MATH LEARNING MEDIA APPLICATION USING MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL

Raden Wirawan, Andi Nurul Faizah, Andi Suharbi

Abstract


Abstrak: Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi telah memberikan dampak kemajuan terhadap dunia pendidikan, salah satu contoh dengan memanfaatkan teknologi komputer sebagai alat bantu pembelajaran yaitu berupa aplikasi pembelajaran berbasis macromedia. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang aplikasi pembelajaran matematika berbasis macromedia flash profesional 8 dan mengimplementasikan media pembelajaran matematika pada Kelas X SMK Negeri 5 Bulukumba. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
pengembangan multimedia dengan visual modeling menggunakan macromedia flash profesional 8 . Adapun populasi sebanyak 30 orang dan sampelnya sebanyak 16 orang dengan instrumen penelitian berupa observasi lapangan, wawancara, angket dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya media pembelajaran matematika ini mampu meningkatkan minat belajar  Siswa lebih mudah memahami pelajaran sehingga mempermudah proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat dari persentasi hasil belajar dari sebelum dan sesudah pengaplikasian media pembelajaran dilakukan, yaitu sebelum diaplikasikan persentasenya adalah yang memilih Tidak Setuju (TS) sebanyak 43,75% dan yang memilih Cukup Setuju (CS) sebanyak 56,25% sedangkan sesudah diaplikasikan, persentasenya adalah yang memiliki Cukup Setuju (CS) yaitu sebanyak 31,25% dan yang memilih Setuju (S) sebanyak 68,75%.

Abstract:  The use of technology information and communication has an impact on the advancement of the world of education, one of which is the use of computer technology as a learning aid, namely macromedia-based learning applications. The purpose of this study was to design a professional mathematics learning application based on macromedia flash 8 and to implement mathematics learning media in class X students of SMK Negeri 5 Bulukumba. The research method used is a method multimedia development with visual modeling using professional macromedia flash 8. Population of 30 people and a sample of 16 people with research instruments in the form of field observations, interviews, questionnaires and literature study. The data analysis used is quantitative analysis. The results of this study indicate that the existence of this mathematics learning media is able to increase students' interest in learning more easily in understanding the lesson so that it can expedite the learning process. This can be seen from the percentage of learning outcomes before and after the application of learning media was carried out, namely before the application the percentage was 43.75% who chose Disagree (TS) and 56.25% who chose Enough Agree (CS) when applied. The percentage who chose Agree Enough (CS) was 31.25% and those who chose Agree (S) were 68.75%.

Keywords


Design; Mathematics Learning Media; Macromedia Flash Professional 8.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adzan, N. K., Pamungkas, B., Juwita, D., & Riyanda, R. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tari Bedana berbasis Android. Jurnal IKRA, 5(1), 93–102. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/952

Aprizal, & Mirfan. (2019). Pelatihan Multimedia Sebagai Media Pembelajaran di MIS Karama kab. Bulukumba. SNPMas 2019, 175–183.

Handayani, R., Yulina, & Nugroho, P. B. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teori Bilangan Berbantu Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Silogisme, 5(2), 95–101. http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme

Hendryadi, D. (2019). Media Pembelajaran Robotika Berbasis Simulasi. TECNOSCIENZA, 3(2), 227–246.

Iryani, J. (2017). Peranan Metode Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 10 Makassar Juniarti. Jurnal Pendidikan Fisika, 5, 39. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/339/313

Ismail, A. (2018). Perancangan Aplikasi Multimedia Dongeng Nusantara Berbasis Android. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(1), 65–72. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.244.65-72

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Reffiane, F., & Bayutama, L. (2019). Interavtive Media Develompment Based Macromedia Flash 8 on Themeliving Matter of Primary Class IV. International Journal of Active Learning, 4(1), 45–58. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal

Suardi, M. (2019). Implikasi Pelajaran Pendidikan Islam terhadap Afeksi Peserta Didik. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 128–131.

Tayibu, N. Q., & Faizah, N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117–128. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa%0AI.

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944

Wirawan, R. (2020). Aplikasi Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Linear Congruent Method Berbasis. In M. S. Hardi Hamzah, S.Pd. (Ed.), Prosiding Seminar Nasional FDI Sulsel (Issue 1, pp. 1–6). FDI DPD Sulawesi Barat. http://sulsel.fdi.or.id/semnas

Wirawan, R., Awal Nur, M., & Syahraeni, R. (2020). Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.28

Zulfa, L. N., & Haryanto. (2021). Pengaruh Media Macromedia Flash Terhadap Literasi Sains dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 52–64. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18266




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i1.3931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Raden Wirawan, Andi Nurul Faizah, Andi Suharbi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: