DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA FOR VECTOR MATERIAL BASED ON ANIMATION VIDEOS

Ni Wayan Suardiati Putri, I Wayan Gede Wardika, Agung Pasek Surya Kencana, Ida Bagus Gd Widi Adnyana

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis animasi pokok bahasan vektor untuk siswa di Kelas X  SMA. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada pokok bahasan vektor. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, angket respon guru dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriftif kuantitatif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis animasi yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini mengambil subyek di kelas X SMA. Hasil penelitian ini mengenai validasi media diperoleh diperoleh bahwa media pembelajaran interaktif berbasis animasi pokok bahasan vektor telah memenuhi kriteria valid. Ditinjau dari respons guru menunjukkan 76% dan respon siswa adalah 76,31%. Hal ini menunjukkan media dapat dilaksanakan dengan praktis oleh guru dan siswa.

Abstract: This study aims to produce and determine the feasibility of interactive learning media based on vector animation for students in Class X SMA. The type of research carried out is development research, because in this study an animation-based interactive learning media was developed on the subject of vectors. The research instruments used were media validation sheets, teacher response questionnaires and student response questionnaires. The data analysis used was descriptive quantitative. The product produced in this study is an animation-based interactive learning media that meets valid and practical criteria. This study took the subjects in class X SMA. The results of this study regarding media validation obtained that interactive learning media based on vector subject animation has met the valid criteria. Judging from the teacher's response shows 76% and student response is 76.31%. This shows that the media can be practically implemented by teachers and students.


Keywords


Learning Media; Interactive; Animation; Vector.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


ArianatasariI, A., & Hakim, L. (2018). Penerapan Desain Model Plomp Pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1), 36–40.

As’ari, H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 19. https://doi.org/10.31941/delta.v7i1.920

Desnanjaya, I. G. M. N., Iswara, I. B. A. I., Ekayana, A. A. G., Santika, P. P., & Hartawan, I. N. B. (2020). Automatic high speed photography based microcontroller. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012096

Hardyanto, R. H., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Dan Implementasi E-Learning Menggunakan Moodle Dan Vicon Untuk Pelajaran Pemrograman Web Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 43. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.6675

Hartawan, I. N. B., & Satwika, I. K. S. (2016). Rancang Bangun Laboratorium Virtual Berbasis Cloud Computing Di Stmik Stikom Indonesia. S@Cies, Vol. 7, pp. 54–60. https://doi.org/10.31598/sacies.v7i1.117

Hartawan, I. N. B., & Sudiarsa, I. W. (2019). Analisis Kinerja Internet Of Things Berbasis Firebase Real-Time Database. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 2(1), 6–17. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v2i1.371

Juniantari, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Treffinger Bagi Siswa Sma. Journal of Education Technology, 1, 71–76.

Khairunnisa. Asrizal. Desnita. Yenni Darvina. (2020). Pembuatan Lks Ipa Berorientasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Materi Zat Adiktif Dan Psikotropika, Bunyi, Cahaya Dan Alat Optik Di Kelas Viii Smp/Mts. Pillar of Physics, 13(1), 33–40.

Kreano, J. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2345

Mendikbud. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2o2o Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Co Ro Naviru S D/Sease (COVID- 1 9). , (2020).

Putri, N. W. S., & Suryati, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Program Linier Berbasis Geogebra di STMIK STIKOM INDONESIA. Jurnal Matematika, 9(2), 111. https://doi.org/10.24843/jmat.2019.v09.i02.p117

Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(2), 178. https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5032

Santi, I. K. L., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pokok Geometri Ruang SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 35. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9673

SC, P., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–812. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.286

Sistem, M., & Elektro, M. T. (2014). Implementasi Teleconference pada Moodle dengan Apache Openmeetings. Majalah Ilmiah Teknik Elektro, 13(1), 3–7. https://doi.org/10.24843/10.24843/MITE

Study on Google Firebase for Website Development (The real time database). (2018). S@Cies, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.1109/ICT-ISPC.2016.7519246

Sulasno, Rif’at, S. R. (2010). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Solving Dalam Materi Ajar Balok Di Smp. 1–14.

Wayan, N., Putri, S., & Ardana, I. M. (2014). Prestasi Dan Aktivitas Belajar Geometri Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i1.3336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ni Wayan Suardiati Putri, I Wayan Gede Wardika, Agung Pasek Surya Kencana, Ida Bagus Gd Widi Adnyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: