI efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa, dan instrumen pengukuran yang digunakan dapat dipercaya. Temuan ini mendukung penggunaan model CTL MACI sebagai pendekatan yang kontekstual dan berbasis siswa untuk meningkatkan keterampilan literasi di sekolah dasar.

Abstract:  This study aims to evaluate the effect of implementing Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model with MACI strategy (Motivation, Observe, Conclude, Implement) on students' literacy skills in elementary school. The method used was research and development (R&D) with a descriptive quantitative approach, involving a limited trial through a one group pretest-posttest design and a pretest-posttest control group design. The research was conducted in two elementary schools in Mataram City, namely SDN 26 Mataram City and SD Aisyiyah 2 Mataram, with a focus on improving listening, speaking, reading, and writing skills. Data were analyzed using paired sample t-test, and instrument reliability was measured using Cronbach's Alpha. The results showed a significant increase in all students' literacy skills after the application of the CTL MACI model. At SD Aisyiyah, the average ability of language skills (listening, speaking, writing and reading) average score between 65-73 is moderate, because it has not used the CTL MACI learning syntax. Meanwhile, SD 26 Mataram has a high ability of the 4 language skills with an average score of 84-85, because it has implemented the CTL MACI learning syntax.  Although the skills at SD Aisyiyah 2 showed a lower correlation, the study concluded that the CTL MACI model was effective in improving students' literacy skills, and the measurement instruments used were reliable. The findings support the use of the CTL MACI model as a contextualized and student-driven approach to improving literacy skills in primary schools.

Keywords


Model CTL MACI; Literasi siswa; SD di Kota Mataram

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Education and Development, 7(2), 103–112. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/883/395

Amalia, A., & Wilujeng, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. E-Journal Pendidikan IPA, 7(3), 156–164.

Amalia, F. R. (2024). Implementasi Integrasi Materi Pembelajaran Biologi dengan Nilai-Nilai Religius Islam di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Se- Kota Bukittinggi Program Studi Pendidikan Biologi , Universitas Negeri Padang, 8, 10849–10861.

Anwar, C. (2021). Kajian Literatur: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Materi Pendidikan Agama Islam. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(1), 13–30. https://doi.org/10.21462/educasia.v6i1.59

Ariawan, V. A. N., Utami, N. T., & Rahman, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3529

Azwar. S. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

H.A. Gani, R., Supratmi, N., Wijaya, H., & Irfan, M. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa VII SMP NWDI Pancor Kopong. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 4(1), 51–61. https://doi.org/10.58218/alinea.v4i1.838

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Hidayat, T., & Syahidin, S. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berfikir Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 115–136. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-01

Ike Kurniawati, Yusnia, & Novianti Mandasari. (2023). Penerapan Model Ctl Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Geometri Dan Pengukuran Dalam Meningkatkan Literasi Matematika Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 60–67. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.60-67

Irpan, Sutisnawati, A., & Hamdani Maula, L. (2024). Penerapan materi ajar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman budaya pada siswa sekolah dasar negeri Cikarang kelas III. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 257–263. https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22546

Iskandar, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Dengan Strategi Modelling. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 91–104. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i1.383

Karim, A. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 144–152. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1578

Kumaravadivelu. (2003). Beyond Methods: Macrostrategies for Language Teaching. Yale: Yale University Press.

Laksana, D. N. L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa SD Kelas Rendah. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 012. https://doi.org/10.17977/um038v7i12024p012

Mariamah, M., Putrayasa, I. B. P. B., & Sudiana, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2797

Rahayu, T., T. (2023). Optimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbantuan Media Gambar pada Tema 1 Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi, 12(2), 83–94. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi

Rahman, A. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 32. https://doi.org/10.23969/literasi.v7i1.276

Rahmawati, D., Hariyadi, & Luriawati, D. (2017). Membaca Intensif Menemukan Gagasan Utama Dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Melalui Teknik Kepala Bernomor Terstruktur Pada SIswaVII C SMP Negeri 1 Bonang Demak. Jurnal Lingua, 13(1), 89–99. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua

Riska, N. V., & Rahmawati, F. P. (2022). Desain Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Metode Concept Sentence dengan Media Foto Berseri dalam Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5827–5838. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3129

Senjawijaya, M., Okta Susilawati, W., & Saputra, R. (2022). The Influence of Contextual Teaching and Learning (Ctl) Model on Math Problem Solving Skills in Fractional Material Stories in Elementary School Students: Literature Study. Journal of Vocational Education and Information Technology (JVEIT), 3(2), 55–64. https://doi.org/10.56667/jveit.v3i2.95

Simbolon, A. P., Hasibuan, M., Manik, V. L. B., Simanullang, S. C., Siregar, R., Silaban, F., … Rachman, F. (2024). Peran Guru PPKn dalam Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Aktif dan Inovatif di SMP N 35 Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 62–68.

Siregar, E. Y., Holila, A., & Nasution, D. P. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Education and Development, 8(4), 370–377.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Agromedia Pustaka.

Tarigan, K. S., & Perkasa, R. D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran CTL Dan Media Berbasis AI Terhadap Kemampuan Literasi Mahasiswa Tadris IPS UINSU Dalam Penelitian Kuantitatif, 7, 81–87.

Wicaksana, P. T. S., Anam, F., & Suharti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri 13 Surabaya. JMER: Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 17–22.

Yuliatin, Y., Suprijono, A., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan Buku Ajar Pendamping Berbasis Budaya Lokal Tradisi Manganan untuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Basicedu, 6(5), 8897–8908. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3970




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i2.27904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Lamusiah, Ribut Aryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: